Inilah Cara Untuk Cek Kecepatan Website Yang Kita Punya

Inilah Cara untuk Cek Kecepatan Website yang Kita Punya

Cek kecepatan website adalah salah satu cara mudah dan cepat untuk membuat pengunjung untuk berlama-lama dan betah berinteraksi dengan website. Cek kecepatan website sangat perlu dilakukan, tak lain karena dapat meningkatkan peringkat SEO pada sebuah website. Lantas bagaimana cara cek kecepatan pada sebuah website? Berikut ulasannya!

Inilah Cara untuk Cek Kecepatan Website

Adapun cara untuk cek kecepatan website yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan situs PageSpeed Insight

Situs ini merupakan situs yang dimiliki Google. Situs ini yang lebih lengkap dan lebih baik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Dan tentunnya dapat mengatasi permasalahan Anda, mulai mengoptimalkan gambar, mengoptimalkan pengalihan laman landas dan masih banyak lagi.
Segeralah memperbaiki kecepatan website Anda jika menunjukkan 84% ke bawah pada situs ini. Segeralah perbaiki cek kecepatan website Anda dengan situs PageSpeed Insight.

2. Menggunakan situs GTmetrik

Nah, situs ini juga yang terbaik dan terlengkap. Apabila kecepatan website Anda mengalami penurunan, maka akan ada pemberitahuan sejak awal. Mendapatkan skor 80% dalam situs ini merupakan hal yang sudah baik.

3. Menggunakan Pingdom

Pingdom merupakan salah satu tools online. Selain itu, tools online ini juga memberikan informasi yang Anda butuhkan. Informasi tersebut seperti analisis kode, berat halaman, kecepatan download, saran pengembangan, nilai kinerja, juga timeline sejarah. Hal ini berguna untuk merekam kemajuan dan kecepatan website Anda.

4. Menggunakan Page Scoring

Situs ini juga secara online untuk tes render kecepatan halaman website Anda di berbagai browser (Chrome, Firefox dan IE). Situs ini juga bagus bagi Anda karena memang banyak diminati.

5. Menggunakan Web Page Test

Dalam fitur Web Page Test, Anda dapat menggunakan apabila ingin cek kecepatan website yang Anda punya. Fitur yang ada di situs web page test ini ada prosentase besar ukuran website berdasarkan gambar, font, HTML, dan Javascript dalam bentuk Pie. Segeralah kunjungi situsnya agar masalah Anda dapat cepat teratasi.

Itulah beberapa situs yang dapat Anda gunakan apabila ingin cek kecepatan website Anda. Jadi, Anda tidak perlu menunda-nunda lagi ya. Kemudian apa saja sih yang menghambat kecepatan website atau biasa Anda sebut lemot? Tentu saja, Anda ingin mengetahuinya agar masalah tersebut dapat dihindari sejak awal atau dapat diantisipasi bagi pemilik website. Nah, berikut yang menghambat kecepatan website:

1. Kualitas server yang kurang bagus.

Iya betul, kualitas server sangat mempengaruhi kecepatan website Anda. Jika kualitas server bagus tentunya lancar dalam membuka website Anda. Server yang bagus dapat juga dipengaruhi oleh prosesor dan RAM. Jika prosesor dan RAM-nya mumpuni tentunya loadingnya cepat.

2. Jumlah Website dalam sebuah server

Jika server Anda menampung banyak website, bisa dipastikan down-time lebih mungkin terjadi. Dan tentunya bisa lebih lemot lagi. Nah, kurangi website Anda jika memang banyak website pada server Anda.

3. Jarak Koneksi dari Device Anda ke Website

Lokasi server berada juga dapat mempengaruhi kecepatan website Anda. Dan tentunya lokasi server harus dipertimbangkan agar kecepatan website Anda lancar jaya.

4. Aktivitas dalam sebuah Server

Selain jumlah website dalam sebuah server, aktivitas dalam sebuah server juga mempengaruhi kecepatan website Anda. Apalagi bagi Anda yang di dalam website tersebut yang digunakan mengelola game online tentunya membuat website Anda juga lemot. Jadi, hindari mengelola game online pada website agar kecepatan website Anda tidak lemot lagi.

5. Cek Koneksi Internet Anda

Selain ke-empat masalah di atas, kecepatan website Anda bisa terjadi pada koneksi internet Anda sendiri. Dan pilihlah provider yang paling kencang agar dapat memenuhi kebutuhan online Anda. Jika memang kurang provider-nya, Anda bisa membangun tower provider sendiri. Tetapi, jangan khawatir karena di dalam negeri ini, sudah banyak provider yang handal tergantung kemampuan Anda sendiri.
Nah, itulah beberapa masalah yang terjadi apabila website Anda lemot ataupun tidak lancar kecepatannya. Dan hindarilah masalah tersebut, Agar tidak mengganggu Anda dalam membuka website.

Cek kecepatan website Anda setiap saat agar terhindar masalah di atas. Memang, banyak cara untuk cek kecepatan website Anda. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi yang berkembang pesat dan canggih.
Banyaknya pengunjung website mungkin dikarenakan mereka lebih cepat mendapatkan informasi dan bisa dilakukan dengan instan. Cara cek kecepatan website bisa dilakukan dengan mengoptimalkan kecepatan loading website. Dan dijamin bisa mengoptimalkan kecepatan website Anda.
Layanan cek kecepatan website ada juga layanan yang digunakan secara gratis. Dengan melalui layanan tersebut, Anda bisa mengetahui masalah kecepatan website Anda yang mengganggu performa kecepatan.

Beberapa layanan cek kecepatan website adalah menggunakan beberapa situs khusus. Seperti situs PageSpeed Insight, GTmetrik, Pingdom, Page Scoring, dan situs Web Page Test. Jika ada kecepatan website Anda lemot, mungkin ada masalah yaitu seperti kualitas server yang kurang bagus, jumlah website dalam sebuah server, jarak koneksi dari device anda ke website, aktivitas dalam sebuah server dan mengecek koneksi internet.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email