Google PageSpeed Insights dan Pengaruhnya pada Ranking Website | SAB Blog
Google PageSpeed Insights dan Pengaruhnya pada Ranking Website

Google PageSpeed Insights dan Pengaruhnya pada Ranking Website

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet, pastinya nilai Google PageSpeed Insights adalah hal yang harus diprioritaskan. Semakin tinggi nilai yang muncul, semakin tinggi pula ranking situs tersebut.

Apa PageSpeed Insights itu?

Antarmuka fasilitas Google ini menampilkan laporan performa situs yang dimasukkan. Tinggal masukkan alamat URL situs kemudian laporan performa di perangkat seluler maupun PC dan saran perbaikannya akan muncul. Laporan itu akan berisi skor kecepatan dan pengoptimalan serta saran pengoptimalan. Namun, fasilitas ini tidak digunakan untuk menguji kecepatan, melainkan saran perbaikan performa sebuah situs.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ranking Website

Seluruh situs yang berada di halaman mesin pencari berada di sana karena mereka menempati peringkat tinggi di mesin pencari tersebut. Ada beberapa teknik yang perlu dilakukan agar itu terjadi, seperti menyesuaikan dengan pembaruan algoritma dan beberapa faktor yang memengaruhi peringkat situs berikut ini.

HTTPS atau SSL

Pada tahun 2018, sebagian besar situs yang berada di halaman pertama mesin pencari menggunakan SSL. Situs yang menggunakan fitur pengamanan memiliki gembok berwarna hijau dengan alamat URL yang diawali dengan https, bukan http. Hal ini dilakukan Google untuk mengamankan data pengguna dan mencegah kejahatan yang bisa terjadi saat berselancar di internet.

Kecepatan Situs

Topik ini berhubungan dengan Google PageSpeed Insights yang sedang kita bahas dalam artikel ini. Kecepatan memengaruhi kemauan pengguna untuk tetap membuka halaman situs tersebut atau tidak. Semakin lama waktu akses ke suatu situs, semakin besar kemungkinan pengguna meninggalkannya. Tentunya Google tidak ingin kehilangan konsumen karena hal ini.

Beberapa hal yang dapat mempercepat kecepatan adalah mengurangi penggunaan plugin, memilih gambar dengan ukuran maksimal sekitar 624 mega piksel, serta menggunakan tema situs dan web hosting yang ringan.

Accelerated Mobile Pages (AMP)

Jika poin sebelumnya menjelaskan kecepatan situs secara umum, AMP adalah teknologi yang memungkinkan ponsel dapat mengakses sebuah situs dengan cepat. Pemilik situs pasti akan menggunakan teknologi ini untuk situs mereka untuk mengurangi bounce rate. Bounce rate adalah banyaknya halaman situs ditutup sebelum dibuka karena respons yang terlalu lama. Angka ini berpengaruh pada SEO.

Panjangnya Konten

Sebuah penelitian menemukan bahwa konten dengan panjang sekitar 2.000 kata ke atas lebih mudah ditemukan daripada yang berada di bawah itu. Namun, tidak banyak situs yang memiliki jumlah kata sebanyak itu. Biasanya, sebagian situs yang berhasil masuk halaman pertama mesin pencari memiliki konten dengan panjang sekitar 1.000 kata. Tentunya semua kata itu harus relevan dengan keyword yang digunakan.

Penggunaan Keyword Panjang

Keyword adalah senjata terkuat untuk bersaing dengan situs lainnya. Dulu, keyword yang digunakan umumnya pendek. Setelah berjalan cukup lama, keyword ini sulit digunakan untuk memenangkan persaingan sehingga digunakanlah keyword panjang. Selain itu, pembaruan Google juga lebih memilih konten panjang yang sarat informasi dan penjelasan.

Promosi Media Sosial

Promosi melalui media sosial dapat dilakukan dengan membagikan link situs ke akun media sosial. Semakin banyak orang yang membuka situs melalui link tersebut, semakin baik peringkat situs.

Jumlah Pengunjung

Tentunya jumlah pengunjung situs berpengaruh pada peringkatnya. Semakin banyak jumlah pengunjung semakin bagus peringkatnya. Namun, jumlah yang dihitung adalah jumlah pengunjung asli yang tidak menghasilkan bounce rate.

Pentingnya PageSpeed Insights

Jika dihubungkan dengan peringkat sebuah website, kecepatan hanyalah satu dari seluruh faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan peringkat di atas. Meski demikian, kecepatan menjadi hal pertama dan utama yang mendapatkan bobot terberat bagi performa suatu situs. Hal ini sangat menentukan apakah seseorang akan kembali lagi atau tidak. Jika faktor ini tidak terpenuhi, sama saja dengan sia-sia walaupun seluruh faktor lainnya terpenuhi.

Umumnya, dua detik tergolong standar untuk waktu load sebuah situs. Pengguna akan cenderung menutup sebuah halaman yang melebihi waktu tersebut. Hal ini tentunya berpengaruh pada jadi tidaknya membaca informasi dan menggunakan produk atau jasa kita.

Bagi semua orang yang belum paham SEO, merespons seluruh laporan dari Google PageSpeed Insights sudah cukup membantu meningkatkan peringkat situs. Agar lebih maksimal, gunakan saja jasa dari SAB Digital Agency yang menyediakan jasa sesuai dari konteks judul atau keywords pada artikel. SAB siap membantu mengoptimalkan bisnis secara online dengan penerapan teknik digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?