Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Cara Bayar Iklan Tiktok

Mudah Banget! Ternyata Begini Cara Bayar Iklan Tiktok!

August 11, 2022
No comments
Share

Apakah Anda penasaran bagaimana cara bayar iklan Tiktok? Jika ya maka Anda berada di artikel yang tepat. Sejak kemunculannya yang saat sedang trending dengan video lipsync, Tiktok kian berkembang menjadi platform besar di dunia.

Awalnya, platform ini bertujuan untuk menghibur. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, fungsinya berkembang. Hal ini sudah lumrah terjadi di berbagai platform di mana fungsi entertainment telah bergeser ke bisnis.

Lagi pula, entertainment sendiri memang sebuah wadah dan jalan yang menjanjikan. Di dunia ini, bahkan jutaan orang merasakan tekanan pikiran dalam bekerja. Karenanya, Tiktok sebagai sarana hiburan sangat membantu.

TikTok: Bergesernya Fungsi Platform

Kreator konten untuk Tiktok kian menjamur. Setelah itu, orang biasa yang memiliki jiwa kreatif hingga artis yang memang berkecimpung di dunia hiburan berlomba membuat konten menarik. Bahkan, banyak konten yang isinya bukan merupakan komedi maupun hiburan. Kisah sedih hingga kisah haru pun mengisi halaman akun-akun pengguna platform ini.

Baca Juga: Mau Tingkatkan Omzet dengan Iklan? Berikut Ini Kelebihan dari Facebook Ads dan Instagram Ads

Artis taraf nasional bahkan internasional banyak juga yang menggunakan platform ini. Kemudian deretan nama-nama artis ini kian bertambah setiap harinya. Beriklan di platform ini merupakan sebuah strategi bisnis baru yang patut dicoba mengingat banyaknya pengguna.

Cara Bayar Iklan Tiktok

Beberapa platform memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan penampilan iklan. Tiktok juga memberikan kemudahan itu. Namun, tetap saja ada beberapa ketentuannya. Ketentuan ini sebaiknya kita baca dengan seksama sebelum menyetujuinya agar tidak ada miskomunikasi. Kesalahpahaman interpretasi dapat berujung kekecewaan. Oleh karena itu, yuk kita baca.

Pertama, syarat utama adalah kita setuju untuk berkomunikasi dengan pihak platform melalui jalur elektronik. Semua informasi penting dikirim melalui fasilitas elektronik.

Kedua, berikut ini adalah beberapa poin penting lainnya:

  • Menyatakan menerima layanan. Dengan mendaftarkan bisnis untuk diiklankan di platform ini berarti kita telah menerima segala persyaratan dan ketentuan. Jadi, sebelum benar-benar mendaftarkan atau meng-klik tombol submit, pelajari dahulu semuanya.
  • Biaya. Biaya yang akan ditagih dikalkulasikan berdasar apa yang berlaku dalam program iklan dari platform ini.
  • Transaksi. Kita yang akan menggunakan jasa iklan harus mengetahui harga untuk paket iklan yang ditawarkan. Kesalahan penjumlahan karena ketidaktelitian kita bukanlah kesalahan platform. Kemudian pihak platform memegang diskresi penuh untuk memberikan beban biaya tambahan pada transaksi. Para pengguna (jika meneruskan pendaftaran iklan) dianggap setuju dengan segala ketentuan ini.

Cara Bayar Iklan Tiktok dan Metode Pembayarannya

Mulanya, saat akan menggunakan iklan, kita akan diminta memilih sebuah metode pembayaran.

Pembayaran otomatis

Pembayaran secara otomatis berarti kita mengizinkan aplikasi untuk menagih kepada kartu kredit maupun debit yang telah kita daftarkan. Informasi kartu yang kita berikan kepada platform harus lengkap seperti kode akses, nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan sebagainya.

Jika terjadi dua kali kegagalan penagihan pada kartu, platform memiliki kuasa penuh untuk menghentikan kampanye yang sedang berjalan. Jadi, jika kita ingin penagihan secara otomatis ini selalu berjalan mulus, pastikan segala tentang kartu yang kita daftarkan masih valid.

Tidak hanya penghentian kampanye yang sedang berjalan, platform juga akan menolak pengajuan kampanye iklan yang baru. Namun, tenang saja, Tiktok akan memberitahukan secara tertulis tentang status-status pembayaran ini. Kita bisa mengatasinya dengan cepat dan segera menggunakannya kembali.

Prabayar

Seperti provider seluler yang ada di negeri kita, platform video ini menyediakan cara bayar iklan Tiktok dengan metode prabayar. Di menu Tiktok terdapat 'saldo akun'. Saldo ini dapat diisi yang kemudian akan dapat kita gunakan untuk membayar kampanye iklan.

