Berbisnis layanan white label

Berbisnis layanan white label

Mengenal bisnis layanan white label, Pernahkah Anda berbelanja disuatu supermarket, indomaret atau alfamart kemudian menemukan beberapa produk-produk seperti, makanan, jajanan, minuman, tissue, gula, dan berbagai produk lainnya menggunakan label atau merek dari supermarket tersebut?

Apakah mungkin supermarket tersebut memproduksi produk tersebut sendiri atau bagaimana cara kerjanya?

Lalu apa hubungannya dengan layanan white label?

Sebelum menguraikan kasus pada tulisan diatas, mari kita simak terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bisnis layanan white label yang sering kita dengar. Meskipun belum banyak yang mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan bisnis white label tetapi sering menjumpai kasusnya tanpa menyadari bahwa hal tersebut merupakan layanan white label.

layanan white label merupakan layanan yang berbasis bisnis, dengan cara memiliki suatu produk tetapi tanpa adanya label kemudian menyalurkan produk tersebut kepada suatu perusahaan untuk memberi merk pada produk atau jasa tertentu yang sebetulnya dihasilkan oleh perusahaan tertentu atau perusahaan lain.

Pada awalnya suatu perusahaan yang memproduksi suatu produk atau jasa dalam jumlah besar kemudian tanpa memberikan merk pada produk atau jasa tersebut yang dibuatnya. Produk tersebut kemudian dijual atau ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki nama dengan merek mereka masing masing.

Dalam arti kata, supermarket, indomaret, alfamart yang sering kita jumpai selama ini menjual produk-produk dengan menggunakan mereka sendiri merupakan melalui layanan white label.

Proses bisnis layanan white label

Proses bisnis pada layanan white label ini sudah banyak dilakukan dari dulu khususnya pada produk-produk elektronik. Banyaknya produk elektronik yang beredar saat ini merupakan produk yang berasal dari negara Cina yang diimporkan ke
Indonesia. Produk Cina yang diimpor tersebut kemudian diberi merek lokal. Sehingga membuat produk tersebut terkesan sebagai produk dari buatan lokal yang sebenarnya hanya hasil impor dari negara luar yaitu Cina.

Tak kalah dengan penjualan produk elektronik, layanan white label juga banyak dilakukan bagi perusahaan hosting dengan menggunakan sistem reseller. Para sistem reseller kemudian akan mengiklankan produk mereka tetapi dengan menyembunyikan siapa induk dari perusahaannya tersebut.

Contoh lainnya seperti, perusahaan A memproduksi kopi tetapi tanpa merek atau biasa disebut dengan layanan white label kemudian ditawarkan pada beberapa perusahaan untuk dipasarkan. Lalu perusahaan B dan C tertarik menjual produk kopi tersebut tetapi menggunakan merk perusahaan mereka sendiri. Para konsumen hanya akan mengetahui bahwa kopi tersebut merupakan kopi buatan dari perusahaan B dan C. Walaupun kenyataan nya kopi tersebut diproduksi oleh perusahaan A.

Pada layanan white label tidak ada batasan serta kontrak yang terikat jadi bebas untuk dijual kepada siapapun dan sebanyak apapun. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki layanan white label karena satu produk dapat dijual secara bersamaan menjadi beberapa merk. Dalam kasus ini, perusahaan A hanya perlu memperhatikan nilai mutu produk sesuai pada standar pembeli tunggal.

Kekurangan pada bisnis layanan white label

Disamping keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan layanan white label karena hanya tinggal memproduksi tetapi produk yang diproduksi bebas tesebar dibeberapa merk serta menjadi meningkatnya jumlah produksi. Karena semakin banyak perusahaan yang menawarkan untuk menjual produk tersebut meskipun dengan merk nya tersendiri maka akan semakin banyak pula produk yang dapat dihasilkan.
Namun layanan white label juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • 1. Menjadi tidak istimewa

    Sebagai contoh pada ilustrasi penjualan kopi diatas, Perusahaan A dapat menjual produk kopi dalam skala yang besar tetapi bagi konsumen yang menggunakan produk tersebut dari perusahaan B dan C tetap akan merasakan produk yang sama dengan tidak ada yang membedakan dari produk tersebut meskipun yang berbeda hanya mereknya.
    Karena pada dasarnya layanan white label bertujuan untuk memproduksi dan menjual produk dalam skala atau jumlah yang besar bukan sebagai branding.

  • 2. Memungkinkan Pelayanan yang buruk

    Kenapa disebut memungkinkan adanya pelayanan yang buruk? Karena pada layanan white label apabila ada yang bermasalah dari kopi yang diproduksi dari merk suatu perusahaan maka yang akan terkena dampak namanya buruk adalah perusahaan bersangkutan yang memiliki merk tersebut, konsumen tidak akan tau jika produk tersebut sebenarnya bukan berasal dari perusahaan yang memiliki merk tersebut.

  • 3. Persaingan harga yang tidak sehat

    Pada layanan white label, dengan produk yang sama tetapi merk yang berbeda akan membuat harga setiap perusahaan relatif tidak sama. Akan sering terjadi perang harga pada setiap perusahaan berbeda dengan barang yang itu-itu juga. Oleh karena itu, ketika pasar perlahan mulai jenuh dengan produk tersebut membuat harga juga lama kelamaan akan semakin kompetitif pada setiap perusahaan untuk suatu hasil produk sama

  • 4. Tidak adanya loyalitas dari konsumen

    Karena tidak adanya branding khusus pada produk yang dipasarkan bebrapa perusahaan yang memasarkan produk yang sama dengan merk berbeda tersebut, maka tidak akan pernah ada yang namanya konsumen akan benar benar setia dan jatuh hati pada produk tersebut. Berkaitan pada persaingan harga yang tidak sehat sebelumnya, layanan white label sebenarnya merugikan karena pada dasarnya biasanya konsumen membeli suatu produk dengan pertimbangan mana produk dengan harga yang lebih murah. Produk sama tetapi harga lebih murah, kenapa tidak? Maka jangan heran kita akan sering kehilangan konsumen karena konsumen pindah ke lain hati atau beralih kepada produk yang menurutnya lebih murah

Jadi bagaimana? Tertarik kah mencoba layanan white label? Atau justru malah ingin memproduksi produk sendiri kemudian memasarkannya sendiri. Semua tergantung Anda! Oleh karena itu carilah ilmu terlebih dahulu sebelum memulai bisnis agar menguntungkan. Selamat mencoba!

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email