Inilah Arti di Balik Logo 74 Tahun Indonesia
Inilah Arti di Balik Logo 74 Tahun Indonesia

Inilah Arti di Balik Logo 74 Tahun Indonesia

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Jelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Kementerian Sekretariat Negara Indonesia mengeluarkan logo 74 tahun Indonesia merdeka beberapa pekan lalu. Logo memang sengaja di buat beberapa kali dan direvisi, sebab logo 74 tahun Indonesia merdeka bukanlah hanya sebuah gambar semata. Namun kaya akan makna dan arti dibalik logo tersebut.

Dilansir di berbagai media Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia mengeluarkan surat terkait penyempurnaan tema serta logo 74 tahun Indonesia merdeka. Yang mana surat tersebut ditujukan kepada para aparat tertinggi negara. Surat tersebut berisikan penyempurnaan tema logo 74 tahun Indonesia merdeka, yang sebelumnya “Menuju Indonesia Unggul”.

Dan dirubah menjadi “SDM Unggul Indonesia Maju”. Berikut detail mengenai tema dan logo 74 tahun Indonesia Merdeka.

Arti di Balik Logo 74 Tahun Indonesia Merdeka

Logo 74 tahun Indonesia di tahun 2019 ini di buat dan didesain oleh Bima Surya Pamila. Bima adalah seorang desainer yang berasal dari desainer grafis Indonesia asal Yogyakarta. Dalam proses pemilihan logo 74 tahun Indonesia pun secara langsung diikuti oleh Kepala Negara Republik Indonesia Joko Widodo. Banyak yang menilai bahwa desain yang dipilih sebagai logo 74 tahun Indonesia merdeka tahun ini lebih minimalis dan kekinian.

Dengan slogan SDM Unggul Indonesia Maju yang dipilih, dengan logo 74 tahun Indonesia memiliki warna merah dan putih yang melambangkan bendera Kita tercinta. Merah yang artinya berani dan putih melambangkan kesucian, memang sudah menjadi semboyan bagi bendera Kita, serta variasi logo 74 di tengah. Yang mana akan menjadi simbol baru di balik Indonesia merdeka di tahun 2019 ini.

Logo 74 tahun Indonesia di buat 2 versi, yang mana hanya warnanya saja yang membedakan dari desain logo satu dan yang kedua. Logo 74 tahun Indonesia pertama memiliki latar belakang warna merah, dan putih pada angka 74. Sedangkan desain ke 2 sebaliknya latar belakang putih, dan warna merah pada logo 74. Namun perbedaan tersebut tetap memiliki 1 makna yang sama pastinya.

Slogan “SDM Unggul Indonesia Maju” merupakan sebuah makna untuk Kita para penerus bangsa agar terus meningkatkan sumber daya manusia demi kemajuan negara kesatuan Republik Indonesia Kita tercinta.

Selain makna dibalik logo 74 Tahun Indonesia merdeka, tentunya ada beberapa manfaat diadakannya perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 74 ini. Berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat 74 Tahun Indonesia Merdeka

Selain terciptanya logo 74 tahun Indonesia semata, ada baiiknya sebagai masyarakat Indonesia mengetahui juga apa saja manfaat dari kemerdekaan ini. Berikut beberapa manfaat merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tersebut:

1. Bersyukur

Dibalik kemerdekaan yang sudah Kita dapatkan saat ini, tentu meninggalkan sejarah yang amat sangat tragis serta haru. Dimana para pejuang Kita rela jatuh bangun memperjuangkan nyawanya demi kebebasan negara Kita tercinta negara Indonesia. Kita sebagai penerus bangsa tentu tidak lupa akan jasa-jasa beliau serta bersyukur atas apa yang sudah diperjuangkan demi negara Kita saat ini.

2. Nasionalisme

Dengan diadakannya perlombaan rutin setiap tahun demi memperingati hari ulang tahun Indonesia, serta upacara bendera dengan tujuan menunjukkan rasa cinta Kita kepada tanah air dan bangsa Kita. Berpartisipasinya masyarakat dalam perayaan HUT RI juga berarti sebagai rasa cinta tanah air dan menjunjung semangat nasionalisme agar selalu terjaga.

3. Bersatu dalam Keberagaman

Negara Kita Indonesia memang kaya akan keaneragaman agama, budaya, dan suku bangsa. Namun dengan begini Kita sebagai rakyat Indonesia sudah membuktikan walau banyak perbedaan di satu negara namun tetap menjunjung tinggi satu kesatuan demi majunya Indonesia Kita tercinta.

4. Menghargai Jasa Para Pahlawan

Kemerdekaan Indonesia, merupakan usaha keras para pahlawan terdahulu. Tentu tanpa perjuangan para pahlawan terdahulu negara Kita tidak akan pernah bisa merdeka hingga saat ini. Dengan diadakannya peringatan HUT RI juga bertujuan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan Kita yang telah gugur di medan perang.

5. Kebersamaan

Menjaga kebersamaan tentu merupakan salah satu hal penting demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita sebagai anak cucu bangsa harus selalu bersama untuk membangun serta memperjuangkan kemajuan bangsa Kita. Hal ini sangatlah penting untuk kerukunan serta keakraban yang saat ini kian terpuruk.

6. Meningkatkan Rasa Persaudaraan Yang Tinggi

Dengan merayakan HUT kemerdekaan republik Indonesia ini, juga sangat bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan yang kian hilang. Dengan merayakaannya tanpa sadar bahwa Kita telah mempererat tali persaudaraan Kita antar sesama bangsa di Indonesia. Sebab kunci kerukunan dalam satu bangsa adalah meningkatkan rasa persaudaraan yang tinggi antar sesama bangsa.

Itulah beberapa arti dari logo 74 tahun Indonesia yang perlu Anda ketahui. Selain mencermati logo 74 tahun Indonesia, dalam memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 tahun ini memang sangatlah perlu untuk dirayakan. Sebab hal inilah yang terus mendorong Kita untuk bisa selalu sadar akan pentingnya menjalin persatuan serta kesatuan bangsa. Yakni demi terciptanya Indonesia yang aman, damai, tentram, serta tetap maju.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?