Membangun Optimasi SEO Lokal

Membangun Optimasi SEO Lokal

Pada masa kini, kita bisa menemukan banyak sekali informasi dari internet. Pada umumnya hal ini bisa kita lakukan dengan cara memasukkan sejumlah kata tertentu pada mesin pencarian Google. Lalu, hasil dari pencarian pun akan keluar dengan banyak opsi.

Jika kita bergerak di bidang bisnis tertentu, maka hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membantu. Kita bisa mengoptimalkan penggunaan SEO, sehingga Google yang menjadi perantara penampil informasi pun akan memberi kemudahan kita mendapat pengunjung.

Kenali Dulu Apa Itu SEO Lokal

Seperti yang sudah kita tahu bersama, pada mesin pencarian Google akan ada sejumlah kata yang bisa dimasukkan ke sana untuk mencari informasi tertentu. Hal ini pun bisa kita optimalkan dengan penggunaan SEO. SEO lokal sendiri merupakan upaya untuk memaksimalkan bisnis pada mesin pencari yang dikhususkan untuk pencarian lokal.

Di sini, yang dimaksud dengan pencarian lokal merupakan pencarian yang memakai kata kunci dalam wilayah geografis. Misalnya saja seperti “hotel di Malang”. Dengan demikian, hal ini pun merujuk pada objek yang kita cari diikuti dengan lokasinya. Dengan demikian, hasil pencarian yang tampak pun akan tampak sesuai dengan apa yang kita cari.

Jika Kita merasa penasaran dengan apakah bisnis yang dimiliki diri sendiri memerlukan SEO lokal, maka jawabannya adalah ya. Hal ini terutama jika sasaran pasar kita sebagian besar berada atau berasal dari daerah sekitar dan nantinya akan langsung datang ke lokasi Anda. Dengan demikian, kita pun akan lebih mudah untuk menjangkau mereka.

Pada umumnya, jika kita melakukan pencarian di Google akan ada sejumlah hasil yang muncul sesuai dengan kata kunci usaha tertentu diikuti dengan lokasinya. Di sini, akan ada banyak orang yang lebih memilih hasil dengan tambahan informasi. Misalnya saja seperti alamat, nomor telepon, rating, review, bahkan sampai foto tempat yang dimaksud.

Secara umum, akan ada banyak orang yang lebih memilih untuk melihat hasil dari pencarian lokasi mereka dengan sejumlah detail seperti di atas. Para pencari informasi yang merupakan calon klien Anda akan bisa mendapat informasi secara lebih spesifik. Hal ini pun nantinya akan sangat memudahkan mereka menjangkau tempat usaha Anda.

Bangun SEO Lokal Secara Optimal untuk Usaha Anda

Seluruh komponen yang ada pada panduan SEO harus diterapkan pada web bisnis milik siapa pun. Secara umum, teknik SEO juga berlaku untuk diterapkan pada SEO lokal. Akan tetapi, pada bagian optimasi on-page ada optimasinya. Di dalam SEO likal, wilayah geografis suatu lokasi sangat berpengaruh, sehingga lokasi bisnis milik Anda menjadi kata kunci signifikan.

Untuk membuat lokasi bisnis Anda bisa menjadi kata kunci yang signifikan, maka kata kunci geografis bisa disertakan pada bagian judul serta meta description. Bahkan, jika sangat memungkinkan, Anda bisa menambahkan kata kunci geografis ini pada bagian URL serta konten. Dengan demikian, hasil dari pencarian pun akan semakin optimal.

Hal yang juga tak kalah penting dalam mengoptimalkan SEO on-page ialah menyertakan beberapa hal seperti nama, deskripsi, alamat, serta nomor telepon bisnis pada tiap halaman web. Jika Anda memahami HTML, maka markup yang bisa digunakan untuk bisnis lokal pun bisa disertakan sesuai dengan Schema.org.

Penempatan suatu identitas bisnis yang bagus supaya bisa muncul pada semua halaman salah satunya ialah pada footer website. Maka dari itu, penempatan pada bagian atas lebih baik. Namun, jangan sampai hal ini akan mengganggu fungsi dari website itu sendiri. Dengan demikian, siapa pun akan tetap bisa mengakses informasi secara nyaman.

Google telah merilis data yang menunjukkan bahwa 80% pencarian lokal yang ada dilakukan dari ponsel dan tablet. Dengan demikian, tak heran jika Google pun memprioritaskan web yang mobile-friendly. Selain itu, jika web Anda kurang ramah untuk perangkat mobile, maka calon klien akan kesulitan untuk bisa mendapatkan informasi tertentu.

Anda bisa membuat website responsif. Pada masa kini, pembuatan website yang responsif tak lagi sulit. Dengan demikian, tak ada alasan untuk tidak membuat web yang bisa bersahabat dengan perangkat mobile. Hal ini nantinya akan memberi kemudahan pencari dalam menemukan informasi tertentu dan usaha Anda agar bisa ditemukan.

Selain SEO, Anda juga bisa memanfaatkan Google My Business yang akan memberi kemudahan untuk pemilik suatu bisnis agar ditemukan pada hasil pencarian. Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di Google My Business agar pencarian bisa menampilkan bisnis Anda dengan review, foto, dan beberapa informasi lainnya.

Sejumlah informasi tentang optimasi SEO lokal sudah diulas. Dengan demikian, Anda pun telah mengetahuinya. Jika Anda ingin bisnis yang dilakukan mudah untuk ditemukan, maka bahasan di atas sekiranya akan bisa menjadi pandangan umum. Anda bisa mencoba untuk menerapkannya agar mendapat hasil maksimal sesuai dengan keinginan.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email