5 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

5 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Cara membuat artikel menjadi bagian penting dalam pembuatan konten menarik dewasa ini. Tak hanya memenuhi kolom media cetak saja, para penggiat bisnis online wajib mempraktikkan cara membuat artikel agar konten media sosial dan website lebih menarik. Bagi pelaku bisnis pun, keberadaan artikel bisa menopang traffic kunjungan atau peningkatan penjualan.
Nah, Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat artikel yang menarik dan mudah dibaca berikut.

Cara Membuat Artikel Menarik

Membuat artikel yang menarik memang diperlukan ilmu yang lebih. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Memilih topik terbaru yang sesuai

Jika Anda hendak menulis sebuah artikel di website, pastikan memilih topik yang sesuai dengan jenis tulisan di website tersebut. Misalnya Anda memilih topik wisata, bisa memilih berita terbaru seperti kawasan wisata yang tengah hits tahun 2019 dan sejenisnya. Petakan kebutuhan pembaca agar Anda bisa menulis topik artikel yang berhubungan.
Tidak ada salahnya membuat beberapa kata kunci yang berkaitan dengan tema tulisan Anda nanti sebagai gambaran awal. Cara membuat artikel yang bagus adalah memiliki informasi atau jawaban rumus % W+1H.

2. Melakukan penelitian lebih dahulu

Artikel merupakan karangan non fiksi berdasarkan peristiwa atau kejadian yang tengah terjadi. Berbeda dengan karya fiksi berupa cerpen atau prosa sehingga Anda harus melakukan penelitian lebih dahulu.
Cara membuat artikel yang baik bisa berdasarkan data statistik, kutipan penulis ternama, buku populer, media televisi, dan lain-lain. Pastikan pula Anda memberikan keterangan referensi atau sumber-sumber yang dimasukkan bagian rujukan artikel.

3. Buat judul yang menarik dan tentukan sub judul atau poin-poin

Pembaca akan langsung terpikat melanjutkan proses membaca karya Anda sampai selesai saat membaca judul. Oleh sebab itu, cara membuat artikel yang tak kalah penting adalah menentukan judul yang tepat dan singkat untuk artikel Anda. Judul click bait namun tidak memberikan informasi yang cukup tentu akan membuat artikel Anda kurang sempurna.
Judul yang memikat dan deskriptif bisa membuat pembaca yakin bahwa artikel Anda merupakan bahan bacaan yang ia butuhkan. Jadi, cara membuat artikel yang tak kalah penting adalah menentukan judul yang sesuai.
Ketika memilih topik bahasan yang akan Anda tulis, pasti Anda memiliki pemikiran lebih spesifik. Tema atau topik bahasan membantu Anda mempraktikkan cara membuat artikel yang membahas fokus tertentu. Agar susunan artikel Anda lebih relevan, buatlah sub judul, dan poin-poin penting yang akan Anda bahas nanti. Kerangka karangan akan membantu mengatasi permasalahan writer block para pemula.

4. Menyusun draf artikel

Cara membuat artikel selanjutnya adalah menyusun draf naskah dari sub judul dan poin-poin penting yang sudah Anda tentukan. Hindari membuat draf artikel yang berisi paragraf pembuka terlalu panjang atau bertele-tele. Orang akan bosan saat membaca kata pengantar yang terlalu panjang dan tidak langsung pada masalah inti.
Buatlah tujuan dan isi agar tulisan Anda lebih bernyawa atau tidak berisi banyak informasi yang tidak perlu ya! Cara membuat artikel yang baik, wajib menggunakan kalimat-kalimat efektif agar isi artikel Anda lebih mudah dipahami.

5. Lakukan revisi dan pengendapan

Coba Anda baca kembali artikel yang telah dibuat agar bisa menemukan informasi yang telah dimasukkan secara benar atau paragraf yang sebenarnya tidak perlu disematkan. Bahan evaluasi ini bisa menjadi patokan Anda dalam melakukan revisi ulang. Revisi berkaitan dengan penyuntingan informasi lebih padat dan menarik. Cara membuat artikel yang menarik dan mudah dibaca adalah mempersingkat paragraf-paragraf dalam artikel menjadi lebih komunikatif.

Cara membuat artikel yang baik adalah melakukan revisi beberapa ulang kali. Setidaknya Anda bisa mengecek kembali masalah penulisan, tanda baca, logika, dan lain-lain. Jika ada yang kurang tepat, Anda bisa langsung membetulkannya. Cara membuat artikel mungkin sudah Anda coba praktikkan dengan baik, tetapi Anda tetap butuh pengendapan.

Kesalahan para penulis pemula adalah merasa tulisan yang ia hasilkan merupakan karya terbaik sedunia. Dengan tingkat egoisme dan rasa percaya diri, ia terburu-buru mengirim artikel atau mengunggahnya di website. Jika terjadi kesalahan penulisan seperti typo sederhana, Anda jelas perlu waktu untuk memperbaikinya, bukan?

Agar tidak terjerat kejadian di atas, ada baiknya Anda mengendapkan tulisan terlebih dahulu. Biarkan tulisan Anda berada di file komputer selama beberapa waktu dan lakukan kegiatan yang lain terlebih dahulu. Anda akan menemukan titik kelemahan tulisan Anda setelah membacanya pada waktu yang lain lho! Cara membuat artikel berkelas adalah mengendapkan tulisan Anda agar bisa mengecek kekurangan dan kelebihan artikel beberapa hari kemudian. Cerita yang bisa memberikan informasi dan pengetahuan luas pada orang lain jelas menjadi tujuan tulisan Anda, bukan?

5 cara membuat artikel di atas bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin menjadi seorang penulis artikel pemula. Menulis artikel yang menarik dan enak dibaca bukan perkara gampang, tetapi Anda bisa menjadi penulis jitu, kok. Rajin praktik menulis menjadi salah satu kunci agar Anda bisa menulis sebuah artikel yang menarik dan informatif.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email