Apa Itu Mobile Commerce?
Apa Itu Mobile Commerce

Apa Itu Mobile Commerce?

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Mobile commerce atau disebut dengan M-Commerce merupakan sistem perdagangan elektronik e-Commerce. Sistem perdagangan ini biasa menggunakan berbagai peralatan yang canggih seperti smartphone, notebook, PDA, telepon genggam, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam menggunakan mobile commerce, pembeli dan penjual harus melakukan transaksi secara online. Jadi, penggunaan jaringan internet disini sangat diperlukan.

Sebenarnya mobile commerce merupakan gabungan perdagangan secara elektronik dan mobile computing. Dari inovasi gabungan tersebut akhirnya membuat mobile commerce makin mempermudah memberikan pelayanan bagi para pelanggan. Adanya mobile commerce memberikan peluang bagi customer untuk merasakan pengalaman belanja terbaik.

4 Komponen Penting Mobile Commerce

Mobile commerce yang Anda anggap sangat sederhana namun, memiliki komponen penting didalamnya. Apa saja komponen penting yang berada di dalam mobile commerce? Anda bisa mengetahui komponen pentingnya pada berikut ini.

  1. Pembayaran selular

    Pembayaran selular menjadi komponen penting dari mobile commerce. Biasanya pembayaran yang digunakan dapat dilakukan melalui ponsel atau tablet secara langsung. Layanan pembayaran seperti m-banking dan internet banking akan membantu proses pembayaran dengan cepat. Pembayaran melalui selular bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki akun m-banking maupun internet banking pada smartphone nya.

  2. Mobile banking

    Mobile banking juga merupakan komponen mobile commerce. Transaksi tidak hanya dilakukan dengan pembayaran seluler saja namun, mobile commerce juga mengoptimalkan pembayaran dengan menggunakan telepon seluler melalui aplikasi mTan. Bila Anda ingin mengetahui tentang mTan, maka sebaiknya segera menggunakan mobile commerce untuk bisnis online.

  3. Iklan selular

    Komponen mobile commerce selanjutnya, yaitu ada iklan selular. Semua iklan selular dibuat dan dikendalikan dengan menggunakan program paling populer, yaitu Google Adwords. Program iklan selular yang biasa digunakan untuk memasarkan produk melalui mobile commerce, yaitu berupa pemasaran iklan banner, teks, sms, dan masih banyak lagi lainnya. Menggunakan semua layanan iklan selular akan membuat mobile commerce makin baik.

  4. Reservasi dan pemesanan

    Komponen penting mobile commerce selanjutnya, yaitu ada layanan reservasi dan pemesanan. Mobile commerce yang digunakan oleh sebuah perusahaan tertentu ada yang dikemas untuk menyediakan layanan reservasi dan layanan pemesanan apapun. Misalnya: reservasi tempat makan, booking tiket online, dan lainnya.

Komponen penting ini yang menjadikan mobile commerce makin diminati oleh semua orang, baik para pebisnis atau pemilik perusahaan besar. Penggunaan mobile commerce kini juga mulai meluas, sehingga jangan ragu untuk menggunakannya juga.

 

Aplikasi Mobile Commerce Terbaik di Indonesia

Bukti meluasnya penggunaan mobile commerce di Indonesia ditandai dengan munculnya beragam aplikasi terbaik yang menggunakan mobile commerce. Semua aplikasi mobile commerce ini dikembangkan untuk membuat bisnis online semakin maju, berikut ini merupakan aplikasi mobile commerce terbaik yang harus Anda ketahui.

  1. Online travel application

    Contoh penyedia online travel application, yaitu traveloka. E-commerce yang berada di traveloka bergerak pada bidang penjualan tiket wisata, tiket pesawat terbang, tiket kereta api, dan juga melayani pemesanan penginapan seperti kamar hotel. Pemesanan melalui aplikasi ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja, melainkan Anda juga dapat memesan tiket atau booking hotel saat berada di luar negeri.

  2. Marketplace

    Mobile commerce yang berbasis marketplace kini sudah semakin banyak. Contoh mobile commerce marketplace, yaitu Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia. Dalam sebuah marketplace, penjual dan pembeli dapat melakukan kegiatan secara online, baik melakukan jualan maupun membeli produk.
    Berbagai macam produk yang ditawarkan di marketplace sangat beragam, adapun produk yang ada di sana ada makanan, alat elektronik, kecantikan, seragam, fashion, dan masih banyak lagi.

  3. Fashion mobile commerce

    Selanjutnya aplikasi mobile commerce terbaik, yaitu bergerak dalam bidang fashion. Contohnya seperti Sale Stock, Berrybenka, dan Zalora. Mobile commerce tersebut menjual berbagai macam kebutuhan fashion pria dan wanita. Keunggulan produk fashion yang dijual yaitu selalu up to date dan tidak ketinggalan zaman.

  4. Elektronik mobile commerce

    Aplikasi mobile commerce yang juga sering beredar pada saat ini, yaitu elektronik mobile commerce. Menjual berbagai macam alat elektronik seperti smartphone, TV, dan lainnya. Contoh aplikasi yang bergerak dalam bidang elektronik mobile commerce, yaitu ada Bhineka dan Erafone. Anda bisa mendapatkan seluruh barang elektronik yang Anda inginkan pada aplikasi mobile commerce tersebut.

  5. Mobile payment application (m-banking)

    Mobile payment application adalah layanan perbankan yang dapat digunakan pada smartphone. Aplikasi mobile commerce ini bisa diakses kapan pun Anda berada. Saat melakukan transaksi pembayaran tidak perlu repot melalui bank, karena Anda bisa membayarnya langsung melalui m-banking.

Aplikasi mobile commerce terbaik di atas sudah sukses dalam bisnis online. Siapa saja bisa menggunakan aplikasi mobile commerce untuk memudahkan proses belanja online. Bila Anda ingin mengembangkan sebuah aplikasi mobile commerce yang terbaru, maka sangat diperbolehkan. Apapun yang Anda kembangkan nantinya menjadi bisnis besar dan memudahkan pembelian secara online.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?