Hosting Gratis, Apakah Ada Bagaimana Performanya

Hosting Gratis, Apakah Ada? Bagaimana Performanya?

Bagi pemula yang ingin membuat suatu website, Anda memerlukan nama domain serta web hosting. Hosting sendiri memiliki harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan nama domain. Anda perlu membayar biaya perbulan hingga puluhan ribu rupiah jika ingin mendapatkannya. Namun jika tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun ternyata ada beberapa web hosting gratis. Namun apakah benar ada web hosting gratis?

Apakah Ada Hosting Gratis?

Yap, percaya atau tidak memang ada beberapa layanan web hosting yang menyediakan hosting gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir akan biaya perbulannya bagi pemula yang ingin mencoba membuat website dan tidak ingin keluar biaya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda cukup membuat akun baru saja Anda sudah bisa daftar hosting gratis tersebut.

Lalu Bagaimanakah Kualitas Performanya?

Kalimat yang mengatakan harga menetukan kualitas itu memang kenyataannya benar adanya. Hal ini karena yang namanya gratis atau tanpa biaya sepeserpun pasti akan ada kekurangan dibalik itu semua.
Beberapa kelemahan bagi yang menggunakan hosting gratis, diantaranya:

  1. Kualiatas dari pelayanan yang kurang baik.
  2. Dengan kemungkinan downtime yang cukup tinggi server kurang bisa diandalkan.
  3. Kesulitan ketika ingin mentransfer domain yang Anda pasang pada hosting gratis.
  4. Akan banyak tayangan iklan yang tidak dapat diprediksi, mungkin dengan intensitas yang sering.
  5. Adanya kemungkinan website terhapus secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas.
  6. Resource yang didapatkan terkadang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Dengan berbagai kelemahan yang ada menggunakan hosting gratis memang tidak disarankan. Namun bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya sepersenpun, tentu Anda tidak akan kehilangan apapun jika menggunakan hosting gratis.

Dan bagi pemula memang lumayan untuk sekedar mendapatkan pengalaman sekaligus belajar apa saja yang dibutuhkan untuk seseorang yang ingin membuat sebuah website.

Web Hosting Gratis Terbaik

Pada artikel kali ini, Kami akan memberikan beberapa web hosting gratis terbaik yang dapat Anda gunakan karena juga menawarkan manfaat yang tidak sedikit bagi Kamu yang ingin mencoba membuat website.

1. AwardSpace

Hosting AwaedSpace sudah cukup tua karena sudah ada sejak tahun 2003 dan memang sudah sejak awal berdiri menawarkan web hosting gratis. Dan baru merilis untuk paket hosting yang premium pada tahun 2005.

Pernah menjadi web hosting terbaik, AwardSpace tetap konsisten pada layanan unlimited yang ia tawarkan. Berikut beberapa keunggulan dan kekurangan pada layanan hosting gratis pada AwardSpace, diantaranya; Bandwidth 10 GB, pastinya 1 website gratis, disk space 1 GB, website builder yang gratis, garansi uptime 99,9%, gratis 1 alamat email, auto installer untuk WordPress, Joomla dan sebagainya, dan gratis nama subdomain dengan ekstensi .dx.am.

Disisi lain pada layanan ini juga memiliki kekurangan seperti, hanya tersedia satu alamat email tanpa adanya email forwarding, dan terbatasnya support melalui tiket serta live chat.

2. 000WebHost

Bagi Anda yang mencoba mencar pada kolom pencarian Google ‘hosting gratis terbaik’ pasti yang akan dalam pencarian teratas adalah 000WebHost. Hal ini karena 000WebHost juga merupakan salah satu layanan hosting gratis yang berafiliasi dengan Hostinger sejak tahun 2007.

Tidak hanya itu 000WebHost juga menjamin layanan webhost yang Anda gunakan 100% gratis selamanya karena 000WebHost mendapat keuntungan dari layanan premium dan donasi dari komunitas mereka sendiri.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan pada layanan ini adalah Bandwidth 10 GB, pastinya 2 website gratis, disk space 1 GB, website builder dengan ratusan web template yang gratis, garansi uptime 99,9%, bebas iklan, auto installer untuk WordPress, Joomla dan sebagainya dan dengan mengunakan fitur FTP, backup instan, hotlink protection dan file manager Anda mendapatkan hosting gratis cPanel terbaru.
Tak kalah dengan kelebihan yang ada pada layanan ini juga terdapat bebrapa kekurangan yaitu; tidak tersedianya dukungan live chat 24 jam dan tiket, tidak tersedia akun email gratis, dan akan dikenakan mode sleeps selama satu jam per hari sehingga membuat situs website Anda tidak dapat diakses.

3. FreeHostingNoAds

Sesuai namanya, layanan webhost yang satu ini menawarkan layanan hosting gratis tanpa adanya iklan yang mengganggu. Layanan webhost ini sudah tersedia sejak tahun 2010 dan dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk blogger pemula. Situs pada layanan ini menyediakan domain gratis dengan ekstensi .com, .org, dan .net disetaip bulannya.

Beberapa kelebihan yang terdapat pada layanan ini diantaranya; Bandwidth 200 GB dengan unique visitor di setiap harinya,gratis 3 alamat email, disk space 20 GB,website buildergratis,dengan mengunakan fitur FTP, custom error, backup, hotlink protection dan file manager Anda mendapatkan hosting gratis cPanel lengkap, auto installer untuk WordPress, Joomla dan sebagainya dan gratis nama subdomain dengan ekstensi t15.org.

Namun dibalik kelebihan yang menggiurkan, layanan ini juga memiliki kekurangan yaitu, tidak mendukung layanan live chat, tidak mendukung PHP7, tidak tersedia jaminan uptime
Memang tidak mudah dalam memilih layanan hosting gratis yang dapat dipercaya, karena dilihat dari sisi kekurangan yang ada pada hosting gratis bukanmerupakan dapat dijadikan pilihan yang tepat bagi yang ingin memiliki website atau blog dalam waktu yang lama karena bagi yang sudah menggunakan layanan premium sekalipun juga masih banyak keluhan yang terdapat pada layanan tersebut.

Akan tetapi bagi Anda yang ingin belajar dan memiliki website atau hanya ingin sekedar mencoba hosting gratis. Selain beberapa webhost diatas juga masih ada layanan webhost yang dapat Anda gunakan diantaranya Viewen, X10Hosting, ByetHosting, FreeHosting, Indowebsite, Hoststres dan Rocketnesia.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email