Menggunakan Google Trend untuk Riset Potensi Online
Menggunakan Google Trend untuk Riset Potensi Online

Cara Menggunakan Google Trend Untuk Riset Potensi Online

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bicara soal masalah penjualan, seorang pebisnis tidak hanya perlu berfokus pada kualitas produk, tetapi juga apa yang sedang diinginkan oleh masyarakat. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengetahui cara menggunakan Google Trend.

Sebelumnya, mari berkenalan dulu dengan Google Trend. Google Trend pada dasarnya adalah sebuah platform besutan Google tempat pengguna bisa melihat tren-tren yang tengah hangat di kalangan masyarakat.

Selain untuk keperluan riset pembuatan artikel atau karya lainnya, Google Trend juga bisa digunakan untuk menyesuaikan produk dengan tren konsumsi di tengah masyarakat. Mengetahui cara untuk menggunakan Google Trend akan menjadi bekal yang bagus bagi perkembangan produk dan strategi pemasaran Anda.

Memulai Pengalaman Riset Terbaik dengan Google Trend

Penggunaan Google Trend sebetulnya cukup mudah untuk dipelajari. Anda hanya perlu masuk ke dalam situs https://trends.google.com. Jika Anda menginginkan pengalaman riset yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami, Anda bisa menggunakan laptop atau personal computer.

Di sana, Anda bisa langsung memasukkan topik yang ingin Anda ketahui trend-nya. Misalnya, jika Anda berjualan camilan untuk diet, Anda bisa memasukkan kata kunci camilan diet ke kolom teratas. Kemudian, pilih negara tujuan. Jika Anda memusatkan pasar ke negara Indonesia, pilihlah negara tersebut.

Anda akan masuk ke dalam halaman berisi kolom-kolom yang bisa dijadikan bahan untuk riset penjualan Anda:

  • Minat Seiring Waktu

Kolom Minat Seiring Waktu memberikan Anda petunjuk tentang tinggi-rendahnya pencarian warganet mengenai topik yang Anda cari sesuai dengan tanggal.

  • Minat Menurut Subwilayah

Dengan mencari minat menurut subwilayah, Anda bisa memfokuskan pemasaran digital pada wilayah tertentu. Misalnya, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan sebagainya.

  • Topik Terkait

Topik Terkait memberikan Anda informasi mengenai topik-topik yang ada hubungannya dengan kata kunci yang Anda masukkan sebelumnya.

Dengan memerhatikan elemen-elemen tersebut, Anda bisa menyimpulkan seberapa tinggi tingkat penjualan produk Anda dan dengan pendekatan apa Anda bisa memasarkan produk Anda.

Menggunakan Penelusuran Trending

Selain memasukkan kata kunci, Anda juga bisa menggunakan cara “pasif” dalam Google Trends. Cara itu adalah dengan menggunakan Penelusuran Trending. Penelusuran Trending akan memberikan kepada Anda daftar hal-hal yang sedang banyak dicari di Internet.

Layaknya penelusuran pada kluster-kluster sebelumnya, penelusuran ini juga bisa memberikan Anda pandangan mengenai tren yang sedang berlangsung di dunia, atau di negara tertentu. Anda bisa melihat tren berdasarkan waktu real-time atau secara harian.

 

Penelusuran trending ini juga disertai dengan berapa banyak jumlah pencarian terhadap kata kunci tertentu, sehingga Anda bisa memperkirakan seberapa masif tren tersebut.

 

Apa Pengaruh Google Trend Untuk Bisnis Anda?

Anda kini sudah mengetahui bagaimana Google Trend berfungsi dan bagaimana cara menggunakannya. Jika Anda sudah mencoba satu atau dua kali, Anda akan lebih memahami fungsi dan cara kerja Google Trend. Namun, apa pengaruh Google Trend terhadap bisnis Anda?

 

Ketika Anda berjualan di media sosial, pemasaran digital adalah aspek penting yang harus dilakukan untuk bisa meningkatkan penjualan produk. Anda harus bisa mengemas produk atau bahkan menjual produk yang memang sedang sesuai dengan tren.

 

Google Trend akan memberikan beberapa keuntungan ini untuk pemasaran digital Anda:

  • Mempermudah Anda mendapatkan insight tentang apa yang konsumen inginkan
  • Memberikan Anda pengetahuan mengenai apa yang sedang dibutuhkan masyarakat
  • Membuat Anda paham bagaimana cara untuk menarik konsumen melalui isu-isu terkini
  • Mempermudah Anda untuk mengetahui wilayah mana yang cocok untuk pemasaran digital Anda.
  • Memberi Anda informasi tentang kapan sebaiknya Anda meluncurkan iklan Anda melalui Google Ads atau melalui platform

Setelah Anda mengetahui fungsi dari Google Trend, maka kini tentu Anda memahami bahwa pemasaran digital itu begitu penting untuk bisnis Anda. Apakah Anda ingin mengoptimalkan pemasaran digital Anda? Kini saatnya untuk memulai pemasaran digital terbaik bersama SAB Agency.

Bersama SAB Agency, dapatkan teknik pemasaran digital terbaik yang bisa meningkatkan brand awareness dan juga membuat pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.

Mengetahui cara menggunakan Google Trend adalah langkah awal untuk bisa memaksimalkan pemasaran digital. Langkah selanjutnya, tentu bekerja sama dengan SAB Agency untuk mencapai target marketing yang lebih optimal!

Leave a Comment

Ready to start your project with us?