Memanage Database Menggunakan phpMyAdmin

Memanage Database Menggunkan phpMyAdmin

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk memanage database data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Menggunakan phpMyAdmin, artinya seseorang bias membuat database, tabel, mengisi data dengan mudah, tanpa harus mempermasalahkan baris perintahnya.

Seperti yang dapat kita lihat, phpMyAdmin merupakan aplikasi yang lumayan baik untuk memanage database MySQL. Software yang satu ini sangat membantu Kita dalam memanage database website dengan mudah berkat user interface yang dimiliki.

Fitur dalam phpMyAdmin

Berikut ini beberapa kemampuan mengapa phpMyAdmin yang ini banyak gunakan oleh banyak orang:

  1. phpMyAdmin merupakan interface yang mudah digunakan dan intuitive yang mudah dimengerti. Sehingga, orang-orang dapat memahami dan terbiasa dengan fitur-fiturnya phpMyAdmin.
  2. phpMyAdmin mengijinkan pengguna untuk mengoperasikan banyak layanan MySQL, seperti memanage database, mengoperasikan queries MySQL, melakukan statement MySQL, mengelola user maupun permission.
  3. Kita juga dapat menerima dan mengirim data ke dalam berbagai jenis format.
  4. Dengan menggunakan pre-defined fuctions, Kita dapat mengubah format data yang telah kita tersimpan
  5. phpMyAdmin mengijinkan kita membangun graphics database dengan bentuk PDF, dan beberapa queries yang lengkap beserta query-by-example.
  6. mencari database dengan tepat dan cepat

Mengelola Database dengan tool phpMyAdmin

Kita tentunya paham bahwa fungsi phpMyAdmin adalah pengelolaan pada database. Berikut ini merupakan manfaat dari phpMyAdmin dalam membantu kita memanage database.

Ketika menggunakan aplikasi phpMyAdmin, tentukan database yang akan Kita kelola di sebelah kiri layar. Pada jendela yang aktif, Kita akan disajikan beberapa tabel database, allowed actions, media penyimpanan, jumlah catatan, pengecekan, ukuran tabel maupun overheadnya. Pengelolaan yang dapat dilakukan dalam memanage database adalah:

  • 1. Browse

    Pada tabel yang menggunakan record maupun cacatan yang bisa Kita akses. Setelah Kita mengklik Browse, sebuah laman baru dengan list record pada tabel akan terbuka. Jika ingin mengubah salah satu catatan yang ada, Kita dapat mengklik tombol Edit.

    Kita akan menampilkan struktur record dan mengganti nilai dari catatan tersebut. Setelah selesai diubah, Kita juga bisa mengshare dengan mengklik tombol Go pada bawah halaman.

  • 2. Structure

    Ketika menekan simbol Structure maka laman baru yang memperlihatkan struktur database akan terbuka. Kita akan disajikan nama field, collations, jenis, atribut, informasi, nilai default maupaun informasi apakah nilai field ini dapat berupa NULL. Kita juga dapat mendapatkan nilai yang berbeda dengan cara menekan symbol pengelolaan yang sesuai harapan kita. Selain itu, Kita dapat mengubah struktur maupun menghapus bidang. Kita juga dapat menentukan indeks yang berbeda seperti Unique, Index, Primary maupun Fulltext.

  • 3. Search

    Dengan menggunakan tombol pencarian Kita dapat membangun kueri pencarian untuk tabel yang kita inginkan. Kita bisa memanfaatkan fungsi Query by example dalam mencari sebuah tabel. Hanya dengan memanfaaatkan berbagai field guna menyusun kueri pencarian Kita dan tekan symbol Go dalam mengoperasikannya.

    Apabila Kita ingin menggambarkan semua record dengan nilai field yang diawali dengan abjad “C” sebaiknya tentukan terlebih dulu field mana yang ingin Kita tampilkan. Kemudian tekan operator LIKE dari menu drop-down dan inputkan nilai field yang sesuai “C%” (% merupakan kependekan dari wildcard string). Tekan icon Go untuk menampilkan hasilnya.

  • 4. Insert

    Dengan memanfaatkan icon Insert, Kita bisa menginputkan catatan di tabel database. selanjutnya Kita menginputkan nilai klik yang sesuai pada icon Go dan catatan baru akan otomatis terinput.

  • 5. Empty

    Icon empty membantu Kita untuk menghilangkan sebuah tabel database, menghapus, maupun menyimpan tabel yang kosong.

  • 6. Drop

    Icon drop digunakan untuk menghapus keseluruhan tabel maupun isi catatannya.

Cara Menghapus/menghilangkan Database

Selain dalam memanage database kita dapat menghapus database di phpMyAdmin. Selayaknya yang telah disampaikan sebelumnya, terdapat dua teknik yang dapat Kita lakukan dalam menghapus data di database Kita, yaitu dengan menggunkan empty maupun drop (menghapus).

  • 1. empty

    Tekan pada database yang akan Kita ubah. Selanjutnya pada row yang akan Kita hilangkan, tekan symbol Empty. Selanjutnyta Kita menekan symbol tersebut, system akan mengkonfirmasikan apakah Kita benar akan mengosongkan data tersebut.

    Selanjutnya tekan OK. Apabila Kita meneliti angka yang terdapat pada kolom Rows, setelah klik Empty dan OK, otomatis angka pada table tersebut berubah menjadi 0.

  • 2. Drop

    Apabila Kita ingin menghilangkan data tersebut, Kita dapat memilih ican Drop. Pada table data yang akan Kita hapus, klik pilihan Drop ataupun buang. Selayaknya pada penjelasan sebelumnya, system akan mengkonfirmasikan apakah benar Kita akan menghapus data tersebut. Tekan Ok. Selanjutnya, row otomatis akan hilang.

Cara mengubah Nama Database

Salah satu tindakan dalam memanage database yaitu mengubah nama database. Untuk mengubah nama database, Kita dapat menggunakan layanan yang ada pada phpMyAdmin. Kita tentukan database yang akan Kita ubah namanya pada bagian kiri layar. Selanjutnya, tekan Operations di sebelah atas. Ubahlah nama database sesuai dengan yang Kita inginkan dan tekan Go. Pada pengubahan nama ini, Kita tidak perlu memilih/centang icon adjust privilege.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email