Apa itu CloudFlare dan Apa Manfaatnya bagi Website?
Apa Saja Keuntungan Menggunakan Cloudflare Sebagai CDN Website

Apa itu CloudFlare dan Apa Manfaatnya bagi Website?

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Website e-commerce atau toko online adalah jenis situs paling populer saat ini. Dengan membuat situs ini, Anda bisa menjual berbagai barang dan jasa ke seluruh dunia. Tentu saja, website e-commerce harus cepat agar bisa diakses dengan mudah sekaligus aman sehingga tidak bisa diretas. Cara termudah untuk membuat website yang cepat dan aman adalah dengan menggunakan CloudFlare. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu CloudFlare serta bagaimana menggunakannya untuk website Anda.

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare adalah semacam jembatan yang menghubungkan antara website dengan pengunjung. Jembatan penghubung ini mampu melindungi website Anda dari serangan sekaligus membuat loading website menjadi lebih cepat.

Apa saja fungsi CloudFlare?

Seluruh pengunjung website Anda harus melalui jembatan penghubung bernama CloudFlare. Yang menarik, CloudFlare dibekali beberapa fitur dan fungsi untuk mendukung website Anda, yaitu:

  1. Menganalisa tindakan berbahaya pada website

Dengan melihat IP, resource yang diakses, dan seberapa sering pengunjung melakukan akses ke situs Anda, CloudFlare bisa menentukan apakah pengunjung tersebut adalah ancaman. CloudFlare akan memblokir akses pengunjung tersebut dan situs Anda aman dari berbagai serangan.

  1. Memberikan jalur tercepat untuk pengunjung website

Dengan menggunakan CloudFlare, pengunjung di website Anda akan diarahkan ke jalur tercepat. Caranya dengan mengarahkan mereka ke server CloudFlare terdekat. Misalnya, pengunjung website Anda berada di Eropa. Maka, mereka akan diarahkan ke server CloudFlare yang ada di Eropa untuk akses tercepat.

  1. Memberikan laporan pengunjung website

CloudFlare mampu memilah pengunjung website Anda dan memberikan laporan lengkap. Anda dapat melihat apakah mereka adalah robot mesin pencari, ancaman, atau pengunjung manusia. Anda juga dapat melihat jumlah lengkap pengunjung dan informasi dari mana website di akses.

  1. Menyaring komentar pengunjung website

CloudFlare mampu melindungi website dari komentar spam. Dengan begitu, website Anda tidak akan dipenuhi oleh komentar berisi iklan atau ujaran kebencian yang berulang-ulang.

  1. Memberikan informasi kepada pengunjung jika komputer mereka terjangkit virus

Fungsi CloudFlare yang ini sangat menguntungkan untuk pengunjung Anda serta memberikan pengamanan lebih untuk website. CloudFlare akan meminta pengunjung untuk memasukkan captcha serta menyarankan untuk membersihkan virus di komputer mereka.

Bagaimana cara menggunakan CloudFlare di website Anda?

Cara menggunakan CloudFlare cukup mudah. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka website com.
  2. Daftar menjadi anggota Cloudflare dengan memasukkan nama, email, serta alamat website Anda.
  3. Secara otomatis, Cloudflare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang digunakan website Anda.
  4. Anda akan dihadapkan pada pengaturan keamanan dan cache. Pilih sesuai kebutuhan Anda dan klik next.
  5. CloudFlare akan memberikan nameserver yang bisa disalin.
  6. Buka pengaturan domain website Anda, kemudian masukkan nameserver yang diberikan oleh CloudFlare.

Apakah CloudFlare berbayar?

Jawabannya adalah iya dan tidak. CloudFlare memberikan fasilitas secara gratis bagi Anda yang ingin fitur minim, tetapi tetap mampu melindungi dan mempercepat akses ke website. Namun, jika Anda menginginkan fasilitas yang dapat membuat website semakin bagus, silahkan upgrade akun CloudFlare Anda ke akun pro atau akun bisnis.

Apa kekurangan CloudFLare?

Tidak ada yang sempurna, begitu juga CloudFlare. Ada beberapa kekurangan jika menggunakan CloudFlare pada website Anda.

  1. CloudFlare merupakan jembatan penghubung antara pengunjung dengan website Anda. Dengan begitu, jika Cloudflare down atau berhenti berfungsi, website Anda juga tidak dapat diakses.
  2. Di dalam CloudFlare ada fasilitas untuk melindungi website dari serangan DDoS, bernama “I am Under Attack”. Masalahnya, fasilitas ini juga memblokir robot dari mesin pencari. Hasilnya, website Anda akan sulit untuk menembus pencarian Google.

Kekurangan CloudFlare bisa diatasi dengan mengelola CloudFlare dengan baik. Sebagai contoh, mematikan CloudFlare jika down atau tidak menggunakan fasilitas “I am Under Attack” kecuali benar-benar butuh.

Kesimpulan

Dengan penjelasan di atas, tentunya terjawab sudah apa itu CloudFlare dan bagaimana menggunakannya. Website e-commerce atau jenis website lainnya bisa menggunakan CloudFlare untuk meningkatkan kualitas kecepatan dan keamanan website. Nah, jika butuh bantuan dalam menggunakan CloudFlare, SAB Digital Agency siap membantu mengoptimalkan website e-commerce Anda. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan CloudFlare dengan mudah dan mendapatkan manfaatnya.

Semoga artikel ini membantu dalam mengembangkan website Anda. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan!

Leave a Comment

Ready to start your project with us?