Inilah daftar Digital Marketing Strategi untuk 2019

Inilah 4 daftar Digital Marketing Strategi untuk 2019

Menyiapkan digital marketing strategi memang diperlukan ketika akan menjalankan digital marketing, tentu saja hal ini agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Sekarang ini hampir semua industri atau bisnis baik itu dalam skala kecil hingga besar sekalipun akan menggunakan digital marketing untuk bisa menjangkau para konsumen. Tanpa adanya sebuah strategi dan perencanaan yang tepat, maka semua usaha akan tenggelam diantara banyaknya usaha yang sama.

Digital Marketing Strategi 2019

 Setiap tahunnya digital marketing mengalami perubahan dan juga perkembangan, baik dalam skala nasional maupun dalam skala global. Untuk digital marketing strategi di tahun 2019 ini Anda bisa menyimak beberapa tren dari pemasaran yang paling besar yang bisa Anda jalankan nanti, dan juga menggunakan media apa saja untuk bisa menjalankan strategi dari digital marketing untuk bisa menyukseskan bisnis yang Anda jalankan.

  • Live Video

Live video yang ada di Youtube memang lebih lama dan sudah lebih populer dari dulu. Namun sekarang ini ada live video dari sosial media seperti Instagram atau Facebook yang juga mulai mendapatkan respon positif dari pengguna. Hal ini tentu bisa Anda jadikan peluang untuk pihak marketing agar bisa terhubung dengan konsumen secara langsung.

  • Chatbot Marketing

Beberapa tahun terakhir chatbot terus mengalami peningkatan dan hingga 2019 trend strategi digital marketing ini akan terus berkembang, mengingat pengguna smartphone juga semakin banyak. Sebab kemampuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar dari pelanggan yang singkat. Hal ini tentu bisa sangat membantu tiap brand untuk menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga. (Lihat juga contoh project kami yang menggunakan Chatbot disini)

  • Visual Marketing

Teknologi dan desain akan berkembang terus. Desain visual untuk digital marketing strategi ini juga sangat penting dalam internet. Komponen yang paling penting agar bisa menarik para calon konsumen ialah dengan melihat konten yang Anda buat. Sehingga Anda harus bisa membuat desain visual yang menarik dan bagus. Selain itu juga harus mempunyai nilai dimata para calon konsumen.

  • Produk Personal

Memang sudah jadi rahasia umum jika produk dari strategi digital marketing dibuat personal akan semakin diminati oleh target pasar. Para konsumen yang modern akan lebih tertarik bukan hanya dengan fitur dari produknya saja. Mereka akan lebih memunculkan hubungan emosional dengan produk yang diinginkan, dengan demikian maka konsumen akan menjadi pelanggan setia dan bisa menjadi seorang pendukung yang loyal.

 

Tantangan Digital Marketing Strategi

 Menggunakan strategi digital marketing juga sama hal nya jika menggunakan strategi pemasaran yang lainnya. Strategi digital marketing ini juga pasti mempunyai tantangan sendiri. Sekarang ini tantangan yang paling sering dihadapi oleh mereka yang seorang digital marketing ialah misalnya saja kompetisi yang semakin ketat setiap waktunya. Tentu saja hal ini merupakan hal wajar, mengingat menggunakan internet juga cukup mudah jika dibandingkan dengan metode lain.

Selain itu dalam digital marketing strategi jika tidak bisa mendapatkan data yang valid dan akurat juga akan membuat tujuan marketing Anda tidak akan bisa dicapai dengan sempurna. Oleh sebab itu, dalam mencari data yang akurat dan valid tentang target konsumen merupakan hal penting untuk mereka sebagai marketing online. Perkembangan data yang sangat banyak sekarang ini juga menjadi tantangan tersendiri.

Banyaknya channel yang sangat beragam ini juga jadi tantangan bagi para marketer. Pasalnya channel baru akan terus bermunculan. Tiap-tiap channel mempunyai spesifikasi, tujuan, dan juga protokol, serta cara menggunakan yang berbeda-beda. Sehingga para merketer juga harus bisa memprediksi channel apa yang dipakai target konsumen, agar bisa memilih channel tepat untuk media promosi.

 

Menjalankan Digital Marketing Strategi

 Tidak sedikit yang mengalami kebingungan untuk menjalankan digital marketing strategi agar lebih efektif. Dalam hal ini strategi yang dilakukan bukan strategi Facebook atau Instagram, melainkan strategi channel. Strategi yang dilakukan juga bukan sebuah postingan yang diposting di Instagram atau di Facebook, atau bahkan yang diletakkan pada sebuah website. Hal tersebut merupakan sebuah taktik dan bukan strategi.

Kedua hal tersebut perbedaannya juga masih sulit untuk dipahami oleh sebagian besar orang. Mengenai taktik ialah tentang apa yang diposting disalah satu sosial media, sedangakan strategi ialah alasan mengapa Anda bagikan konten itu, dan juga mengapa Anda menggunakan sosial media tersebut untuk channel nya. Strategi jadi dasar dari setiap hal yang nantinya dilakukan, baik dari taktik atau juga channel.

Lantas untuk membuat strategi digital marketing Anda lebih efektif maka Anda juga harus menentukan strategi Anda, kemudian Anda juga harus mengetahui target konsumen sampai tahapan personal. Tentu saja hal ini untuk membantu agar strategi Anda bisa dijalankan. Setelah Anda menentukan target, maka selanjutnya Anda bisa memilih channel yang digunakan serta dilanjutkan dengan tahap mengukur strategi yang Anda lakukan.

Untuk memastikan strategi yang akan kita jalankan terukur dan dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan target kita, Digital Agency merupakan salah satu solusi yang dapat kita gunakan untuk menjankan rencana dan mencapai target yang diinginkan.

Strategi yang telah Anda buat dari awal tentu saja akan berjalan efektif jika setiap hal yang ada bisa berjalan secara beriringan. Bukan hanya marketing saja, melainkan juga dengan goals yang dipunyai oleh perusahaan.  Jika Anda ingin sukses dalam strategi bisnis, maka akan lebih baik jika Anda terus mengikuti tren dari digital marketing strategi setiap tahunnya yang terus berkembang.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email