Cara Membangun Relasi dengan Pembeli

Cara Membangun Relasi dengan Pembeli

Menjalankan sebuah bisnis memang banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu membangun relasi atau hubungan baik dengan pembeli. Menurut survey bila mampu membangun relasi dengan pembeli, maka bisnis akan semakin kuat dan laris dibeli. Relasi yang tinggi akan membangun kepercayaan pelanggan untuk membeli produk pada Anda. Kepercayaan pelanggan tersebut tidak akan hilang sampai kapanpun.

Pelanggan merupakan aset paling berharga bagi perusahaan. Mengapa dikatakan begitu? Karena tanpa adanya pelanggan, perusahaan maupun bisnis tidak bisa berkembang. Semakin banyak pelanggan yang datang membeli produk bisnis, maka dapat membuat bisnis makin meningkat dan maju. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat membangun relasi dengan pelanggan agar mereka tetap setia membeli produk.

Dalam membangun relasi bisa dikatakan mudah dan tidak mudah. Mudah itu karena tergantung dari diri Anda, strategi yang digunakan sudah tepat atau tidak. Buatlah strategi membangun relasi agar dapat berhubungan baik dengan pelanggan.

Membangun relasi dikatakan tidak mudah karena persaingan bisnis sekarang sudah ketat. Intinya, para pebisnis sekarang saling memperebutkan pelanggan untuk memajukan usahanya masing-masing.

Tips Membangun Relasi yang Cepat

Bagaimana cara membangun relasi dengan pelanggan? Bagi pebisnis yang belum memahami tentang caranya membangun relasi pelanggan pasti sangat sulit. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membangun relasi dengan cepat.

Tidak perlu mencari informasi tentang membangun relasi terlalu jauh, karena Anda bisa melihat tips membangun relasi yang cepat pada berikut ini.

  1. Selalu ada untuk pembeli

    Relasi dapat dibangun dengan pelayanan yang siap siaga. Tidak susah dalam membangun pelayanan seperti hal tersebut, Anda cukup memprioritaskan pembeli supaya mereka puas terhadap produk dan pelayanan yang diberikan.
    Kapanpun Anda diperlukan oleh pembeli, maka Anda harus melayaninya. Dalam bisnis saat ini semua dijalankan serba online. Jadi, Anda dapat memberikan pelayanan online selama 24 jam kapanpun pelanggan memerlukan bantuan. Misalkan Anda tidak memiliki waktu untuk melayani pembeli, maka Anda harus menunjuk salah satu karyawan untuk menggantikan.

  2. Informasikan kepada pelanggan tentang produk baru

    Dalam waktu yang ditentukan perusahaan atau bisnis, Anda pasti mengeluarkan produk baru. Kesempatan bagus untuk membangun relasi dengan memberikan informasi mengenai produk baru tersebut kepada pelanggan.
    Informasi dapat diberikan melalui pengiriman email atau langsung ke media sosial bisnis. Tuliskan deskripsi produk baru secara detail agar pelanggan dapat mengetahui kelebihan dari produk. Anda juga dapat menuliskan harga produk supaya pelanggan bisa melihatnya.

  3. Lebih mengenali pelanggan secara pribadi

    Pelanggan yang sering membeli produk setiap minggu atau setiap bulan merupakan aset penting. Anda harus mengenal pelanggan tersebut lebih pribadi lagi, karena mereka sudah percaya dengan produk Anda. Setidaknya beri mereka reward berupa lebih dekat dengan owner.
    Proses pengenalan pelanggan secara pribadi bisa dalam bentuk membalas komentar pelanggan, saling memberikan like pada postingan sosial media, bahkan, Anda bisa melakukan sharing dengan pelanggan tentang produk baru Anda. Pelanggan bisa memberikan masukan terhadap produk yang diinginkan. Hal ini akan membuat relasi dengan pelanggan semakin bagus.

  4. Membuat acara khusus

    Sekali-kali Anda dapat membuat acara khusus yang bisa didatangi oleh pelanggan, supaya relasi dengan pelanggan makin kuat. Salah satu acara yang bisa diadakan yaitu launching produk baru. Buatlah acara pengenalan produk secara langsung pada pelanggan, karena hal tersebut sangat efektif dalam membangun relasi. Pastikan untuk mengundang semua pelanggan untuk hadir dalam acara tersebut.
    Mengadakan acara launching produk baru, bukan berarti menghabiskan uang untuk mengadakan pergelaran saja namun disisi lain Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Anda juga bisa lebih dekat dengan para pelanggan, sehingga mereka lebih percaya lagi untuk melakukan pembelian produk baru.

  5. Memberikan hadiah kepada para pelanggan

    Hubungan relasi dengan pelanggan dapat meningkat pesat bila Anda sering memberikan reward berupa hadiah. Tidak perlu memberikan hadiah yang mahal, paling penting beri hadiah sederhana namun dapat menyentuh hati mereka. Salah satu hadiah yang dapat digunakan yaitu gantungan kunci. Meski kecil tetapi gantungan kunci ini biasa dibawa kemana-mana oleh pelanggan, sehingga mereka dapat mengingat Anda.
    Bila Anda tidak ingin menggunakan gantungan kunci, maka ada beberapa bentuk reward lainnya yang dapat diberikan kepada pelanggan. Contohnya seperti souvenir, kaos, mug cantik, dan masih banyak lagi lainnya. Pemberian hadiah ini mampu menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka semakin dekat dengan Anda.

Membangun relasi dengan pembeli sangat mudah bukan? Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membangun relasi, cukup dengan mendekatkan diri kepada pelanggan saja Anda sudah bisa membangun relasi yang kuat. Sebenarnya, relasi dengan pembeli ini dibangun secara perlahan. Tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga Anda harus sabar dalam membangun sebuah relasi.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email