Beli Domain untuk Berbisnis dan Investasi

Beli Domain untuk Berbisnis dan Investasi

Jual beli domain merupakan salah satu dari peluang bisnis yang terbuka lebar bagi para pebisnis karena pada zaman sekarang ini sudah banyak peluang bisnis yang dapat kita ciptakan tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain disekitarnya. Melihat bagaimana perdagangan pada dunia online atau melalui internet semakin hari semakin berkembang pesat, salah satunya melalui website dan blog bahkan tak jarang berbisnis dengan menggunakan hosting serta domainnya.

Tidak sedikit para pebisnis website berlomba-lomba menciptakan konten yang menarik untuk websitenya. Karena dengan memiliki konten yang menarik serta nama Domain yang unik akan membuat website Anda memiliki peluang dalam memperoleh peringkat teratas pada search engine. Hal tersebut berdampak terhadap perkembangan bisnis dalam hal jual beli domain yang unik juga sudah mulai banyak dilakukan oleh para pebisnis website.

Investasi online? Mengapa tidak?

Bagi anda yang ingin memulai bisnis jual beli domain unik yang kemudian nantinya akan dibeli pada provider domain, Anda dapat menjual domain yang sudah Anda dapatkan tersebut kepada para pebisnis website yang sedang hecticnya melakukan branding pada bisnis online yang mereka miliki. Bisnis ini pasti nya akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mencoba karena jual beli domain diibaratkan dengan investasi yang kita lakukan pada dunia nyata seperti saham, emas, bank, properti dan lain lain. Hanya saja investasi ini dilakukan secara online.

Bill Gates pernah mengatakan bahwa nilai sebuah domain itu semakin hari akan semakin bertambah tinggi bahkan berkembang pesat lebih cepat dari pada produk investasi lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan bayangan mengenai bisnis jual beli domain unik dan potensi keuntungan yang akan didapatkan? Lalu apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Memulai Bisnis Jual Beli Domain Sendiri

Namun demikian, sebelum Anda terjun kedunia bisnis online yaitu jual beli domain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam menjalankan bisnis yang satu ini.

1. Pahami Dunia Website

Khususnya bagi para pemula yang ingin mencoba bisnis jual beli domain, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah harus menguasai bagaimana jalannya atau proses bisnis ini berjalan. Pelajari seluk beluk dunia website, terutama website yang populer. Dengan demikian Anda akan mengetahui bagaimana kebutuhan pasar terhadap domain.

Disisi lain Anda juga dapat melakukan penelitian bagaimana kondisi website orang lain yang sudah lebih dulu jauh berkembang. Dari masalah isi domainnya, kecepatannya serta bentuk dari domain websiteb tersebut yang perlu dipelajari. Kondisi seperti ini secara tidak langsung menuntut Anda agar tidak gagap terhadapat teknologi terutama dalam dunia bisnis online. Karena apabila Anda tidak fasih dalam menjalankan bisnis ini akan sangat berkemungkinan calaon cutomer akan kabur dan beralih ketempat lainnya dan itu akan sangat merugikan bukan?

2. Persiapkan Portofolio Domain Website Anda

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam jual beli domainadalah Portofolio. Dengan memiliki portofolio domain website yang Anda miliki maka calon customer akan memiliki gambaran jika ingin membeli domain dari Anda.

3. Riset Tren dan Perubahan Pasar

Perubahan serta perkembangan internet sangat cepat memaksa Anda harus tanggap dan tidak boleh lengah. Anda diharuskan untuk terus melakukan riset pasar, seperti apa saja yang sedang tren serta tren industri yang dapat membuat bisnis jual beli domain yang Anda miliki meskipun awalnya biasa bisa saja mendadak banyak diminati. Maka dari itu Anda diharuskan terus update agar tidak ketinggalan peluang yang ada. Apabila Anda terlambat sedikit saja, peluang akan sangat cepat berpindah kepada kompetitor Anda.

4. Memilih Level Domain yang Potensial

Yang dimaksud dalam memilih domain yang memiliki level yang berpontensial yaitu ketika mulai mencoba bisnis jual beli domain ini mulailah dengan membeli domain yang berekstensi .COM.
Mengapa demikian?

Karena domain ini merupakan yang paling populer dan pastinya banyak dicari oleh orang-orang diseluruh dunia. Dengan begitu peluang untuk sukses berinvestasi pada bisnis jual beli domain semakin terbuka lebar.Semakin banyak domain jenis ini Anda beli makan akan semakin besar juga peluang nama domain yang Anda jual dikenali oleh banyak investor.

5. Hati-Hati Dengan Domain yang Mengandung Trademark

Biasanya domain yang mengandung merek dagang atau Trademark merupakan Domain yang mampu meningkatkan minat investor dengan modal yang besar. Meskipun begitu, Anda tidak boleh langsung kalap mata karena masih ada resiko yang harus Anda hadapi ketika menggunakan strategi ini. Beli domain yang bersalah dari salah satu perusahaan ternama memang sangat memiliki banyangan untung yang sangat menggiurkan, tetapi disisi lain memungkin juga bagi Anda untuk tersandung dengan kasus hukum terkait pencurian merek dagang yang sudah terdaftar secara resmi. Perusahaan yang bersangkutan bisa saja mengklaim merek dagang yang sudah Anda miliki mirip atau sama dengan nama domain yang Anda daftarkan.

Meskipun memang tergolong cukup sedikit rumit dan membutuhkan skill serta pengetahuan yang cukup dalam menjalankan bisnis ini, bukan berarti mengurangi nyali Anda untuk mencoba bisnis ini bukan? Selamat mencoba.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email