Tips Terbaik Menulis Deskripsi Produk
Tips Terbaik Menulis Deskripsi Produk

Tips Terbaik Menulis Deskripsi Produk

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Deskripsi produk atau yang biasa disebut dengan copywriting adalah hal yang perlu diperhatikan dalam dunia bisnis selain foto produk. Deskripsi produk adalah penjelasan secara lengkap serta sejelas mungkin mengenai produk yang dijual. Untuk menuliskannya tentu tidak boleh asal-asalan alias ada aturannya. Nah, karena itulah kita butuh tips terbaik menulis deskripsi produk.

Tujuannya disini adalah agar produk yang dijual secara online laku secara cepat dan pembeli akan lebih yakin terhadap produk yang Anda tawarkan. Foto terkait produk tidaklah cukup karena sifat foto hanyalah menampilkan gambaran produk dan ide dasar penjualan Anda bukan memberikan penjelasan lebih lengkap, rinci tentang produk Anda.

Bagaimana cara dan tips terbaik menulis deskripsi produk?

Memang benar jika dalam penjualan secara online biasanya calon customer langsung bertanya dengan mengontak nomor yang disediakan untuk meminta kejelasan. Namun, sebenarnya dengan adanya deskripsi produk sangatlah membantu serta lebih efektif serta efisien daripada menjawab secara satu persatu setiap pertanyaan customer.

Menulis deskripsi produk sangat bermanfaat untuk menarik perhatian calon customer supaya melanjutkan ke pembelian. Lantas apa sajakah itu? Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui ketika ingin menuliskan deskripsi produk:

1. Mengenalkan produk dengan menjelaskan apakah produk yang Anda jual.

Produk yang Anda jual harus dikenali oleh para calon pembeli. Maka dari itu, Anda harus bisa menjelaskan produk tersebut. Yang perlu dicantumkan adalah nama produk dengan dijelaskan dengan rinci. Hal ini ditujukan agar setiap calon pembeli yang ingin mencari produk Anda dapat menemukannya dengan mudah.

2. Memberi tahu dimensi dan ukuran produk yang Anda jual

Ukuran dimensi produk disini diartikan sebagai sesuatu yang perlu diisikan di dalam deskripsi produk dengan menginformasikan secara lengkap dan jelas yang disertai dengan ukurannya.

Semisal Anda menjual tas, maka cantumkan ukuran dimensinya secara detail, yakni ukuran 27 x 35 x 10 cm, sehingga dengan demikian orang akan berpikir dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

3. Informasikan kelebihan dan keunikan dari produk yang Anda jual.

Selain dimensi ukuran, hal penting dari tips terbaik menulis deskripsi produk adalah menjelaskan bahan baku produk, karena jenis bahan baku jika tidak dijelaskan melalui deskripsi produk tidak akan tergambar jelas hanya melalui foto produk saja.

Hal ini juga sangat membantu para calon pembeli untuk membedakan jenis bahan baku yang secara gambar memiliki sifat yang hampir sama, yakni kulit yang sintesis dengan asli atau kanvas dengan yang polyester. Selain pembeli mampu membedakan, juga mampu merasionalkan harga yang Anda tawarkan.

Hal yang terpenting adalah jika produk yang Anda jual adalah jenis yang memiliki kelengkapan berupa fitur, maka juga harus dijelaskan secara lengkap dan rinci.

4. Mencantumkan tata cara menggunakan serta merawat produk agar tetap awet.

Jika produk yang Anda jual adalah produk yang unik, cobalah untuk menjelaskan bagaimana tata cara penggunaan produk secara benar dengan tujuan agar pembeli tidak salah dalam menggunakannya. Selain itu, penting juga untuk mencantumkan tata cara membersihkan dan juga merawat yang baik karena setiap bahan baku dari produk membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Hal tersebut juga dapat membantu pembeli dalam merawat, sehingga produknya awet serta mereka akan puas dan senang dengan produk Anda.

5. Mencantumkan variasi produk secara konsisten dan jelas

Terdapat beberapa produk yang memiliki variasi, Contohnya variasi warna. Dengan mencantumkan variasi akan memudahkan pembeli dalam memilih variasi warna yang mereka inginkan.

Tips penting yang sering dianggap remeh adalah menambahkan kalimat sederhana dan singkat yang ditujukan untuk membuat pembeli lebih tertarik. Kalimat tersebut bisa berupa manfaat, kelebihan serta keunikan yang dimiliki produk Anda.

7. Menambahkan keterangan mengapa harus memilih produk yang Anda jual daripada yang lain.

Tips terakhir untuk menulis deskripsi produk adalah dengan menambah keterangan yang akan menjadi alasan agar produk Anda lebih dipilih oleh pembeli. Pilihan kata hendaknya perlu diperhatikan dalam mengemas keterangan tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips menulis deskripsi produk yang akan memberikan kejelasan dan pemahaman pembeli yang nantinya akan tertarik dan membeli produk Anda.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?