Email Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya

Email Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya

Digital marketing dalam dunia bisnis online semakin maju. Para pebisnis sekarang menggunakan marketing bisnis yang sangat canggih untuk mendapatkan pembeli. Salah satu strategi yang digunakan para pebisnis untuk promosi produknya, yaitu menggunakan email marketing. Sistem pemasaran produk dengan email marketing sangat bermanfaat sekali, khususnya untuk direct marketing atau disebut dengan memasarkan produk secara langsung.

Apa perbedaan dari email marketing dan email biasa? Email marketing sebenarnya sama dengan email yang biasa Anda gunakan. Perbedaannya hanya terletak pada isi emailnya saja. Isi email marketing lebih spesifik ke pemasaran jasa, barang, dan produk. Kata-kata yang digunakan dalam email marketing biasanya bersifat ajakan dan persuasif.

Pada saat ini email marketing seringkali digunakan oleh para pebisnis. Pasalnya, email marketing ini merupakan sistem pemasaran yang sudah diterapkan oleh internet ke seluruh dunia, sehingga mempromosikan produk melalui email marketing bisa menjangkau customer lebih luas lagi. Email marketing memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri bagi pebisnis internet.

Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis Online

Semua pebisnis menggunakan email marketing dengan tujuan untuk mengirim pesan, agar hubungan antara penjual dan pembeli dapat meningkat. Adanya email marketing juga dapat meyakinkan pelanggan agar membeli produk pada saat itu juga. Anda bisa mengetahui tentang keunggulan email marketing dengan jelas pada berikut ini:

  1. Jangkauan promosi email marketing lebih luas

    Seperti yang Anda ketahui bahwa email marketing ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Jadi, jangkauan promosi yang Anda lakukan nantinya lebih luas. Email marketing yang Anda gunakan tidak hanya dikirimkan kepada pelanggan di negara Indonesia saja, melainkan juga dapat dikirimkan ke negara lainnya. Bayangkan saja jika Anda dapat mengirimkan email ke pelanggan diseluruh dunia, pasti rekrut pembeli semakin mudah.

  2. Email marketing langsung ditujukan kepada pelanggan yang berminat pada produk Anda

    Dalam sistem email marketing, pelanggan terlebih dahulu mengisi alamat emailnya sendiri ke akun perusahaan Anda. Bila sudah mengirim alamat email, maka pelanggan akan bersiap-siap menerima email marketing dari Anda. Isi email marketing dapat bervariasi, mulai dari informasi diskon produk, informasi produk baru, produk restock dan masih banyak lagi lainnya.

  3. Dapat merespon pelanggan secara otomatis

    Email marketing adalah sistem promosi online yang juga dilengkapi dengan respon otomatis. Seberapa banyak pelanggan yang mengirimkan email kepada Anda, langsung email tersebut dibalas secara otomatis. Anda hanya tinggal melakukan pengecekan sewaktu melakukan monitoring pada email marketing bisnis. Hal ini membuat Anda lebih santai dalam mempromosikan produk secara online.

  4. Biaya email marketing cukup murah

    Bisa dikatakan bahwa email marketing memiliki biaya yang cukup murah daripada harga digital marketing lainnya. Saat ini banyak sekali digital marketing yang tarifnya sangat mahal namun, kualitasnya sama dengan email marketing. Biaya lebih hemat jika Anda menggunakan email marketing saja, lagi pula meski harga pembuatan email marketing murah namun, kualitasnya tidak murahan.

Kelebihan email marketing di atas mampu membuat para pebisnis berubah pikiran agar menggunakan email marketing saja. Keputusan yang sangat tepat jika Anda menggunakan sistem promosi tersebut. Disisi lainnya, Anda bisa membuat email marketing sendiri tanpa harus menggunakan jasa.

 

Kelemahan Email Marketing untuk Bisnis Online

Email marketing ternyata memiliki kelemahan, kelemahan yang dimiliki hanya sedikit tetapi mampu membuat pebisnis bingung untuk memilih sistem promosi ini atau tidak. Anda harus mengetahui kelemahan email marketing sebelum menggunakannya, berikut ini merupakan kelemahan yang wajib diketahui.

  1. Email bisa masuk ke dalam spam

    Banyak promosi produk, jasa, bisnis, dan lainnya yang dilakukan membuat Anda mengirim email dalam jumlah banyak. Sayangnya hal ini tidak begitu baik, karena dapat mengindikasi terjadi ketidaknyamanan pada konsumen. Pada akhirnya, Google akan mengirimkan email promosi Anda masuk ke dalam kotak spam. Bila sudah masuk dalam spam, email tidak dapat dibaca oleh siapapun.

  2. Email tidak bisa diterima secara langsung

    Ada kasus dalam menggunakan email marketing, pebisnis pasti merasakan bahwa email promosinya tidak dapat masuk langsung kepada para pelanggannya. Membutuhkan waktu yang agak lama supaya email masuk ke kotak masuk pelanggan.

  3. Tidak semua pelanggan memiliki email

    Salah satu kekurangan menggunakan email marketing dalam sebuah bisnis, yaitu tidak semua pelanggan memiliki email, jadi Anda tidak dapat mengirimkan informasi pemasaran produk pada pelanggan yang tidak memiliki email. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan cara lain untuk mengatasi pelanggan yang tidak mempunyai email.

Kekurangan email marketing cukup membuat Anda bingung, karena disisi lain banyak sekali kekurangan yang dimiliki oleh email marketing tersebut. Anda pasti saat ini bingung untuk melakukan pertimbangan menggunakan email marketing atau tidak. Tentu saja kalau hal seperti itu tergantung pada Anda. Pikirkan saja terlebih dahulu secara matang, supaya nantinya tidak menyesal menggunakan email marketing.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email