Miliki Tim Desain Grafis untuk Memastikan Bisnis Kita Berjalan Baik
Tim Desain Grafis

Miliki Tim Desain Grafis untuk Memastikan Bisnis Kita Berjalan Baik

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Di era digital ini, perusahaan tidak lagi hanya mengandalkan huruf untuk mempromosikan bisnis mereka. Gambar atau simbol yang dibuat dengan desain grafis menarik juga dibutuhkan. Apalagi, banyak pasar yang lebih menyukai visual, karena jauh lebih menarik dan pesan yang disampaikan langsung dipahami.

Desain grafis adalah sesuatu yang dikerjakan dengan memakai berbagai elemen visual. Ragam elemen visual ini bisa berupa tulisan, bentuk, gambar, atau kombinasi dari semuanya. Pesan atau persepsi yang disampaikan lewat cara ini bisa dalam bentuk media cetak, elektronik, maupun digital.

Jika ingin perusahaan cepat dikenal orang banyak, miliki tim desain grafis untuk memastikan bisnis berjalan dengan baik. Namun, seberapa efektifkah tim ini? Yuk, cek pembahasannya di artikel ini!

  1. Membantu Branding

Banyak cara untuk membantu branding perusahaan. Desain logo adalah salah satunya. Lewat desain logo buatan tim desain grafis Anda sendiri, cerita dan brand image perusahaan langsung dapat terlihat oleh orang banyak. Strategi pemasaran ini sudah terbukti efektif, karena banyak pembeli yang awalnya tertarik dengan logo perusahaan yang mudah diingat.

Makanya, sebelum memutuskan desain logo apa pun, matangkan dulu konsep perusahaan. Jadi tim yang akan mendesain logonya sudah tahu yang mau dibuat, mulai dari warna, font huruf, simbol, bentuk, hingga media yang akan digunakan. Logo inilah yang kemudian akan berseliweran di media digital sebagai branding perusahaan.

  1. Pesan atau Persepsi Lebih Efektif Tersampaikan.

Seperti yang sudah ulas sebelumnya, desain logo perusahaan terbukti efektif menyampaikan pesan atau persepsi. Pesan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda lebih tepat sasaran. Makanya, desain logo sebaiknya tidak dibuat secara asal-asalan, karena harus mencerminkan perusahaan yang bersangkutan.

Dengan tim, pastikan Anda hadir sejak awal hingga akhir proses pembuatan logo bersama tim. (Bila sulit, manfaatkan media komunikasi digital yang sudah banyak pilihan.) Sebelum jadi karya final, kemungkinan memang akan ada perombakan beberapa kali. Pertimbangkan kemungkinan ini juga, yang berarti tambahan biaya produksi.

  1. Menaikkan Penjualan.

Bila poin nomor satu dan dua sudah tercapai dengan gemilang, maka penjualan dapat perlahan naik. Mau tidak mau, desain yang baik jauh lebih efektif menarik minat calon konsumen daripada hanya mengandalkan copy (kalimat atau tagline tertentu sebagai bagian dari promosi.)

Tim desain grafis tidak hanya mengandalkan sisi artistik dalam desain logo atau produk visual terkait dengan perusahaan. Tim juga akan mengandalkan sisi marketing sehingga produk yang mereka buat bernilai jual. Hasil karya mereka juga harus menggugah calon konsumen untuk akhirnya tertarik membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Menghemat Waktu.

Ayolah, tidak semuanya bisa kita kerjakan sendiri. Namanya juga perusahaan. Pastinya kita membutuhkan bala bantuan sebanyak mungkin. (Tentu saja dengan catatan bisa membayar semua jasa mereka.)

Dengan adanya tim desain grafis milik sendiri, bisnis kita bisa dipastikan berjalan dengan baik. Berhubung banyak sekali yang harus dilakukan di dalam perusahaan, kehadiran tim ini dapat meringankan beban pekerjaan Anda.

Lagipula, tidak mungkin ada satu orang yang bisa melakukan hampir segalanya.

Banyaknya orang dalam tim tersebut juga tergantung kebutuhan. Bila bisa lebih efektif dengan sedikit orang, tidak perlulah Anda menambah jumlah anggota. Semakin banyak kepala yang berpikir di dalam tim juga belum tentu efektif. Pastikan bahwa satu tim mempunyai persepsi dan pesan yang selaras mengenai desain logo perusahaan.

Tips Sebelum Memakai Jasa Tim Desain Grafis:

Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini dulu sebelum memutuskan untuk memakai jasa tim desain grafis, yaitu:

  • Sudah mengetahui motivasi, konsep, dan keseluruhan bisnis sendiri.
  • Melihat portfolio tim desain grafis agar mengenali gaya desain mereka.
  • Menentukan harga.
  • Mengenali contoh kontrak dengan tim desain grafis.

Yang pasti, harus ada kecocokan antara perusahaan dengan tim desain agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Meskipun nantinya tetap perlu proses, dari awal biasanya sudah terlihat kesesuaian gaya desain dan berbisnis mereka.

Bila sudah menemukan tim desain grafis yang dapat memastikan bisnis Anda berjalan dengan baik, selamat bekerja. Bila belum, hubungi SAB Digital Agency untuk referensi lebih lanjut.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?