Cara Menentukan Target Audience yang Sesuai dengan Produk atau Jasa yang Kita Tawarkan
Tepat Menentukan Target Audience adalah Kunci Keberhasilan dalam Berbisnis

Cara Menentukan Target Audience yang Sesuai dengan Produk atau Jasa yang Kita Tawarkan

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Tahukah Anda bahwa semakin banyak orang yang menggunakan Internet? Internet bahkan adalah sebuah platform yang bisa tetap bertahan meskipun keadaan di dunia nyata sedang tidak stabil. Jika Anda berbisnis, Anda bisa mengandalkan Internet untuk meningkatkan penjualan dan Anda bisa memulainya dengan cara menentukan target audience.

Di Internet, Anda bisa menjangkau siapa saja untuk membeli produk Anda. Namun, menentukan siapa yang bisa menjadi target audience adalah cara awal untuk bisa membuat pemasaran menjadi efektif dan juga membuat Anda tak perlu menggelontorkan banyak dana tak berarti untuk membuat pemasaran yang tak tepat sasaran. Anda bisa langsung menujukan iklan kepada target Anda.

Nah, lalu bagaimana cara menentukan target audience yang tepat untuk bisa mengoptimalkan pemasaran digital? Mari simak beberapa tipsnya di sini:

1. Melihat manfaat produk Anda

Anda bisa mulai semuanya dengan melihat produk Anda sendiri. Anda bisa menilai sebetulnya untuk siapa produk ini dijual dan siapa yang tertarik dengan produk tersebut. Kita simak contoh yang satu ini untuk bisa lebih memahaminya.

Anda berjualan produk makanan bayi. Tentu Anda hanya ingin memasarkan produk ini hanya untuk mereka yang memiliki bayi. Nah, orang tua yang memiliki bayi biasanya adalah mereka yang berusia di atas dua puluh satu tahun dan sudah menikah. Mereka juga pasti berasal dari kalangan menengah karena biasanya, golongan inilah yang gemar mencari produk panganan secara daring.

Setelah memahami target pasar itu, maka tuliskan sebagai catatan. Target ini nantinya bisa dimasukkan saat Anda membuat iklan di Google Ads , Facebook, dan media lainnya.

2. Melihat tema produk

Produk yang sama bisa saja memiliki target pasar yang berbeda. Sebagai contoh, produk baju kerja tentu lebih cocok ditujukan kepada mereka yang berusia di atas dua puluh tahun dan tinggal di kota-kota yang sibuk, misalnya.

Atau, jika Anda berjualan tas, Anda bisa melihat golongan usia berapa dan orang dengan status sosial apa yang kira-kira akan tertarik pada produk Anda. Nah, ini bisa menjadi sebuah bekal untuk menentukan seperti apa cara Anda memasarkan suatu produk.

Lewat pengetahuan mengenai hal ini, Anda bisa segera memutuskan kutipan alias caption produk seperti apa yang cocok untuk pemasaran Anda dan seperti apa desain promosi yang tepat.

3. Menentukan gender

Beda produk, tentu berbeda gender yang menjadi peminatnya. Kosmetik misalnya, mayoritas penyukanya tentu adalah perempuan. Sementara itu, produk yang berkaitan dengan otomotif tentu menjadi kesenangan bagi para pria. Nah, ini adalah sebuah hal yang signifikan dalam pemasaran digital.

Setelah menentukan gender, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat pemasaran, membuat konten, dan juga melakukan input pada jenis kelamin yang menjadi target dari pemasaran Anda.

4. Menggunakan alat riset tertentu

Jika Anda masih bingung dengan target pasar, Anda bisa menggunakan alat riset seperti Google Trend atau Google Analytics. Keduanya bisa membantu memberikan pengetahuan tentang siapa yang sebaiknya Anda tuju.

Manfaat Menentukan Target Audience

Selain menghemat pengeluaran, apa saja yang membuat proses ini jadi penting untuk pemasaran Anda?

Menentukan target audience akan memberikan Anda banyak manfaat sebagai berikut ini:

  • Anda akan mendapatkan insight mengenai konten pemasaran seperti apa yang sebaiknya Anda buat. Karena, beda target, beda pula tema kontennya.
  • Akan lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan kapan sebaiknya membuat iklan untuk pemasaran dan kapan meluncurkannya melalui berbagai macam platform
  • Membuat Anda menjadi lebih mudah untuk menentukan kemasan produk
  • Membuat waktu, tenaga, dan pikiran Anda menjadi efisien. Anda tidak perlu bingung membuat banyak produk hanya untuk bisa menjangkau semua customer.

Namun, pada saat menentukan target audience, sebaiknya hindari beberapa kesalahan supaya pemasaran digital bisa berjalan dengan baik. Kesalahan pertama adalah terlalu ingin menjangkau semua orang.

Ingat, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang, begitu pula yang akan terjadi pada produk Anda. Tentukan target secara spesifik untuk bisa mengoptimalkan penjualan.

Kedua, terlalu terburu-buru dalam menentukan target. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu dan melihat tren apa yang sedang berkembang. Kombinasikan dengan konsep produk yang Anda jual.

Anda bisa memulai untuk mengoptimalkan pemasaran digital dan menemukan target audience bersama SAB Digital. SAB Agency berpengalaman dalam memaksimalkan pemasaran digital dan meningkatkan kesadaran produk Anda. Nah, jangan buang waktu yang berharga dan mari sukseskan bisnis bersama kami dimulai dari sekarang.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?