Cara Membangun 8 Persona untuk Mengoptimalkan Fokus Pemasaran Online

Cara Membangun 8 Persona untuk Mengoptimalkan Fokus Pemasaran Online

Dunia perdagangan online menjadi salah satu hal yang bisa kita temukan dengan cukup mudah pada masa kini. Hal ini pun menjadi salah satu bagian dari kehidupan. Dengan adanya perdagangan online, proses jual beli bisa berlangsung secara efisien.

Kita pun tak bisa menutup mata bahwa perdagangan online menjadi satu hal yang banyak diminati. Oleh karena itu, tak heran jika hal yang satu ini juga sering dicari oleh banyak orang. Mereka bisa membeli barang secara efisien tanpa harus datang langsung ke tokonya.

Pentingkah membangun persona dalam dunia bisnis online?

Sangat penting membangun persona di dalam dunia bisnis online. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapat konsumen. Jika persona yang Anda tampilkan bagus, maka hal ini bisa menunjang citra baik Anda. Dengan demikian, para konsumen pun akan membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Memang membangun persona itu tidak selalu mudah. Akan tetapi, jika Anda bisa ulet dan konsisten dalam melakukannya, persona ini akan terbentuk. Pastikan juga bahwa persona yang Anda bentuk tak berlebihan. Persona yang berlebihan bisa membuat para konsumen merasa aneh, sehingga minat mereka terhadap suatu produk pun akan berkurang.

Cara Membangun Persona untuk Mengoptimalkan Fokus Pemasaran Online

Jika Anda juga merupakan salah satu di antara pebisnis online yang ingin fokus pada pemasaran bisa lebih optimal, maka ada persona yang perlu dibentuk. Hal ini bukan berarti untuk mengelabui pembeli. Hanya saja, persona juga perlu untuk bisa membantu Anda dalam memasarkan produk tertentu dengan nilai baik yang akan menjadi citra konsumen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun persona tersebut. Beberapa diantaranya seperti berikut ini.

  1. Membuat sosial media yang bagus

    Sosial media menjadi salah satu sarana untuk menjual produk secara online kepada para konsumen. Oleh karena itu, tampilan sosial media yang bagus akan membentuk persona untuk menarik perhatian konsumen. Akan tetapi, pembuatan sosial media yang bagus ini tak mengandung unsur penipuan yang dianggap merugikan.

  2. Tingkatkan rasa percaya konsumen

    Persona yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah meningkatkan rasa percaya konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik. Pada umumnya konsumen menyukai pelayanan yang ramah, cepat, dan tepat. Hal ini akan membuat mereka merasa nyaman dan berminat membeli produk Anda.

  3. Perhatikan content marketing

    Sebuah brand bisa Anda tawarkan dengan adanya content marketing yang menarik. Itu berarti, di sini dibutuhkan artikel yang dibuat secara relevan, memiliki nilai, dan menarik. Tujuannya untuk memberi informasi kepada calon konsumen yang mana selanjutnya akan dibeli oleh mereka.

  4. Buat video marketing

    Hal yang tak kalah menarik untuk membangun persona pada dunia bisnis adalah dengan membuat video marketing. Hal ini bisa menjadi salah satu trik pemasaran yang paling diminati pada masa kini. Gunakan konsep menarik yang juga didukung oleh audio visual yang bagus.

  5. Gunakan influencer marketing

    Anda bisa menggunakan influencer marketing atau orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan berpengaruh terhadap pengikutnya. Misalnya saja seperti youtuber, vlogger, selebgram, dan sebagainya. Biasanya mereka akan dipercaya, sehingga akan memengaruhi pengikutnya untuk membeli produk Anda.

  6. Membuat event marketing

    Mengadakan event marketing bisa membangun persona pada fokus pemasaran bisnis online Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara launching produk terbaru atau bisa juga promosi melalui seminar. Kegiatan ini akan membantu konsumen melihat dan mengenakan produk yang Anda tawarkan secara langsung.

  7. Sesekali berikan hadiah

    Hadiah adalah salah satu daya tarik tersendiri yang bisa Anda coba di dalam memasarkan suatu produk secara online. Anda bisa memberikan hadiah pada saat tertentu. Hal ini nantinya akan membangun citra positif, sehingga konsumen akan tertarik membeli produk Anda.

  8. Jadi sponsor

    Sesekali, menjadi sponsor dalam acara tertentu itu penting. Hal ini bisa Anda lakukan untuk membangun persona di dalam dunia pemasaran produk secara online. Dengan menjadi sponsor, maka nilai jual produk Anda di mata konsumen pun bisa bertambah dan mendapat kesan positif.

Tiap pebisnis online pasti ingin produk yang ditawarkan laku keras di pasaran. Hal ini menjadi sesuatu yang wajar. Sama dengan para pedagang lain, pebisnis online pun akan melakukan banyak hal yang sekiranya akan sangat membantu mereka dalam menawarkan produk kepada calon konsumen agar mereka mau membeli atau menggunakannya.

Kita bahkan bisa menemukan para pebisnis online sampai melakukan sejumlah kiat yang menjadi andalan mereka, sehingga hal ini bisa sangat membantu kesuksesan. Para pebisnis online seolah saling berlomba untuk menjual produk mereka dengan berbagai macam cara. Hal ini berlaku terlebih untuk kompetitor mereka yang dianggap menjadi pesaing ketat.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email