8 Manfaat Email Marketing di dalam Bisnis | SAB
email marketing yang baik dan benar beserta manfaatnya

8 Manfaat Email Marketing di dalam Bisnis

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Dalam pemasaran bisnis di era digital, memaksimalkan semua kanal pemasaran dipandang perlu untuk menaikkan angka penjualan. Salah satunya dengan memanfaatkan email marketing. Para pemilik bisnis online sudah lama mengenal alternatif pemasaran ini, yaitu dengan memakai media email atau surat elektronik kepada calon pelanggan dan pelanggan yang sudah pernah membeli produk.
Cara ini dipandang efektif untuk membangun koneksi baru dengan calon pelanggan, serta mendorong mereka menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Logikanya, jika keterlibatan pelanggan pada bisnis Anda meningkat, peluang tingkat konversi pelanggan untuk membeli produk Anda juga semakin besar.
Tertarik mencoba strategi ini? Simak lebih dulu 8 manfaat email marketing dalam bisnis online berikut.

1) Membuat pendekatan personal pada pelanggan

Mengirimkan email kepada calon pelanggan terasa lebih personal. Anda bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui topik email seperti permintaan masukan atau saran, promosi produk terbaru, hingga informasi mengenai flash sale. Ketika mereka merasa nyaman menerima email Anda, tanpa buru-buru memindahkan email ke folder Spam, Anda pun lebih mudah menawarkan apa saja melalui email. Komunikasi rutin seperti ini juga akan membuat bisnis Anda terus diingat audiens.

2) Lebih cepat dan praktis menyampaikan informasi

Lupakan mengirim pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos. Mengirimkan flyer atau sejenisnya lewat surat pos tidak lagi efektif pada masa kini. Melalui email, Anda bisa menjangkau pelanggan lebih cepat langsung ke email pribadinya.  Mereka juga akan merespons lebih sigap pada email tersebut. Apalagi, lebih dari dua pertiga email saat ini dibuka melalui ponsel. Pelanggan Anda akan membaca dan terlibat dengan email Anda kapan saja dan di mana saja.

3) Menghemat biaya pemasaran

Jika Anda memilih email marketing sebagai cara promosi bisnis, biaya pemasaran bisa ditekan serendah mungkin. Anda hanya perlu menyiapkan konten tepat sesuai materi promosi. Email juga memungkinkan Anda membuat konten bervariasi, seperti newsletter, kupon diskon, berbagi media foto dan video, atau akses media sosial bisnis Anda.

Coba kreatif dalam memadukan beberapa media dan perbarui tampilan email secara berkala. Di sisi lain, pemasaran melalui email bisa terintegrasi dengan kanal pemasaran lainnya. Anda dapat memakai konten email untuk posting di media sosial tanpa perlu mengulang pembuatan konten.

4) Bisa mengukur keberhasilan kampanye

Ketika Anda melakukan suatu kampanye produk melalui pengiriman email kepada calon pelanggan, keberhasilan kampanye tersebut dapat diukur setelah berjalan dalam periode waktu tertentu. Anda bisa mengevaluasi dari berapa banyak email yang terkirim dan bagaimana respons pelanggan atas email tersebut. Kemudian, lakukan analisis pada hasil evaluasi guna melihat mana bagian yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Pengiriman email kepada calon pelanggan juga akan membantu Anda mengumpulkan data, segmentasi, dan data penting lainnya yang akan membuat penelusuran dan pengukuran keberhasilan kampanye lebih akurat.

5) Bisa disesuaikan dengan karakteristik pelanggan

Dengan metode ini, Anda bisa melakukan segmentasi daftar dan penargetan demografis calon pelanggan sesuai produk yang hendak dipasarkan. Ketika suatu produk dipasarkan kepada calon pelanggan yang tepat, peluang mereka membeli produk itu juga lebih tinggi. Dari situ Anda akan lebih mudah membangun hubungan lebih personal dengan pelanggan, yang akhirnya akan mendorong keterlibatan lebih intens. Jika satu strategi belum membuahkan hasil manis, Anda cukup melakukan evaluasi dari target audiens yang hendak disorot.

6) Personalisasi pesan untuk komunikasi dua arah

Melalui email, Anda leluasa melakukan personalisasi pesan dengan menambahkan nama pelanggan dan memberi sentuhan personal lainnya. Email berlangganan memang ibarat membangun percakapan dua arah antara Anda dan pelanggan. Komunikasi antara Anda dan pelanggan pun terasa lebih akrab. Hal ini akan membuat pelanggan merasa spesial dan tak segan untuk merespons email tersebut, baik lewat balasan email, komentar di media sosial, hingga perilaku membeli produk.

7) Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan

Mencari calon pelanggan dan pelanggan baru itu mudah, tetapi mempertahankan loyalitas pelanggan tidak selalu mulus. Email bisa menjadi salah satu alat untuk membangun hubungan jangka panjang Anda dengan pelanggan.
Caranya, sampaikan pesan secara konsisten, menarik, dan punya nilai manfaat, sehingga mereka menaruh kepercayaan pada produk Anda untuk waktu lama. Bukan sekadar membeli produk Anda hari ini saja, tetapi meyakinkan mereka untuk selalu kembali membeli produk Anda di kemudian hari.

8) Mengonversi audiens menjadi pelanggan

Menulis konten email pemasaran memang tidak bisa asal-asalan. Anda perlu memperhatikan detail isi pesan dan sertakan tombol call to action yang akan mendorong penerima email mengikuti tautan ke landing page atau media sosial bisnis Anda. Lalu, perhatikan hasilnya dan coba evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan. Dari sini Anda bisa melihat seberapa efektif konten tersebut mengonversi audiens menjadi pelanggan yang mampu menciptakan penjualan dan meningkatkan penghasilan bisnis.

Itulah 8 manfaat email marketing di dalam bisnis yang perlu Anda tahu. Setelah mengetahui informasi ini, jangan ragu untuk mencoba strategi pemasaran tersebut dalam mengembangkan bisnis Anda. Pasti hasilnya akan sepadan dengan usaha yang Anda lakukan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Ready to start your project with us?