cara menghasilkan foto produk yang bagus

7 Tips Ampuh Menghasilkan Foto Produk Super Keren

Bisnis online tidak luput dari penggunaan fotografi. Pada bisnis online semua produk dipasarkan melalui foto, kemudian foto diunggah pada berbagai online shop supaya dilihat oleh para pembeli. Dari hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa foto produk merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online shop. Semakin bagus foto yang dihasilkan, maka makin banyak konsumen yang memerhatikan produk Anda.
Dari memerhatikan foto produk secara detail, konsumen juga memikirkan untuk mengambil keputusan membeli produk atau tidak. Wow, ternyata foto produk sangat berpengaruh sekali oleh sebab itu, Anda juga wajib mempelajari tips fotografi produk yang baik dan benar.
Biasanya membuat foto yang bagus hanya dapat dibuat oleh tukang fotografi saja, namun pada era yang semakin modern dan canggih ini semuanya dapat menghasilkan foto bagus. Asalkan Anda belajar, pasti dapat melakukannya. Proses belajar sangat mudah, karena Anda hanya tinggal mengikuti beberapa tips untuk mengambil foto agar hasilnya bagus.

Apa Saja Tips Mendapatkan Foto Produk yang Keren?

Pasti Anda semua sangat penasaran dengan cara mengambil foto produk yang keren. Tenang saja karena Anda bisa mengetahuinya dengan jelas. Produk yang Anda foto akan kelihatan lebih menarik daripada biasanya.
Lihatlah beberapa tips fotografi untuk menghasilkan foto produk yang sangat keren berikut ini:

  1. Mini studio
    Menggunakan mini studio adalah hal yang tepat untuk menghasilkan foto produk agar terlihat keren. Tidak perlu menyewa studio, karena Anda dapat membuat mini studio sendiri dirumah. Bahan yang digunakan dalam pembuatan mini studio sangatlah sederhana, yaitu kardus, background, lampu sorot, dan lainnya. Cara membuatnya juga mudah, Anda bisa melihat referensi pembuatan mini studio pada Youtube.

  2. Pilih kamera
    Foto produk yang bagus tentu saja dipengaruhi oleh kamera. Gambar yang diambil dengan menggunakan kamera terbaik, maka hasilnya akan sangat bagus. Bila Anda tidak memiliki kamera, maka dapat menggunakan kamera smartphone saja. Gambar dari smartphone memang tidak sebagus dari hasil jepretan kamera namun, Anda bisa mengambil gambar yang bagus dari smartphone bila berada di dalam ruangan yang cukup cahaya.

  3. Mengatur pencahayaan yang baik
    Setiap melakukan foto produk seharusnya Anda mengatur sumber cahaya yang digunakan. Anda bisa menggunakan sumber cahaya alami maupun lampu sorot untuk menerangi produk. Pasalnya, mengatur pencahayaan yang baik akan membuat foto produk Anda semakin terang dan jelas. Berbeda jika foto dilakukan dalam ruangan yang minim cahaya, pasti hasilnya buram dan fotonya kurang jelas.

  4. Mengambil foto dari berbagai sudut
    Foto produk harus diambil dari berbagai sudut. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi produk secara detail melalui foto. Bila foto tersebut terlihat detail, dijamin calon pembeli akan semakin yakin untuk membeli produk Anda. Cara mengambil foto dari berbagai sudut bisa dimulai dari bagian atas, bawah, depan, dan samping. Coba fokuskan pada detail produk, agar yang melihatnya puas.

  5. Edit foto
    Selesai mengambil foto sebaiknya Anda tidak langsung mengunggahnya, karena harus diedit terlebih dahulu agar foto produknya terlihat lebih bagus. Pada saat ini aplikasi edit foto sudah banyak, baik edit foto melalui smartphone atau PC.
    Gunakan salah satu aplikasi edit foto kemudian, mulailah untuk mengeditnya. Usahakan Anda melakukan edit sebagus mungkin namun, jangan sampai menutupi keaslian foto. Hal yang terpenting adalah Anda bisa meningkatkan kualitas gambarnya agar lebih baik dan bagus.

  6. Menggunakan model
    Membuat foto produk agar tampak lebih keren bisa juga dengan menggunakan model. Tujuan Anda menggunakan model, yaitu untuk memperagakan dan bergaya dengan produk jualan. Model akan menunjang untuk memberikan gambaran umum jika calon pembeli menggunakan produk tersebut. Hal ini akan memberikan nilai produk yang lebih dimata calon konsumen Anda.

  7. Buat ukuran foto yang besar
    Ukuran foto menentukan kualitas gambar produk Anda. Dalam mengambil foto produk sebaiknya menggunakan ukuran yang besar sehingga obyek foto makin terlihat tajam dan bagus. Bila Anda menggunakan foto dengan ukuran terlalu kecil, maka tidak dapat menunjukkan produk secara detail, sehingga calon konsumen akan kesulitan melihat produk secara jelas.

Biasanya ukuran foto yang sering digunakan untuk mendapatkan kualitas gambar bagus memiliki resolusi minimal 800 pixel. Semakin tinggi resolusi yang Anda gunakan, pasti hasil gambarnya semakin berkualitas.

Itulah berbagai macam tips mengambil foto produk supaya terlihat keren. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dalam mengambil foto produk yang bagus, karena bisa melihat referensi caranya diatas. Beberapa tips sudah dijelaskan secara detail, hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melakukan pengambilan foto produk sekarang juga. Pastikan setiap jepretan foto produk Anda bagus dan siap diunggah pada online shop atau akun media sosial.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email