Apakah Digital Marketing Itu?

Apakah Digital Marketing itu?

Definisi dari Digital Marketing adalah sebuah kegiatan atau aktivitas pemasaran yang menggunakan sekumpulan cara dan juga teknik yang memanfaatkan sebuah media digital dan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan pelanggan, data, dan juga traffic. Pemasaran yang dilakukan di internet tentu saja bukan hanya untuk menaikkan penjualan saja, tetapi juga untuk melakukan promosi produk, branding, dan juga membangun hubungan dengan para pelanggan.

Dalam dunia marketing, jika Anda ingin membuat para calon konsumen Anda bisa tertarik akan penawaran produk atau jasa Anda, maka Anda bisa membuat sebuah promosi dengan cara membuat iklan, brosur online, email marketing, atau masih banyak lagi jenisnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk promosi secara online untuk kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

Media Digital Marketing Untuk Bisnis 

Media Digital Marketing adalah alat yang bisa digunakan pada jenis bisnis apa saja. Tanpa memperhatikan apa produk yang Anda jual, Digital Marketing ini juga masih membutuhkan gambaran dari target penawaran pada pelanggan Anda supaya bisa mengidentifikasi bagaimana kebutuhan dari calon pelanggan Anda nantinya. Namun setiap bisnis akan menggunakan jenis media yang berbeda untuk memaksimalkan proses promosi atau branding.

 

  • Website

Dari dulu website telah menjadi pilihan setiap orang untuk memudahkan mendapat atau memberikan informasi, menyebar produk baik barang atau jasa, akses jual beli online yang mudah, media untuk promosi, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa mulai memanfaatkan website untuk media Digital Marketing dengan cara membuat website untuk bisnis yang tepat.

 

  • Content Marketing

Menggunakan konten yang berisikan tentang pemasaran yang bisa menarik perhatian pengunjung, baik untuk menaikkan jumlah penjualan atau meningkatkan brand bisa dijadikan salah satu media Digital Marketing untuk bisnis Anda. Sehingga jika Anda ingin menarik para konsumen maka Anda harus bisa membuat konten-konten yang menarik untuk website yang Anda miliki.

 

  • SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu media online yang sering digunakan untuk mencari informasi ialah alat pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, atau sejenisnya. Anda bisa mengoptimalkan website dan konten Anda dengan SEO untuk dapat menarik banyak pengunjung atau calon konsumen pada website Anda.  Atau Anda juga bisa memanfaatkan mesin pencari untuk pengiklanan dengan menggunakan SEM yang lebih dikenal dengan Google Ads yang tak kalah ampuhnya.

 

  • Sosial Media

Salah satu media populer Digital Marketing adalah sosial media. Sekarang ini media sosial memang sangat sering digunakan oleh setiap orang. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk media Digital Marketing yang terbilang cukup murah. Anda bisa melakukan promosi pada sosial media yang Anda miliki, misalnya saja Instagram atau facebook.

 

Tugas Digital Marketing

Sebenarnya tugas dari seorang Digital Marketing adalah sebuah tugas yang tidak susah namun juga tidak mudah. Singkatnya seorang Digital Marketing bisa bekerja dimana saja hanya memanfaatkan sebuah komputer. Namun yang sulit ketika melakukan pekerjaan dari Digital Marketing adalah saat tidak bisa membuat pengguna internet tertarik dan juga betahan lama-lama berada di webiste yang dibuat oleh Anda.

Bukan hanya itu saja, jika Anda bekerja sebagai seorang Digital Marketer maka Anda juga harus selalu update tentang berbagai macam informasi yang terbaru dan juga yang sedang trend dalam masyarakat. Salah satu cara untuk terus mendapatkan update terbaru ialah dengan memanfaatkan media sosial dan terus memantau melalu sosial media tersebut.

Jika dilihat secara spesifik tugas dari seorang Digital Marketer adalah membuat website berada di peringkat atau atau halaman pertama dari sebuah mesin pencarian, melakukan branding dan juga promosi dengan cara halus. Tentu saja tujuan tersebut bisa tercapai jika seorang Digital Marketing bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Membuat perencanaan promosi
  • Membuat konten web mengenai pemasaran
  • Melakukan promosi lewat sosial media

 

Keuntungan Digital Marketing 

Keuntungan Digital Marketing adalah membuat pihak pemasaran bisa melihat hasil akurat yang berdasarkan dengan waktu ketika Anda memasukkan datanya. Apabila Anda pernah memasang iklan pada surat kabar, maka Anda bisa tahu sulit menghitung berapa banyak orang yang memang benar-benar melihat iklan Anda. Tentu saja tidak ada cara untuk tahu apa iklan yang Anda buat bisa membuka setiap peluang penjualan atau tidak.

Jika menggunakan Digital Marketing, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat website Anda dengan sebuah software. Selain itu Anda juga dapat melihat jumlah website yang dikunjungi, dari mana asalnya, alat yang digunakan, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat melihat berapa orang yang sudah melihat website yang Anda gunakan untuk upload brosur guna promosi.

Anda harus mengingat bahwa dunia digital sangat luas, sehingga jika Anda ingin mendapat banyak pelanggan maka Anda juga harus bisa mulai dengan ide yang lebih banyak untuk pemasaran. Anda harus memastikan konten marketing Anda juga bisa berjalan dengan baik. Hal terpenting dalam Digital Marketing adalah mengetahui bagaimana cara untuk membuat pemasaran Anda tepat sasaran.

Apabila Anda sedang mempunyai kebutuhan dalam hal Digital Marketing atau ingin tau lebih jauh tentang ini, kontak team kami untuk diskusi lebih lanjut. Pelajari juga service yang kami tawarkan di halaman Service atau ke halaman Works untuk melihat portfolio hasil pengerjaan dari SAB.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email