Cara Memanfaatkan Harbolnas untuk Bisnis Online Anda
Harbolnas

Cara Memanfaatkan Harbolnas untuk Bisnis Online Anda

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Harbolnas kependekan dari Hari Belanja Online Nasional. Harbolnas sendiri adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan bermacam-macam e-commerce sebagai hari perayaan dan edukasi ke masyarakat secara luas bahwa belanja secara online pun mudah.

Sejarah Harbolnas

Harbolnas pertama kali diadakan pada tahun 2012. Terselenggaranya Harbolnas karena tergabungnya perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia dalam Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA). Perusahaan yang tergabung tersebut yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, BerryBenka dan Bukalapak. Sedangkan di negara Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang mereka sudah ada Harbolnas dengan sebutan Cyber Monday.

Cyber Monday diadakan di mana para penjual mengadakan promo dan diskon secara besar-besaranpada saat hari libur di Amerika Utara setelah memperingati syukuran panen akhir tahun atau biasa disebut dengan Thanksgiving Day.Cyber Monday terinspirasi dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah acara Thanksgiving Day.

Tujuan

Harbolnas yang diadakan hanya satu hari ini, bertujuan untuk
1. Sarana edukasi kepada masyarakat bahwa belanja bisa dilakukan dengan online
2. Transaksi pembelian online bisa dilakukan selama dua puluh empat jam
3. Transaksi dalam belanja online aman, nyaman dan bergaransi
4. Belanja online tinggal pesan lewat aplikasi dan tinggal menunggu barang datang
5. Pembayaran belanja online bisa dilakukan di tempat saat barang sudah datang
6. Memajukan industri e-commerce di Indonesia mulai dari penjual, pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik dan media
7. Memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online
8. Memperkenalkan macam-macam e-commerce

Diskon Besar-Besaran

Dalam Harbolnas, banyak e-commerce yang bergabung. Awalnya hanya ada tujuh e-commerce yang tergabung dalam kegiatan yang diadakan pada tahun 2012 ini. Pada tahun 2013 meningkat menjadi dua puluh dua e-commerce yang bergabung.

Pada tahun 2014 ada tujuh puluh delapan e-commerce yang turut andil untuk berpartisipasi. Di tahun 2015 meningkat menjadi 140 e-commerce yang siap meramaikan Harbolnas. Sedangkan di tahun 2016 meningkat menjadi 200 e-commerce yang bergabung.

Pada tahun 2017 ada 254 e-commerce yang bergabung. Sedangkan di tahun 2018 diikuti oleh 300 e-commerce. Harbolnas ternyata sudah 7 kali diadakan dan di tahun 2019 ini akan diselenggarakan yang ke-8.

Nah, pastinya di tahun 2019 dan tahun selanjutnya akan lebih banyak lagi e-commerce yang akan bergabung dalam Harbolnas. Selain itu pasti akan menawarkan promo, diskon, cashback lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya sebelum acara digelar. Bulan-bulan sebelumnya akan ada serangkaian acara yang juga menggelar diskon dan Harbolnas adalah sebagai puncak acara.

Di Harbolnas pastinya promo-promo yang ditawarkan lebih spesial dibandingkan promo-promo sebelumnya. Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun beberapa e-commerce yang ikut bergabung terus meningkat. Itu sebuah respon positif bahwa dunia bisnis online sangat dipercaya dan sudah menjadi pilihan banyak masyarakat.

Beberapa e-commerce yang sudah turut andil yaitu Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bukalapak, Bilna, Traveloka, Luxola, Persebaya Store, Elevenia, Luxatme, VIP Plaza, ShopBack, Shopee, Blibli, Ayopop, Ruparupa, Pegipegi, Fave, Zilingo, Sociolla, Booking.com, Matahari.com dan banyake-commerce lainnya yang turut bergabung juga dalam Harbolnas. Meskipun hanya satu hari, namun momen ini sangat dinantikan dan banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk meroketkan bisnis online.

Saat Harbolnas, diskon besar-besaran bertebaran di mana-mana. Terlebih saat Harbolnas sudah mendekati tanggalnya, pasti banyak para penjual online yang sudah siap-siap untuk memasang diskon lebih besar.

Sedangkan para pembeli juga sudah menyiapkan dana untuk memborong banyak kebutuhan dengan harga murah. Harbolnas biasa diadakan di akhir tahun dan merupakan acara puncak dari promo-promo.

Kegiatan ini tidak hanya menguntungkan bagi para penjual namun juga para pembeli. Jadi, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan dengan adanya Harbolnas tersebut.

Harbolnas tidak hanya melulu menyediakan kebutuhan berupa fashion. Namun lebih dari itu Harbolnas menyediakan banyak kebutuhan seperti elektronik, layanan travel, kecantikan, makanan, paket liburan, kebutuhan ibu dan anak dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan lain.

Tips aman berbelanja saat Harbolnas

Saat berbelanja pastinya ada kekhawatiran, jangan-jangan harga-harga sudah dinaikkan puluhan kali lipat terlebih dahulu atau ini hanya permainan pasar belaka.

Namun, ternyata ada web yang menampung aspirasi bila dalam belanja tersebut dicurigai hanyalah tipu-tipu. Bisa melaporkan ke www.harbolnas.com. Bagi e-commerce yang dicurigai atau yang sudah dilaporkan oleh pembeli hanya melakukan tipu-tipu pada harga bisa dikasih sanksi untuk tidak masuk daftar kembali saat Harbolnas. Hal tersebut supaya ada efek jera dan nama e-commerce tersebut menjadi backlist tersediri bagi para pembeli.

Pastinya saat berbelanja di Harbolnas inginnya aman dan nyaman. Ada beberapa tips dalam berbelanja antara lain

  1. Baca review tentang produk tersebut, pastikan banyak review positifnya. Jadi, jangan langsung klik deal untuk membeli. Pastikan e-commerce tersebut memang benar-benar mempunyai reputasi yang baik dari segi barang, pelayanan dan pengiriman barangnya.
  2. Nunggu jam 12 malam. Karena biasanya akan dapat harga paling bagus di jam-jam tersebut.

Inilah trik bagi para pembeli untuk bisa mendapatkan harga dengan seminimal mungkin, namun barang yang dibeli kualitasnya bagus. Sudah saatnya menjadi pembeli yang teliti.

Selamat menantikan Harbolnas. Happy Shopping.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?