Ingin Produk Laris di Hari Libur? Gunakan Tips Pemasaran Ini!

Ingin Produk Laris di Hari Libur? Gunakan Tips Pemasaran Ini!

Hari libur merupakan waktu yang tepat bagi semuanya untuk santai dirumah. Sebagian besar orang memanfaatkan hari liburnya untuk melakukan belanja online, karena mereka malas untuk belanja ke luar rumah seperti di mall, pasar, atau pusat perbelanjaan lainnya. Oleh karena itu, sebagai pebisnis online pastinya Anda harus cermat dan sigap dalam melakukan promosi pada hari libur, karena waktu libur makin banyak calon pembeli yang berbelanja online.

Strategi promosi harus disusun dan direncanakan dengan baik, supaya hasilnya nanti memuaskan. Suatu strategi yang memuaskan biasanya ditandai dengan penjualan produk semakin meningkat dari biasanya.

Bahkan omset penjualan lebih besar dan keuntungan pebisnis online dipastikan sangat besar. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan strategi promosi bisnis online dihari libur, karena hal tersebut juga sangat menguntungkan bagi Anda.

7 Cara Strategi Pemasaran Promosi Bisnis Online

Tahukah Anda, dalam melakukan promosi bisnis itu tidak dilakukan secara asal. Para pebisnis ternyata melakukan promosi dengan suatu perencanaan yang matang. Bila selama ini Anda melihat berbagai macam promosi online secara besar-besaran, maka hal tersebut sudah dipersiapkan sejak lama oleh pebisnis online tersebut. Sebagai pebisnis online pemula, Anda harus mempelajari tentang strategi pemasaran atau promosi online yang paling jitu.

Cara promosi online di hari libur dapat Anda pelajari dengan mudah, berikut ini merupakan cara yang dapat diikuti dalam melakukan promosi online:

  1. Diskon

    Promosi yang paling menarik perhatian calon pembeli yaitu diskon. Anda bisa memberikan diskon khusus dihari libur yang lebih banyak. Misalnya, diskon yang Anda berikan sekitar 25% hingga 50% khusus pada hari libur saja. Pada hari biasa hapus diskonnya supaya memancing pelanggan untuk melakukan pembelian sekarang juga.
    Pemberian diskon sangat ampuh untuk menghabiskan stok produk lama yang belum terjual. Semua produk lama bisa dikeluarkan dan berikan diskon yang cukup menggiurkan, supaya pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.

  2. Promosi berbasis pemberian diskon

    Saat hari libur, Anda juga dapat memanfaatkan calon pembeli untuk mempromosikan produk. Contohnya seperti share produk dan dapatkan diskon khusus untuk pembelian satu produk. Anda bisa membuat event kecil seperti bila ingin mendapatkan potongan harga, maka harus melakukan share produk pada sosial media. Kemudian bukti share tersebut dapat dikirimkan ke Anda secara online.
    Pasti banyak sekali pelanggan yang melakukannya. Pemberian diskon pada event ini jangan terlalu besar. Mungkin Anda dapat memberikan diskon hanya sebesar 10 hingga 15% saja. Meski diskon yang diberikan lumayan kecil namun, tetap saja diskon tersebut banyak diminati oleh para pelanggan.

  3. Hadiah gratis

    Strategi promosi berikutnya, yaitu Anda bisa memberikan hadiah gratis bagi setiap pembeli. Dalam memberikan hadiah gratis jangan secara langsung, berikan peraturan pembelian produk terlebih dahulu. Misalkan pembeli harus membeli produk sebesar Rp. 200.000 dan akan mendapatkan hadiah gratis dari owner.
    Produk hadiah gratis bisa menggunakan produk lama Anda atau barang lainnya. Promosi ini biasanya sangat jitu untuk meningkatkan pembelian. Bila Anda tidak percaya, coba saja tips promosi hadiah gratis ini.

  4. Gratis ongkos kirim

    Selama hari libur semua pembelian produk gratis ongkos kirim, dijamin semua calon pembeli berbondong-bondong melakukan order produk pada Anda. Selama ini ongkos kirim begitu memberatkan para pembeli. Oleh sebab itu, sesekali saja Anda membuat promosi gratis ongkos kirim.
    Dalam melaksanan promo ongkos kirim sebaik Anda mengubah harga produk agak sedikit lebih mahal dari biasanya, supaya ongkos kirim dapat diambil dari harga produk. Setidaknya Anda lebih ringan dalam menangung ongkos kirim pelanggan. Pokoknya Anda bisa mengaturnya sendiri untuk gratis ongkos kirimnya. Catatannya Anda tidak boleh rugi meski mengadakan promosi gratis ongkos kirim tersebut.

  5. Buy 2 get 1

    Promosi ini sudah sangat akrab di telinga Anda. Strategi promosi ini sangat bagus untuk digunakan pada hari libur. Sepertinya para pelanggan sangat tertarik melakukan pembelian jika ada gratis satu produk. Oleh karena itu, Anda wajib menerapkan sistem promosi ini, dan pastikan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak sehingga pendapatan makin besar.

  6. Promosi melalui sosial media

    Selanjutnya, yaitu Anda harus melakukan promosi diberbagai sosial media. Kekuatan sosial media sudah tidak diragukan lagi, karena dijamin banyak sekali yang akan membaca tentang promosi produk. Melakukan promosi melalui sosial media jangkauannya sangat luas hingga berbagai daerah di Indonesia.

Menyusun strategi promosi pada hari libur itu sangat mudah sekali bukan? Anda harus mempersiapkan strategi minimal sebelum melakukan promosi supaya hasilnya maksimal. Dalam waktu seminggu, Anda harus memberikan informasi pada calon pembeli, kalau pada hari libur semua produk Anda memiliki penawaran khusus.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email