5 Cara Simpel Optimasi Website WordPress
5 Cara Simpel Optimasi Website WordPress

5 Cara Simpel Optimasi Website WordPress

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Di era digital saat ini, keberadaan website tidak terhitung banyaknya. Situs di internet menjadi media promosi, profil bisnis, hingga dipakai oleh kelompok tertentu sebagai sarana berkomunikasi secara luas dengan komunitasnya.

WordPress menjadi aplikasi sumber terbuka paling populer. Sampai dengan November 2015, 25% jumlah website di internet menggunakan WordPress, dan angka tersebut senantiasa naik.

Mengoptimalkan laman WordPress agar ramai pengunjung dan selalu muncul di search engine tentunya harapan semua pemilik akun. Jika Anda memiliki harapan sama, maka lima cara simpel berikut ini efektif untuk meningkatkan optimasi website WordPress Anda.

5 Cara Simpel Optimasi Website WordPress-blog

1. Tingkatkan Kecepatan Website

Jika pengunjung menunggu lebih dari empat detik sampai tampilan WordPress muncul, bisa dipastikan mereka akan berhenti melakukan penelurusan. Bahkan sebelum halaman yang diklik benar-benar keluar, pengunjung kemungkinan besar akan langsung meninggalkan situs tadi.Waktu loading yang tergolong cepat adalah kurang dari dua detik. Hal paling mudah untuk mengatasi ini adalah memilih tema atau theme website yang simpel.Anda mungkin akan memilih tema semenarik mungkin dengan banyak fitur serta pilihan. Namun, beberapa tema dengan banyak fitur secara otomatis membuat WordPress bekerja lebih keras dan mengakibatkan lambatnya loading halaman situs.

Selain itu, hindari penggunaan gambar dengan ukuran berat. Lakukan resize saat meng-upload gambar.

2. Manfaatkan Permalink

Permalink pendek akan membuat keyword lebih mudah ditampilkan pada search engine. Sayangnya, WordPress biasanya menghasilkan permalink yang cukup panjang.
Namun jangan khawatir, penamaan permalink di WordPress bisa di setting supaya lebih ringkas.

Caranya seperti ini; pada dashboard WordPress, klik menu settings, lalu permalinks. Di menu permalinks, akan ditawarkan beberapa pilihan pengaturan mulai dari plain, day and name, month and name, numeric, post name, hingga custom structure. Pilih post name kemudian klik tombol save changes untuk menyimpan pengaturan.

Selain post name, Anda juga bisa memilih custom structure untuk mendapatkan permalink pendek. Jika menggunakan pengaturan custom structure tambahkan parameter pada kotak teks yang tersedia.

3. Optimalkan Keyword/Kata Kunci

Kata kunci sangatlah penting dalam optimasi website WordPress. Item ini juga menentukan tingginya peringkat di search engine. Karenanya, tentukan kata kunci paling tepat pada setiap artikel yang akan di posting.

Tools seperti Ahrefs, SEMrush, dan Google Keyword Planner dimanfaatkan untuk menentukan kata kunci yang ideal. Munculkan keyword pada judul dan badan artikel. Pada badan artikel, usahakan memunculkan keyword dua hingga tiga kali. Gunakan juga metadeskripsi dimana karakter tidak melebihi 150 karakter dengan menyisipkan kata kunci tadi.

Selain memasukkan keyword pada judul, badan artikel, dan metadeskripsi, Anda juga bisa menambahkan Alt text di gambar konten. Untuk menambahkan keterangan pada gambar, caranya cukup sederhana. Klik gambar lalu pilih gambar pensil. Setelahnya akan muncul menu untuk memasukkan deskripsi. Sebisa mungkin munculkan keyword pada deskripsi gambar tadi.

4. Tag Header (H1, H2, H3)

Heading tag bisa digunakan dari H1 hingga H6. Namun, search engine seperti Google akan menangkap tag header HTML dari H1, H2 hingga H3 untuk menganalisis tingkat relevansi artikel Anda dengan konten yang sedang dicari.

Adapun H1 adalah judul, karenanya selalu munculkan keyword pada judul artikel. H2 dan H3 adalah subjudul yang juga berpengaruh dalam optimasi website.

Anda bisa memilih memunculkan kembali keyword pada subjudul atau memberikan variasi long tail keyword. Gunakan variasi kata kunci yang relevan dengan konten dan tentunya konten yang berkualitas juga sangat penting. Selain itu, jangan menggunakan tag header secara berlebihan.

5. Plugin SEO

Plugin All in One Search Engine Optimization (SEO) telah terbukti ampuh mengoptimalkan SEO. Selain itu, SEO by Yoast juga menjadi plugin SEO yang paling banyak disukai dan digunakan oleh pemiliki akun WordPress.

Untuk mengaktifkan All in One SEO, pilihlah menu dengan nama yang sama pada sidebar admin WordPress dan tekan General Settings. Anda juga harus mengisi Home Title, Home Description, dan Home Keywords di pengaturan Homepage Settings.

Optimasi website WordPress dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Namun, lima cara mudah di atas pastinya sudah mampu meningkatkan peringkat WordPress Anda.
Jika masih bingung atau tidak ada waktu untuk menerapkan cara-cara optimasi tadi, Anda bisa memanfaatkan jasa SAB Digital Agency.

Secara professional berfokus pada Web Design dan E-Commerce, SAB Digital Agency akan membantu mengoptimalkan bisnis secara online. Mereka juga secara kreatif membantu menyampaikan konten Anda pada para pelanggan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?