Cara Menemukan Barang untuk Jualan Online yang Laris, Inilah Rahasianya

Bagi Anda yang saat ini tertarik di bidang wirausaha, pastinya sudah tidak asing lagi untuk memikirkan bagaimana caranya jualan online yang laris. Bahkan semua orang sepakat, penghasilan rata-rata orang yang berkecimpung di dunia wirausaha akan selalu ada diatas orang yang bekerja sebagai karyawan. Banyak sekali keuntungan serta waktu yang bisa Anda luangkan untuk orang-orang tercinta.

Langkah Awal Agar Jualan Online Laris Manis

Berbeda dengan mendaftar sebagai karyawan di suatu perusahaan, menjadi seorang wirausaha apalagi memulai bisnisnya dengan jualan online tidak memerlukan modal besar ataupun jenjang pendidikan tertentu. Yang dibutuhkan hanyalah kejelian dalam menentukan barang yang banyak diminati masyarakat.

Bagi Anda para pemula, tidak perlu khawatir dan menghabiskan banyak dana untuk mengikuti pelatihan wirausaha yang kini sudah banyak tersebar di Indonesia. Jika barang yang Anda jual banyak diminati masyarakat, sudah pasti Anda bisa melakukan jualan online yang laris.

Menentukan Produk yang Akan Dijual

Untuk para pemula biasanya akan mengalami kembimbangan untuk menentukan produk apa yang harus mereka jual agar barang mereka bisa laris manis dipasaran. Jangan asal menentukan produk, karena Anda juga harus mempertimbangkan apakah produk tersebut bisa dijual dan dimana Anda bisa mencari supplier produk Anda. Jadikan 5 syarat dibawah ini untuk menentukan barang jualan online yang laris.

  1. Ukuran tidak terlalu besar. Berat dibawah 3kg. Kenapa begitu ? Dengan menjual produk yang ukurannya tidak terlalu besar maka tidak akan membuat repot ketika harus dilakukan pengiriman atau penyimpanan barang. Sebagai referensi, Anda bisa mengambil produk digital untuk dijadikan produk pertama bagi para pebisnis pemula.
  2. Jual dengan harga merakyat. Gunakan patokan mulai dari Rp70.000 sampai Rp1.000.000,- an saja. Barang yang paling diminati di online shop adalah barang yang dijual dengan harga tidak terlalu rendah maupun tidak terlalu tinggi. Barang yang dijual dengan harga terlalu murah akan menyulitkan Anda mendapatkan keuntungan, dan membuat masyarakat berpikir 2 kali karena meragukan kualitasnya. Namun jika terlalu tinggi juga akan membuat masyarakat mencari barang kompetitif yang harganya lebih murah.
  3. Spesifikasikan produk atau target sasaran. Barang yang akan Anda jual harus mempunyai target. Misalnya saja Anda ingin menjual makanan. Maka dari situ Anda harus mulai menentukan terlebih dahulu makanan tersebut dispesifikasikan untuk siapa. Anak-anak, pekerja kantoran, atau anak kuliahan. Hal ini akan membuat jualan Anda akan lebih spesifik.
  4. Tidak dijual di swalayan atau minimarket. Untuk menjadi jualan online yang laris Anda memang harus menjual barang yang tidak mudah ditemukan masyarakat umum. Misalnya saja produk yang Anda jual tidak ada di minimarket dan swalayan yang identik kualitasnya sudah bisa dipercaya banyak orang. Carilah produk yang lebih unik dan jarang ditemukan di toko-toko biasa. Atau kalau bisa Anda menjual produk yang bisa menjadi ciri khas dari toko online Anda.
  5. Syarat terakhir adalah tidak menjual produk yang KW. Bagi Anda yang memang hanya sekedar iseng ingin menjadi penjual barang, mungkin tidak masalah menjual produk KW atau produk tiruan dari toko lain. Namun jika Anda sudah berniat menjadi situs jualan online paling laris dalam jangka panjang, maka sebaiknya hindari hal tersebut. Produk KW hanya akan menyusahkan diri dan toko Anda sendiri.

Melakukan Evaluasi Kelayakan Produk

Sebagai seorang wirausaha yang ingin jualan online yang laris, Anda harus menempatkan diri Anda sebagai “Penjual” dan juga “Pembeli”. Anda tidak boleh menganggap produk tersebut hanya dari sisi penjual saja yang mungkin menganggap barang tersebut unik. Namun Anda juga harus punya pikiran “Ada yang mau beli tidak ya?”. Kebanyakan seorang penjual online gagal di tahap tersebut. Mereka kurang matang dalam mengevaluasi produk sebelum dijual ke khalayak.

Produk yang harus Anda jual tidak cukup hanya berpatokan dengan barang yang lagi booming di online shop, melainkan Anda juga harus mempertimbangkan apakah produk Anda banyak dibutuhkan khalayak? Untuk bisa mengevaluasi barang secara maksimal sebelum dijual, lakukan 3 langkah berikut.

  1. Tanyakan langsung kepada teman-teman Anda. Bisa secara langsung, bisa lewat media sosial yang Anda punya. Mulailah memperkenalkan, dan tanyakan apakah mereka mau beli produk Anda jika memang barang tersebut dijual? Atau bisa mulai di post di Instagram atau Facebook dan tanyakan bagaimana pendapat mereka.
  2. Lakukan riset di toko-toko online. Tidak mudah jualan online yang laris, namun setidaknya Anda bisa mulai melihat produk serupa yang ingin Anda jual di banyak toko-toko online. Perhatikan grafik jualannya, apakah laku keras atau tidak.
  3. Tren pasar sepanjang masa. Jangan jual produk yang sekiranya hanya booming sementara saja. Lalu dalam jangka 1 sampai 5 bulan penjualan Anda mulai menurun lagi karena tren pasar sudah berbeda. Namun jualah barang yang sekiranya tren pasar sasarannya laku sepanjang masa.

Semua cara diatas tidak akan berjalan dengan lancar jika Anda tidak memulai jualan dan terus menundanya. Seorang pebisnis tidak akan takut akan kegagalan. Jadi semua barang jualan online yang laris tidak akan berhasil jika tidak Anda mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk update dengan berita-berita terbaru seputar e-commerce di Indonesia.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email