Cara Membuat Infografis Untuk Website Anda

Cara Membuat infografis Untuk Website Anda

Pernah kah Anda membuat konten infografis untuk website Anda? Jika belum pernah, maka artikel kali ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba membuat konten berbentuk infografis untuk website Anda menjadi lebih menarik lagi. Dengan begitu jumlah pengunjung terhadap website Anda pun juga ikut meningkat.

Menyenangkan bukan? Yuk simak cara membuat konten infografis untuk website berikut ini.

Apa itu infografis?

Apabila Anda seorang internet marketer, Anda mungkin akan menyadari betapa sangat membatunya infografis untuk meningkatkan traffic website Anda. Namun, masih banyak yang belum memahami apa itu infografis, infografis merupakan visual yang berbetuk grafis berisi data, informasi serta pengetahuan yang bertujuan untuk menyajikan data atau informasi yang koplek menjadi format mudah dimengerti semua orang. Biasanya konten infografis diposting pada website, blog serta artikel yang diupload ke dalam website atau juga biasa menyebar secara viral.

Pada dasarnya otak manusia mampu memproses visual data sebanyak 60 ribu kali lebih cepat jika dibandingkan dengan teks. Oleh karena itu, hal tersebut membuat manusia lebih terbiasa dalam memproses konten visual dari pada konten tertulis. Konten infografis dirancang agar cepat diserap sehingga memiliki efek yang panjang jika dibandingkan dengan artikel biasa.

Website untuk membuat konten infografis

Untuk lebih lanjut, apabila Anda tertarik untuk membuat konten berbentuk infografis namun tidak mempunyai latar belakang sebagai desain grafis. Saat ini sudah banyak website yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten unik ini dengan cukup mudah dan pastinya gratis.

Meskipun banyak website yang menyediakan aplikasi gratis secara online bagi pemula yang ingin menggunakan infografis, untuk yang offline Anda dapat menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop dan Indesign.

Simak berikut aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat infografis, diantaranya;

  • 1. Venngage

    Pada aplikasi onlie pertama ini merupakan aplikasi yang menyediakan beberapa pilihan jenis grafis yang dibutuhkan. Disini terdapat berbagai template seperti poster, promosi, laporan dan yang pasti memenuhi kriteria sebagai konten yang infografis. Venngage merupakan salah satu aplikasi online yang mudah digunakan bagi pemula yang masih awam tentang konten ini namun ingin membuat design yang menarik untuk website menjadi lebih menarik, karena dengan menggunakan aplikasi online ini anda hanya perlu memilih template yang sudah tersedia pada aplikasi kemudian menggantinya sesuai kebutuhan yang anda inginkan.
    Berikut ini cara menggunakan Venngage;

    1. Pilih menu kemudia pilih model infografis yang diinginkan. Karena terdapat berbagai model yang tersedia diantaranya seperti, process, timeline, informational, statistical, comparison, geographic, tutorial and charts.
    2. Setelah anda memilih model yang anda inginkan, kemudia akan muncul berbagai pilihan template yang tersedia, pilih template yang anda inginkan lalu klik create.
    3. Bagi anda yang mengaakses aplikasi sebagai free member hanya dapat memilih template yanh tidak ada keterangan premium atau business nya.
    4. Selanjutnya lembar kerja anda akan muncul. Anda dapat mengganti teks maupun objek yang dibutuhkan, apabila anda ingin menambahkan objek pada template, klik menu icon atau image kemudian tentukan objek yang dibutuhkan tersebut.
    5. Apabila sudah selesai mendesign, anda dapat mendownload hasil karya anda dengan cara klik download pada bagian kanan atas.
  • 2. Canva

    Canva merupakan sebuah suatu aplikasi online yang juga cukup mudah digunakan untuk membuat berbagai jenis grafis. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat brosur hingga untuk keperluan presentasi. Sama seperti aplikasi lainnya, pada Canva juga tersedia icons, fonts, image serta berbagi fitur yang dapat dipilih.

    Menggunakan Canva sangat mempermudah Anda dalam proses pembuatan konten infografis karena pada aplikasi online yang satu ini juga tak kalah menyediakan berbagai jenis template, desain serta fonts yang dapat digunakan.

    Langsung saja cara membuat infografis menggunakan Canva, yaitu:

    1. Buka aplikasi online Canva atau Canva.com.
    2. Kemudian klik tombol start designing an infographic.
    3. Bagi pengguna baru, Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu atau juga bisa login menggunakan akun facebook bagi yang sudah memiliki facebook.
    4. Apabila sudah selesai melakukan pendaftaran akun, selanjutnya anda dapat memilih template yang akan Anda gunakan.
    5. Anda dapat mengganti tulisan pada template yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
    6. Jika ingin mengatur tulisan pada template, klik tulisan tersebut kemudian atur tampilan serta ukuran yang Anda butuhkan.
    7. Untuk Anda yang ingin menambahkan tulisan pada template, klik text pada bagian sisi kiri halaman. Kemudian pilih jenis teks yang dibutuhkan dan letakkan teks tersebut sesuai keinginan Anda.
    8. Apabila sudah selesai membuat desain, Anda dapat mendownloadnya dengan cara klik tombol download pada bagian atas dari halaman tersebut.
  • 3. Piktochart

    Piktochart juga merupakan aplikasi online untuk membuat konten infografis berbasis website yang memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengalaman dalam hal mendesign grafis. Pada aplikasi Piktochart Anda juga diharuskan untuk login terleh dahulu atau Anda juga bisa login melalui akun facebook atau Gmail yang anda miliki.

    Berikut cara membuat desain infografis menggunakan Piktochart yang dapat Anda ikuti:

    1. Setalah login, kemudian kamu langsung dapat memilih menu presentasi yang Anda inginkan pada dasboard yang tersedia disebalah kiri.
    2. Pilih template yang Anda butuhkan, kemudian lakukan preview sebelum menggunakan. Dan Anda dapat mengedit tulisan serta isi dari template sesuai dengan yang anda butuhkan.
    3. Apabila bagi Anda yang ingin membuat kreasi template anda sendiri, Anda bisa memilih bagian blank presentation kemudian edit serta kreasikan sesuai ide yang Anda miliki pada tools yang tersedia di sebelah kiri.
    4. Setalah semuanya selesai pengeditan atau pembuatan konten infografis anda, kemudian pada tahap akhir Anda dapat menyimpan karya Anda tersebut dengan Klik tombol download pada sebelah kana atas halaman.

Demikian beberapa aplikasi online berbasis website yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain konten infografis bagi yang ingin melalui desain template yang instan. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lainnya yang dapat dimanfaatkan diantaranya Visualize, Easelly, Infogram dan masih banyak lainnya.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email