Channel Paling Populer Menghasilkan Uang, Simak Cara Memasang Iklan di YouTube 2020
Bagaimana Cara Memasang Iklan di Youtube

Channel Paling Populer Menghasilkan Uang, Simak Cara Memasang Iklan di YouTube 2020

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Berdasarkan survei Katadata (2019), YouTube menjadi media sosial yang menduduki urutan pertama di Indonesia. Sebanyak 88% dari 150 juta penduduk Indonesia memilih channel ini dengan durasi rata-rata per hari selama tiga jam. Sehingga wajar jika nilai dari iklan di YouTube menghasilkan angka yang fantastis. Banyak pengguna yang mulai berduyun-duyun membuat video yang di upload di YouTube.

Untuk membatasi hal itu, YouTube membuat peraturan agar monetisasi YouTube dipatuhi. Bagaimana cara memasang iklan di YouTube 2020? Caranya dengan mengaktifkan AdSense YouTube dan pengaturan monetisasi YouTube. Sebelum memasang AdSense YouTube, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Pastikan Akun Sudah Terverifikasi

Langkah awal ini tidak sulit. Saat Verifikasi akun diperlukan nomor handphone yang masih aktif agar bisa menerima kode verifikasi. Sebelum itu, pada atur pengaturan halaman upload untuk meningkatkan durasi video yang diunggah. Video berdurasi panjang ini memiliki waktu tayang lebih dari 15 menit.

Setelah itu, pilih metode verifikasi dengan memerima pesan suara atau pesan teks yang berisi kode verifikasi untuk nanti disubmit agar sukses. Sebagai tanda keberhasilan, pada profil akan tampil “Partner Verified”.

Apa Saja Syarat Monetisasi YouTube?

Monetisasi YouTube adalah mengonversi video yang di-upload agar bisa menghasilkan uang. Dalam video bisa diselipkan iklan dari berbagai pihak. Peraturan monetisasi YouTube tahun 2020, yaitu:

Memiliki 4000 Jam Tayang

Akun YouTube Anda harus memiliki jumlah jam tayang terakumulasi selama 12 bulan sebanyak 4000 jam. Waktu yang disediakan cukup lama. Tetap semangat mengumpulkan jam tayang dengan lebih sering mengunggah video dengan konten yang menarik. Salah satu cara yang dapat meningkatkan animo penonton adalah membuat Thumbnail YouTube yang menarik.

Anda bisa menggunakan Canva untuk membuat sampul Thumbnail YouTube yang membuat penonton penasaran dengan isi video. Oleh karena itu, sambil menunggu target tercapai Anda bisa mendaftar YouTube AdSense terlebih dahulu. Cara memasang iklan di YouTube 2020 sepertinya adalah syarat utama.

Mempunyai 1000 Subscribe

Syarat monetisasi selanjutnya adalah memiliki 1000 subscribe. Tidak gampang, tetapi tidak juga sulit untuk dijalani. Perbaiki setiap video yang diunggah dengan meningkatkan kualitas gambar dan isinya.

Pastikan penonton tidak berpindah ke lain video karena bosan dengan mengefektifkan konten di awal tayang. Susun skenario terbaik dan gunakan bahasa yang jelas, sopan, dan mudah dimengerti. Semakin bagus kualitas video, semakin banyak yang rela memberikan subscribe.

Terhindar dari Komentar Spam

Syarat lainnya adalah jangan membuat komentar sampah yang mengganggu. Selama akun Anda dalam pemantauan, berikan komentar yang baik dan secukupnya. Spamming hanya akan membuat proses monetisasi berjalan lambat. Bahkan pengajuan YouTube AdSense dapat ditolak.

Konten Bertema Evergreen

Sebagai pertimbangan, konten video yang diunggah sebisa mungkin bertema evergreen atau tidak lekang oleh waktu. Video yang diunggah masih relevan meskipun ditonton pada tahun depan.

Aturan ini untuk mengurangi konten video yang hanya mencari popularitas dengan tema yang kurang bermutu. Buatlah video yang bermanfaat sehingga orang lain tetap asik menontonnya meski beberapa tahun kemudian.

Cara Daftar AdSense YouTube

  • Setelah memiliki akun dan berhasil masuk ke YouTube, buka profil dan pilih menu pengaturan >> Creator Studio
  • Pada dasbor ini klik “Others Features >> Monetization”. Selanjutnya akan keluar halaman baru untuk mendaftar AdSense YouTube.
  • Tahapannya terdiri dari persetujuan YouTube Partner Progam
  • Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense
  • Mengatur pilihan monetisasi
  • Dan review jika syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber telah terpenuhi.

 

Cara Mengetahui Status Monetisasi Terbaru

Jika ingin mengetahui apakah akun YouTube Anda sudah dapat dimonetisasi atau belum, Anda bisa melihat menu studio creator YouTube di bagian kanan dan pilih gambar video. Lihatlah seluruh video yang sudah ter-upload, jika di sebelah video ada simbol dollar berwarna hijau artinya Anda telah bisa berpenghasilan dari YouTube. Jika sudah memenuhi persyaratan maka akun Anda akan ditinjau oleh Google. Oleh karena itu, jangan melanggar aturan yang telah ditetapkan.

  • Hindari unggah video berbau SARA, kekerasan, dan pornografi
  • Pastikan orisinalitas video yang dibuat bukan hasil membuat ulang konten orang lain

 

Jadi, jika Anda ingin berpenghasilan dari YouTube, ikutilah cara memasang iklan di YouTube 2020. Laksanakan semua persyaratan dengan enjoy dan fokus pada pembuatan konten video yang menarik, berkualitas, dan bermanfaat bagi banyak orang.

3 thoughts on “Channel Paling Populer Menghasilkan Uang, Simak Cara Memasang Iklan di YouTube 2020”

Leave a Comment

Ready to start your project with us?