SAB
SAB, About SAB, digital marketing agency

Desain Logo dan Relevansinya Dengan Bisnis yang Kita Punya

February 17, 2021
No comments
Share

Sebuah bisnis tidak akan mudah dikenal tanpa adanya brand. Untuk membuat sebuah brand mudah diingat, desain logo harus tepat. Logo tentunya tidak boleh dibuat secarar asal, harus sesuai dengan konsep, visi, dan misi yang dijalankan perusahaan.

Di era digital ini, logo yang bagus adalah yang sederhana, namun unik sehingga mudah diingat banyak orang. Nah, bagaimana cara membuat desain logo dan relevansinya dengan bisnis yang kita punya?

Aturan Desain Logo Secara Umum

Dalam logo perusahaan harus ada nilai-nilai penting yang diangkat, seperti: kepercayaan dan nilai brand. Berikut adalah beberapa aturan desain logo secara umum:

  1. Harus mudah diingat pelanggan.

Logo adalah wajah perusahaan yang pertama kali akan dilihat calon konsumen. Ibarat garda depan, logo perusahaan akan ‘berbicara’ kepada dunia, mengundang mereka untuk datang dan mencoba produk perusahaan. Agar tidak mudah dilupakan, hindari mendesain logo yang ribet dengan warna yang menyakitkan mata.

Kuncinya adalah kesederhanaan. Contoh: gunakan maksimal tiga warna berbeda yang gradasinya berdekatan, dengan kombinasi huruf, angka, atau/dan simbol sesedikit mungkin.

  1. Ada makna tersirat dalam logo.

Apa makna yang tersirat dalam logo perusahaan? Ini juga yang harus jadi pertimbangan. Masukkan relevansi perusahaan yang kita punya ke dalam logo tersebut sebanyak mungkin. Salah satu elemen penting perusahaan yang harus dimasukkan adalah tagline.

Tagline adalah semboyan yang mencerminkan visi dan misi perusahaan. Tagline dapat dimasukkan ke dalam logo atau dijadikan simbol agar tidak memakan banyak tempat. Orang yang melihat juga akan mudah ingat.

  1. Desainnya harus unik.

Desain yang unik memang langsung dilihat orang. Namun, unik tidak harus selalu berarti ribet dengan grafik dan teks yang terlalu “canggih”. Akibatnya, jangankan diingat, baru dilihat saja juga memberikan kesan tidak nyaman.

Desain logo memang harus unik, namun usahakan tetap sederhana. Misalnya: cukup jadikan satu ciri unik pada logo yang membuat logo perusahaan yang bersangkutan terlihat benar-benar beda dari yang lain.

  1. Desain dapat berganti sesuai keperluan.

Ingat, desain yang sudah jadi sebenarnya tidak harus menjadi karya akhir. Bahkan, desain logo masih bisa berganti dan berkembang sesuai dengan keperluan. Memang, logo sebaiknya tidak selalu berganti-ganti, apalagi dalam waktu yang terlalu cepat.

Namun, ada kalanya logo perusahaan harus berganti. Misalnya: dalam rangka rebranding. Ini pun sebaiknya juga jangan terlalu sering. Lazimnya, rebranding logo perusahaan terjadi setelah bisnis sudah berjalan lama, seperti: 25 tahun atau seperempat abad. Bergantinya logo tersebut biasanya juga tidak jauh-jauh amat dari versi sebelumnya.

  1. Pilih warna yang mudah diingat namun nyaman dilihat.

Pilihan warna yang tepat dapat menjadi representasi perusahaan yang diwakili logo tersebut. Misalnya: perusahaan media untuk anak muda banyak menggunakan warna-warna ceria, seperti merah, biru, atau kuning. Perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan hidup menggunakan warna-warna hijau dan cokelat yang lekat dengan alam, seperti hutan.

  1. Pilih font dan ukuran huruf yang mudah dibaca.

Desain logo yang efektif adalah yang fleksibel. Logo harus bisa digunakan dalam berbagai format, mulai dari kartu nama, papan iklan (billboard), dan berbagai proyeksi lain. Untuk itu, pastikan font dan ukuran huruf yang dipilih untuk logo mudah dibaca dan diingat, bahkan dari jarak jauh sekali pun.

Anda bisa meletakkan singkatan nama perusahaan sebagai bagian dari logo atau simbol yang cukup jelas dan mudah diingat. Hindari font huruf ala pelukis mural jalanan yang ribet dan memusingkan saat dibaca. Meskipun kreatif, font bebas seperti itu tidak cocok untuk menjadi logo perusahaan.

  1. Bebaskan kreativitas saat membuat desain logo.

Nah, jangan ragu untuk berkreasi sebebas mungkin. Meskipun beberapa saran di atas terkesan mengekang, sebenarnya masih banyak ide untuk desain logo yang sesuai dengan relevansi perusahaan yang kita miliki. Jangan takut untuk mencoba berkali-kali hingga mendapatkan desain yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan urusan desain logo. Banyak ide dan cara untuk membuat logo dan relevansinya dengan bisnis yang kita punya. Butuh bantuan ekstra? SAB Digital Agency bisa melakukannya untuk Anda. Logo dapat dibuat sesuai dengan pesanan Anda.

Sumber: https://blog.sribu.com/id/desain-logo-penting/ https://www.mbizmarket.co.id/news/logo-dan-peranan-pentingnya-untuk-kemajuan-bisnis/ https://fastwork.id/logo-design

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
© 2021 SAB.id – PT Sinergi Antar Benua (SAB™). All rights reserved.
cross