Jika kita menggunakan cara ini, kita harus selalu memastikan saldo cukup untuk membiayai iklan. Untuk iklan yang melebihi jumlah saldo (saldo tak cukup) maka proyek iklan akan ditolak.

Keuntungan dari menggunakan metode ini adalah kita tidak akan pernah over budget. Metode ini cocok untuk usaha kecil dengan budget terbatas. Sedangkan untuk pengusaha partai besar, metode ini justru bisa menjadi sandungan. Oleh karena itu, pertimbangkan cara yang tepat dilihat dari tujuan dan besaran usaha kita.

Pajak

Pajak disesuaikan dengan lokasi yang kita tempati. Setiap negara diterapkan kebijakan berbeda-beda sehingga tidak dapat dipukul rata. Untuk kita yang tinggal di negara Indonesia, penarikan pajak ini didasarkan pada PPN PMSE (Pajak Pertambahan Nilai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik). Besaran pajak tersebut adalah 10%.

Suatu kemudahan adalah pajak tersebut telah dihitungkan oleh platform dan telah dimasukkan ke dalam penagihan. Yang kita lakukan hanyalah membayarkan nominal yang disebutkan oleh platform.

Hak Platform Tiktok

  • Tiktok berhak untuk memeriksa segala identitas dan kelengkapan pengguna jika diperlukan. Termasuk yaitu pengecekan kelayakan kredit. Pemeriksaan ini dilakukan oleh platform sendiri atau pun pihak ketiga.
  • Platform meninjau setiap iklan yang diajukan dan berhak membatalkan jika dianggap menyalahi ketentuan.
  • Langkah pencegahan kerugian terhadap berbagai pihak, platform dapat membatalkan transaksi, menunda pembayaran atau melakukan pembatasan. Platform akan memberitahukan informasi tentang pembayaran kita kepada penyedia instrumen pendanaan.

Baca Juga: Penjualan Lebih Melejit dengan 8 Strategi Marketing yang Baik Ini

Berhubungan dengan poin sebelumnya tentang pembatalan transaksi, setiap transaksi yang batal dilakukan maka dana akan dikembalikan ke akun. Kemudian, pengembalian untuk akun yang ditutup juga akan dilakukan kecuali ada kecurigaan terhadap akun bahwa akun tersebut melakukan pelanggaran. Biaya yang ditimbulkan untuk transaksi pengembalian ini (misalnya: biaya transfer bank, dan lainnya) dibiayai oleh pengiklan. Mata uang yang digunakan adalah yang disepakati.

Properti yang Ditinggalkan

Bila sebuah akun memiliki saldo, dan saldo tersebut tidak dipakai dalam kurun waktu tertentu atau pengguna menon-aktifkan akun dan dalam 6 bulan tidak diaktifkan kembali (atau tidak dapat memenuhi syarat untuk pengaktifan kembali) saldo akan diproses untuk diserahkan kepada badan pengatur.

Kesulitan

Jika kita menemui kesulitan atau hambatan dalam cara bayar iklan Tiktok, jangan khawatir! Kita selalu dapat bertanya pada pihak platform. Kita dapat meminta bantuan melalui fitur bantuan pelanggan. Caranya adalah dengan meng-klik ikon tanda tanya yang tersedia, kemudian ajukan pertanyaan.

Akun Digunakan oleh Pihak Tidak Bertanggung Jawab

Jika akun kita terdapat transaksi mencurigakan, kita harus segera melaporkannya kepada pihak platform. Pihak platform akan membantu mengurus hal ini. Namun, setelah lewat dari 30 hari setelah transaksi dilakukan dan tidak ada laporan, maka hal itu akan dikesampingkan. Oleh karena itu, jika kita menemukan hal yang janggal, segera laporkan pada pihak platform.

Tanda Terima

Terakhir tapi bukan yang akhir yaitu tanda terima. Setelah bertransaksi, pihak platform akan mengirimkan invois dan tanda terima melalui alamat email (surel). Karenanya, pastikan sekali lagi bahwa email yang kita tuliskan adalah alamat email yang valid.

Pemberitahuan selain dua hal di atas akan diberitahukan melalui notifikasi akun. Jika terdapat perselisihan pendapat tentang penagihan ini, kita dapat memberi tahu pihak platform dalam kurun waktu 7 hari.

Meskipun begitu, penyelesaian sengketa ini tidak menghilangkan kewajiban akun untuk membayar, dan tidak pula menghilangkan hak platform untuk menagih. Hanya saja, kita diberikan waktu untuk menyelesaikan.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pendeknya, metode pembayaran terdapat dua, yaitu prabayar (isi saldo akun) dan otomatis (ditarik ke kartu yang didaftarkan). Untuk mendapat kelancaran memasang dan membayar iklan, kita harus mematuhi ketentuan cara bayar iklan Tiktok.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down