Bagaimana Cara Cek Plagiart Dan Tahu Artikel Yang Kita buat itu Orisinil

Bagaimana Cara Cek Plagiart Dan Tahu Artikel Yang Kita buat itu Orisinil?

Plagiart, mungkin bukan suatu halasing lagi bagi anda yang memiliki hobi menulis. Plagiart atau plagiarism merupakan salah ide atau gagasan seseorang yang ditulis kembali tanpa menyebutkan sumbernya. Atau bisa diartikan, penggunaan ide ataupun gagasan suatu karya orang lain sehingga menimbulkan kekeliruan mengenai asal suatu ide sebelumnya.

Plagiart bisa dianggap sebagai “penjiplak” atau pencurian suatu karya. Sebabnya karena ada ide, karangan orang lain yang kemudian di tulis kembali atau dicetak ulang tanpa izin dari pencipta atau penerbit. Bahkan pencurian karya bisa dianggap sebagai pelanggaran yang tidak biasa, bisa jadi menjadi suatu pelanggaran berat, yang mana bisa sampai proses hukum.

Tips Menghindari Plagiarisme Dalam Karya Tulis Biasa

Memang diperlukan pemahaman khusus sebelum memulai membuat karya tulis, seperti halnya dalam pembuatan karya tulis berstandar SEO atau penulis artikel. Seorang penulis artikel memang sudah mahir serta memahami betul mengenai beberapa hal yang bisa mencegah resiko plagiart.

Sebelum masuk ke karya tulis online SEO perlu anda ketahui informasi dasar membuat karya tulis berikut ini:

  • 1. Menyantumkan Sitasi

    Ketika anda menggunakan informasi, gagasan maupun hal lainnya dalam membantu pembuatan karya tulis dengan menyertakan sitasi memang sudah menjadi keharusan. Bahkan hal ini sangatlah perlu walaupun penulis tidak membuat karya yang sama persis dengan referensi. Artinya penulis perlu menyantumkan suatu keterangan mengenai informasi yang didapat.

  • 2. Daftar Pustaka

    Bagi anda yang sering membuat karya tulis untuk tugas sekolah atau kuliah, pasti sudah tau betul mengenai daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan suatu keharusan dan tidak boleh dilupakan dalam pembuatan karya tulis. Penyusunan daftar pustaka biasanya dibaut lebih awal sebelum membuat karya tulis. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelalaian beberapa sumber yang ditulis sebelumnya.

  • 3. Parafrase

    Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan kutipan kata secara langsung, tentu perlu merubah pola tulis anda dengan benar. Sebab menggunakan kutipan langsung sangat-sangat berpotensi terjadinya plagiart.Namun anda bisa mengatasinya dengan melakukan parafrase yang perlu didasari dengan susunan kalimat sendiri serta tetap menjunjung sitasi.

  • 4. Interpretasi

    Dalam penyampaian serta memperkuat gagasan yang anda pakai, memang memerlukan pendapat atau interpretasi. Interpretasi bisa anda gunakan sebagai bahan pembanding demi memperkuat gagasan agar bisa mendapatkan kejelasan dari karya tulis yang dibuat.

  • 5. Gunakan Plagiart Chaker

    Pendeteksi plagiart bisa berupa aplikasi ataupun situs online yang ada di internet. Anda bisa memakai salah satu pendeteksi tersebut untuk memantapkan hasil karya tulis anda tentunya. Kedua pendeteksi plagiart memang memiliki system online, namun hasil yang diberikan cukup memuaskan untuk mengetahui kualitas karya tulis yang anda buat.

Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Penulisan Artikel Berstandar SEO tanpa Plagiart

Pembuatan karya tulis berstandar SEO memang tidaklah jauh berbeda dengan informasi diatas, namun alangkah baiknya anda menyimak informasi tembahan tentang pembuatan artikel berstandar SEO tanpa plagirat berikut ini.

  • 1. Pertimbangan Konten

    Suatu konten yang anda buat, perlu suatu pertimbangan yang tepat agar bisa terdeteksi oleh mesin pencari seperti halnya google. Biasanya dalam konten tulis yang baik memerlukan sebuah kata kunci. Namun terlalu banyak kata kunci juga akan berdampak negatif, sebab artikel menjadi tidak enak dibaca dan susah dipahami, bahkan beresiko plagiart.Agar artikel mudah ter index oleh mesin pencari,perlu menggunakan pembahasan yang mengalir serta kata kunci yang tepat tentunya.

  • 2. Informatif

    Dalam menulis artikel alangkah baiknya anda perlu memperhatikan referensi agar kevalidan informasi benar-benar nyata. Hal ini lah yang sering menjebak penulis akan informasi yang salah.

  • 3. Penulisan Konsisten

    Seorang penulis memang harus sepenuhnya konsisten kepada pihak pemilik website yang sudah mempercayakan konten kepada anda.Konsisten disini bisa dari pemilihan gaya Bahasa dan lain-lain untuk menghindari plagiart, sebab kualitas pribadi penulis bisa terpancar dari karya tulis yang dibuat.

  • 4. Memperhatikan Penulisan

    Penulisan serta pemilihan ejaa’an kata yang tepat sangatlah mempengaruhi mengalirya pembahasan pada karya tulis yang anda buat.Sebab perlu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan mengalir untuk mendapatkan kepuasan pembacanya. Hal ini memang sangat sering diabaikan oleh kebanyakan penulis. Namun justru penulisan ejaan memiliki nilai yang tinggi demi menjaga kelestarian penulisan standard SEO.

  • 5. Penyisipan Tautan

    Nah jika memang sudah sesuai dan memenuhi 4 kategori di atas, maka anda tinggal proses finishing yaitu memposting konten. Namun proses posting yang sesuai dengan standard dan aturan SEO. Untuk salah satunya anda bisa menempatkan suatu tautan pada artikel yang telah anda buat sebelumnya.

jika anda sudah membuat artikel selayaknya informasi di atas, tentu pera pembaca ataupun mesin pencari akan menilai karya tulis dan website anda berkualitas dan pantas untuk ditampilkan.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email