6 Cara Beriklan Di Facebook yang Tidak Bikin Budget Jebol

6 Cara Beriklan Di Facebook yang Tidak Bikin Budget Jebol

Facebook merupakan salah satu social media yang sering digunakan sebagai tempat jualan online. Pebisnis online merasa lebih mudah berjualan di social media Facebook karena aplikasi tersebut mudah digunakan dimana saja selagi ada jaringan internet. Untuk memulai membuka jualan online, Anda bisa memanfaatkan fasilitas iklan Facebook. Sebelumnya Anda harus mengetahui cara beriklan di Facebook agar mudah mengaturnya.

Banyak pebisnis online yang hanya memanfaatkan Facebook untuk upload produk, setelah itu menawarkan ke sesama teman Facebooknya. Cara ini kurang efektif, karena tidak dapat menjangkau ke calon konsumen lebih luas. Cara beriklan di Facebook yang paling ampuh adalah menggunakan Facebook Ads.

Beberapa pebisnis online takut menggunakan Facebook Ads dikarenakan biayanya terlalu mahal. Padahal hal tersebut tidak benar, biaya iklan dapat di Facebook dapat ditentukan sesuai dengan budged yang Kita miliki.

Cara Beriklan Di Facebook yang Hemat

Pebisnis online shop bisa sukses berjualan hanya melalui Facebook, mereka beriklan di Facebook dengan mengatur budged biaya iklan supaya harganya lebih murah. Berikut merupakan cara beriklan di Facebook yang bisa diterapkan pada online shop Anda.

1. Siapkan bussines manager

Cara beriklan di Facebook yang harus dipersiapkan saat membuat Facebook Ads adalah membuat bussines manager. Cara membuat bussines manager yaitu Anda diwajibkan membuat dua akun berbeda, akun pribadi dan khusus bisnis. Nanti akun bisnis akan digunakan untuk membuat iklan Facebook. Akun bisnis lebih mudah dalam mengelola Facebook Ads, sehingga iklan dapat berjalan lancar.

Pendaftaran akun bussines manager dapat dilakukan langsung di laman Facebook. Tekan klik buat akun, kemudian isi ID bussines manager Anda yang sesuai dengan KTP. Selanjutnya masuk menu pengaturan, pada menu ini Anda melihat aneka macam penawaran seperti pembayaran iklan, mitra bisnis, informasi bisnis, permintaan dan pemberitahuan. Langkah selanjutnya yaitu tambahkan akun, klik people & assets lalu Add New Ads Accounts.

2. Facebook pixel

Cara beriklan di Facebook berikutnya yaitu mempersiapkan Facebook pixel, jika Anda belum memilikinya maka segera buat. Pixel merupakan sebuah pelacak mesin, fungsi di bussines manager yaitu memudahkan pengguna untuk memasuki menu setting. Setelah masuk menu setting, pengguna bisa melanjutkan klik create a Facebook pixel, next, klik pixels, dan continue. Kehebatan yang dimiliki oleh pixel yaitu dapat diinstall pada website, pixel bisa merekam pengunjung website yang masuk sebagai target iklan.

3. Memilih metode pembayaran

Metode pembayaran adalah langkah yang harus diperhatikan betul. Pada cara beriklan di Facebook, pengguna diwajibkan untuk membayar biaya iklan Facebook. Metode pembayarannya terbagi menjadi 2 macam (kredit & debit). Cara beriklan di Facebook mengharuskan Anda membayar di 3 bank, pilihlah salah satu antara bank Mandiri, Jenius atau Permata.

Cara beriklan di Facebook yang aman biasanya memakai metode debit. Metode tersebut bisa menghemat uang Anda. Contohnya seperti memakai debit dengan dana 500 ribu maka, biaya iklan Facebook Ads maksimal hanya 500 ribu.

Langkah pembayaran Facebook Ads sangat mudah, masuk ke payments, add payment method, mengisi billing country dengan bahasa Indonesia, ubah current menjadi rupiah, dan terakhir mengisi nomor kartu debit serta tanggal expired.

4. Siapkan halaman facebbok

Cara beriklan di Facebook selanjutnya yaitu mempersiapkan halaman. Selesai memilih metode pembayaran, siapkan halaman yang akan dilihat oleh calon customer. Halaman inilah yang dipromosikan oleh Facebook ke seluruh target audience Anda.

Membuat halaman baru pada Facebook cukup mudah. Masuklah ke menu setting, klik people & assets, dan klik add new pages. Kemudian muncul kategori halaman sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah memilih, muncul form yang harus diisi.

5. Pemasangan iklan

Langkah terakhir dari cara beriklan di Facebook adalah proses pemasangan. Halaman baru yang telah dibuat kemudian diiklankan. Caranya klik setting, klik people & assets, dan klik add account. Langsung menuju tulisan Ads manager> klik set up add account > klik negara yang menjadi sasaran promosi > atur currency > mengatur waktu. Setelah mengatur semuanya klik continue. Disini Anda memasuki halaman untuk mengatur audience yang menjadi sasaran iklan. Atur juga berapa target biaya iklan pada bagian budged setiap hari. Contohnya Anda mengaturnya 10 ribu per hari maka, tinggal klik saja dan klik continue untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. Langsung klik use exiting post, tunggu hingga tim Facebook menyetujuinya.

Nah itulah cara beriklan di Facebook. Langkahnya cukup mudah namun banyak yang tidak berhasil menerapkannya karena pengaturannya kurang maksimal. Apabila cara beriklan di Facebook di atas belum berhasil maka, Anda harus mengulangi langkahnya dari awal.
Informasi untuk Anda, biasanya cara beriklan di Facebook tidak langsung menyetujui iklan Anda. Review yang dilakukan oleh tim bisa memakan waktu beberapa hari, jadi Anda tidak boleh berpikiran bahwa iklannya langsung ditolak.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email