Berbagai Strategi Pemasaran Instagram

Berbagai Strategi Pemasaran Instagram

Instagram adalah sebuah media sosial yang sangat terkenal akhir-akhir ini. Penggunanya sangat banyak di dunia. Pengguna Instagram sendiri di Indonesia termasuk pada urutan 3 besar dunia. Hampir setiap orang memiliki akun yang sedang menjadi trend masyarakat saat ini, bukan hanya orang tua tetapi juga anak kecil.

Dengan semakin ramainya pengguna akun Instagram, banyak pengguna yang memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan yakni dengan melalui penjualan online menggunakan sosial media ini.

Bagi para pebisnis yang sudah handal akan dengan mudahnya mengoperasikan Instagramnya melalui gadget yang dimiliki untuk menghasilkan laba yang besar. Namun bagi para pemula hendaknya menggunakan strategi pemasaran Instagram untuk bisa memulai bisnis dan meningkatkan cara pemasaran produk mereka.

Bagaimana Strategi Pemasaran Instagram untuk Mengoptimalkan Bisnis?

Strategi adalah sebuah trik khusus yang dilakukan guna meningkatkan dan mengoptimalkan suatu pekerjaan atau aktivitas. Adapun strategi pemasaran adalah trik khusus yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk yang akan dipasarkan.

Sehingga strategi pemasaran Instagram diartikan sebagai trik yang dilakukan untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial Instagram. Perlu sekali memahami dan mempraktikkan strategi pemasaran Instagram sebagai berikut :

  1. Strategi pemasaran Instagram, Mencantumkan username dan bio yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan

    Strategi pemasaran Instagram yang paling mendasar adalah dengan mencantumkan username dan bio yang disesuaikan dengan bisnis. Trik penting dalam mengisi bio pendek adalah dengan penjelasan terkait bisnis dengan menyertakan branded hashtag.
    Branded hashtag sangat membantu pebisnis untuk melakukan iklan, promosi, lanching produk, acara-acara, pemberian kuis menarik, dan hal lain sebagainya.

  2. Mengatur foto profil Instagram

    Pengaturan terkait foto profil Instagram juga masuk pada strategi pemasaran Instagram. Hal ini dikarenakan mengingat bentuk profile photos pada Instagram adalah berbentuk lingkaran, maka tentunya disarankan untuk mengatur poto profil dengan ukuran diameter sepanjang 110 centimeter.

  3. Mengikuti akun-akun Instagram yang lain

    Akun-akun Instagram yang bisa diikuti adalah akun bisnis yang relevan serta influencer pada industri. Strategi pemasaran Instagram yang bisa dilakukan adalah dengan menuliskan hashtag pada industri akun pebisnis. Kemudian ikut berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun.
    Selain itu, bisa juga melakukan cross-promotion yang artinya mempromosikan username Instagramnya pada sosial media lain yang dimiliki, semisal Whatsapp, Facebook, Line, dan sebagainya.

  4. Memanajemen Instagram presence yang dimiliki

    Presence Instagram bisa dipertahankan demi kesuksesan bisnis. Hal ini hendaknya diatur dengan aktif di sosial media tersebut. Aktif dalam menawarkan produk yang dipasarkan yang meliputi gambar, video maupun real pict nya.
    Strategi pemasaran Instagram yang penting dalam hal ini adalah melakukan promosi produk secara konsisten berapa jam sekali atau sehari sekali atau waktu-waktu yang tepat. Jika promosi dilakukan secara sering maka akan membuat bosan para calon pembeli, selain itu hanya akan dilewatkan tanpa dibaca.

  5. Melakukan pengaturan objektif bisnis Instagram yang dijalankan

    Objektif bisnis Instagram yang dilakukan oleh pebisnis harus diatur untuk apa tujuannya. Strategi pemasaran Instagram yang terpenting adalah diatur untuk ditujukan pada peningkatan penjualan, peningkatan traffic, brand awwarnes, kepuasan pelanggan, serta pembangunan hubungan dengan para influencers.

Untuk mampu mempraktikkan berbagai strategi pemasaran Instagram seperti hal di atas, maka diperlukan adanya kekreatifan dari pebisnis. Kreatif adalah hal utama dalam melakukan penjualan.

Bagaimana Cara Agar Bisa Kreatif?

Agar pemasaran dengan konten menjadi kreatif maka dibutuhkan beberapa hal penting di samping strategi pemasaran Instagram. Hal-hal penting yang sangat perlu diperhatikan adalah :

  1. Membuat konten menarik yakni dengan langkah mengambil gambar, setelah itu difilter selanjutnya baru dipost.
  2. Membuat konten yang memikat dengan memperhatikan caption. Caption yang berarti keterangan dapat berfungsi memperluas gambar serta memberikan penjelasan produk secara menarik dan interaktif.
  3. Menggunakan foto serta video albums.
  4. Memanfaatkan Instagram story untuk menawarkan produk-produknya.
  5. Melakukan kontak atau kerjasama yang aktif dengan para influencers.

Dengan demikian, maka akan dihasilkan Instagram bisnis yang akan menarik perhatian para customer maupun calon pembeli. Selain itu bisa juga melakukan langkah kreatif yang lain berupa paid promote, atau endorse selebgram dan hal kreatif lain yang mampu mendongkrak konsumen produk untuk tertarik membelinya.

Dalam melakukan pemasaran Instagram hendaknya tetap memperhatikan berbagai hal yang menjadi seringkali kesalahan fatal dalam prosesnya. Hal itu antara lain: membeli followers, gagal memaksimalkan jumlah followers yang banyak, melakukan promosi secara berlebihan tidak memperhatikan jangka waktu.

Selain itu kesalahan yang sering terjadi pula adalah tidak fokus terhadap kualitas konten yang dipromosikan, serta tidak berusaha untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan Instagram stories.

Jika beberapa hal yang menjadi kesalahan tersebut dihindari dan melakukan strategi pemasaran Instagram secara tepat maka bisnis akan berjalan optimal.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email