analisa kompetitor

Bagaimana Cara Mengukur Kompetitor Online Anda?

Pada saat ini, bisnis online semakin besar dan persaingannya pun ketat sekali. Tidak hanya perusahaan besar saja yang melakukan persaingan bisnis online namun, bisnis kecil yang sudah menggunakan sistem online juga ikut bersaing. Setiap pelaku bisnis sekarang mencari berbagai cara untuk melakukan promosi bisnis onlinenya supaya diketahui oleh seluruh pelanggan di dunia maya.

Sebagai pebisnis online, pasti saat ini Anda memikirkan strategi khusus untuk membuat bisnis semakin maju. Mengingat banyaknya pesaing bisnis, membuat Anda semakin tidak percaya diri kalau bisnis yang dikembangkan dapat maju. Meski begitu, kata menyerah tidak boleh ada di dalam seorang pebisnis. Anda harus melakukan analisis kompetitor online supaya mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing bisnis Anda.

Cara Mengukur Kompetitor Bisnis Online

Mengukur kompetitor sering dilupakan oleh para pebisnis. Padahal, mengukur kompetitor bisnis online itu sangat bagus, karena Anda bisa mengetahui seberapa kekuatan yang dimiliki oleh pesaing dibandingkan dengan perusahan milik Anda. Melihat kompetitor online juga dapat mengetahui tentang eksistensi persaingan perusahaan dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur urutan posisi dari perusahaan itu sendiri.

Bagaimana cara mengukur kompetitor bisnis online? Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda gunakan:

  1. Mencari keyword

    Hal pertama yang bisa dilakukan, yaitu mencari kata kunci yang menyesuaikan dengan produk jualan Anda. Contohnya, Anda menggunakan kata kunci “sepatu safety”. Anda bisa mencari kombinasi keyword yang diinginkan pada keywordtool.io.
    Pada keywordtool.io, Anda bisa menuliskan kata kunci sepatu safety. Di sana akan muncul berbagai macam keyword yang sering dicari oleh konsumen dan telah digunakan oleh pebisnis lainnya. Contoh kata kunci yang sama dengan milik Anda, yaitu ada sepatu safety murah, sepatu safety Jakarta, sepatu safety Surabaya, dan masih banyak lagi lainnya.
    Anda hanya perlu memilih salah satu kata kunci saja yang paling berpotensi pada bisnis dan sering digunakan oleh pelaku internet.

  2. Search kompetitor secara langsung di search engine

    Setelah menetapkan kata kunci, maka Anda harus mengetahui siapa saja kompetitor bisnis Anda. Anda bisa mencari kompetitor di search engine terlebih dahulu. Pertama, seperti biasa Anda bisa menuliskan kata kunci pada search engine. Selesai melakukan pencarian, maka di halaman bagian depan Google akan ditampilkan beberapa perusahaan dan bisnis yang paling laris menjual sepatu safety.
    Lihat saja beberapa kompetitor Anda, ada yang berasal dari perusahaan besar bahkan, perusahaan tersebut menggunakan periklanan dari adwords. Tentu saja biaya iklan yang dibayar mahal sekali, setiap orang yang klik iklan, maka perusahaan harus siap membayar klik tersebut.

  3. Research kompetitor pada media sosial

    Saat ingin melihat kompetitor Anda di media sosial, maka media sosial utama yang harus Anda lihat adalah Facebook. Sebenarnya, ada media sosial lainnya namun, untuk saat ini pilih sosial media yang paling banyak digunakan.
    Anda bisa mengetahui pesaing di Facebook dengan mudah. Banyak yang menjual sepatu safety di Facebook, baik menggunakan akun pribadi maupun akun fanpage. Melihat kompetitor penjual sepatu safety bisa dilakukan dengan cara melihatnya pada mesin pencarian Facebook. Anda bisa menuliskan keyword sepatu safety pada kolom pencarian searching di Facebook.
    Dari hasil pencarian akan muncul beberapa penjual yang memasarkan produk safety yang sama. Ada akun pribadi sampai fanspage juga, bahkan dari mesin pencarian Anda dapat melihat berapa saja follower yang mengikuti akun pesaing bisnis.

  4. Research kompetitor pada aplikasi e-commerce

    Aplikasi e-commerce merupakan media promosi yang sangat efektif sekali untuk digunakan. Pada aplikasi tersebut, semua dapat dilakukan dengan baik meliputi perencanaan, pemetaan, promosi dan melihat kompetitor. Sama halnya dengan search kompetitor di media sosial, Anda bisa melihat kompetitor di aplikasi e-commerce dengan mencarinya juga di mesin pencarian.
    Lihat saja beberapa website bisnis online yang memiliki follower paling banyak. Anda bisa melihat website perusahaan tersebut dan yakin dapat membuat yang lebih baik lagi dari kompetitor.

Mencari kompetitor tidak begitu sulit bukan? Karena Anda dapat melakukannya dengan mudah. Mulai dari melakukan analisa dari Google, media sosial, hingga aplikasi e-commerce. Setiap orang dapat melakukannya.

Melakukan analisa mengenai kompetitor memberikan keuntungan bagi anda. Salah satunya yaitu dapat membuat usaha atau bisnis dengan produk lebih inovasi lagi dibandingkan lainnya. Adanya inovasi pada bisnis akan membuat promosi bisnis lebih dilirik oleh pelanggan. Hasilnya, pelanggan akan membeli produk dalam jumlah yang banyak.

Bagi pebisnis melakukan analisa kompetitor diperbolehkan saja namun, saat melakukan analisa Anda tidak boleh terlalu dalam, sehingga harus mencari kompetitor sebanyak-banyaknya. Hal ini tidak baik, karena Anda hanya fokus pada kompetitor saja tanpa memikirkan bisnis yang dijalankan. Setelah selesai menganalisa kompetitor, fokuslah pada strategi pengembangan bisnis agar semakin maju.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email