Darimana Saya Tahu Website Saya Butuh Optimasi Kec

Darimana Saya Tahu Website Saya Butuh Optimasi Kecepatan?

Pernahkah Kamu mengunjungi sebuah website dengan lambat atau bahkan sulit diakses? Atau website yang Kamu gunakan juga mengalami masalah serupa? Ketahui beberapa penyebab website butuh optimasi kecepatan yang akan dibahas berikut ini.

Apa penyebab website membutuhkan optimasi?

Pertama, pengaturan DNS yang salah. Penyebab website butuh optimasi kecepatan bisa saja dilatarbelakangi oleh pengaturan DNS yang keliru. DNS sendiri merupakan singkatan dari domain name system, dimana manusia dan komputer dapat berkomunikasi lebih mudah.

Kesalahan pada DNS merupakan salah satu faktor penyebab website butuh optimasi kecepatan. Dengan kata lain, suatu website dapat menjadi lemot ketika diakses atau bahkan memungkinkan sebuah website sama sekali tak dapat diakses oleh pengguna internet.

Kedua, nama domain website sudah kadaluwarsa. Penyebab website membutuhkan optimasi kecepatan yakni karena domain yang sudah expayed dan hal ini biasanya sudah dikenal oleh blogger pemula sekalipun. Akan tetapi, domain yang sudah kadaluwarsa menjadi faktor penyebab website butuh optimasi kecepatan. Bisa saja kamu tidak menyadari bahwa domainmu tidak dapat lagi digunakan hingga tak bisa diakses orang.

Ketiga, file indeks yang kosong atau tidak ada. Ketika dikunjungi, sebuah website secara otomatis tentu akan membuka sebuah file indeks (index.html). File indeks tersebut terletak dalam direktori utama, serta harus ada pada setiap direktori dan sub-direktori yang terdapat pada sebuah web.

Jadi, apabila file indeks (index.html) di website-mu tidak ada, maka yang akan muncul adalah folder atau file-file lain yang terdapat dalam folder data website tersebut. File indeks yang ditampilkan pada setiap direktori dan sub-direktori membuat pengguna tidak dapat mengetahui isi website dan tidak memberi celah untuk membuka keamanan.

Terakhir, masalah konektivitas sebuah jaringan. Konektivitas jaringan pun berpengaruh terhadap sebuah website sehingga lambat ketika diakses. Bahkan, konektivitas dapat membuat pengguna tidak dapat mengakses sebuah website. Maka pastikan koneksi jaringanmu selalu stabil.

Cara Mengatasi Penyebab Website Butuh Optimasi Kecepatan

Mengatasi empat penyebab website butuh optimasi kecepatan diatas harus melalui beberapa tahap. Tahapan-tahapan tersebut tentu akan dikupas lebih lanjut dalam step by step di bawah ini.

Pertama, buatlah suatu file sederhana untuk melakukan pengecekan pada shared hosting Indonesia milikmu. Kamu bebas mengisi kata-kata pada index.html tersebut. Misalnya dengan menambahkan kata ‘egjah’.

Kedua, untuk mengatasi penyebab website butuh optimasi kecepatan, akseslah domain Kamu sendiri atau index.html. Apabila kamu memerlukan durasi waktu selama kurang lebih 5 detik, kemungkinan memang terjadi kendala antara koneksi dan webserver yang Kamu gunakan.
Ketiga, untuk mengetahui apakah hanya koneksi Kamu saja yang mengalami hal ini atau memang alternatif lain juga mengalami hal serupa? Jika kamu memakai Linux atau Windows, bukalah command prompt.

Sebab ada dua cara untuk menggunakan alternatif command prompt, maka apabila Kamu memakai Linux, ketiklah ‘traceroute (space) example.com’. Akan tetapi, apabila Kamu memakai Windows maka ketikkan kalimat ‘tracert (space) example.com’.
Jika setelah menekan tombol enter kamu mendapati hasil trace betul-betul panjang, hal tersebut akan membuat akses ke website Kamu makin lama. Akan tetapi, untuk menandakan trace berhasil atau tidak, tidak ditentukan dari seberapa panjang atau pendek IP tersebut. Trace dikatakan berhasil apabila sukses mengarah pada domain yang dituju.

Kemudian, bandingkan apakah step-step di atas memiliki rentang durasi waktu yang sama dalam mengakses domain Kamu atau tidak. Jika dirasa masih saja sama, Kamu dapat membandingkannya sekali lagi dengan menggunakan webproxy. Hanya saja pada alternatif yang satu ini bekerja dengan sedikit lebih lambat.

Keempat, sebaiknya sebelum melakukan pengecekan pada webserver, lakukanlah pengecekan konten terlebih dahulu.
Pengecekan tersebut dapat diawali dengan memastikan file-file yang ditampilkan memang muncul pada laman utama website. Lalu pastikan pula file-file tersebut tidak memberatkan website Kamu.

Dari pengecekan tersebut, Kamu bisa mengunjungi link https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ untuk mengecek apakah website kamu perlu optimasi kecepatan atau tidak. Dengan demikian, Kamu akan mengetahui file mana saja yang memerlukan optimasi kecepatan atau tidak. Atau, Kamu juga bisa mengeceknya dari database yang Kamu digunakan.

Kelima, setelah melakukan serangkaian tahapan di atas untuk mengatasi penyebabwebsite butuh optimasi kecepatan, sebaiknya Kamu melakukan pengecekan resource hosting yang Kamu gunakan. Hal tersebut bertujuan untuk memeriksa apakah website milikmu mengalami overload atau tidak.

Terakhir, lakukanlah pemeriksaan network hosting dengan cara masuk pada ssh ke server Kamu. Setelah berhasil, download salah satu file yang bisa dijadikan testing. Bandingkan kecepatan download dengan menggunakan network hosting dan network milikmu. Kecepatannya akan jelas berbeda.

Itu dia cara mengetahui faktor-faktor penyebab website butuh optimasi kecepatan dan tips untuk mengatasinya. Namun ada baiknya melakukan pengecekan dengan koneksi jaringan yang bagus. Sehingga Kamu tak perlu repot-repot mengecek kondisi konektivitas.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email