Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Tugas Marketing Digital

Tertarik Jadi Digital Marketer? Ini 6 Tugas Marketing Digital

July 12, 2022
No comments
Share

Marketing digital adalah cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Sedangkan orang yang melakukan tugas marketing digital dinamakan digital marketer.

Beberapa tahun terakhir internet lebih banyak digunakan untuk mengadakan kampanye iklan dan memasarkan produk dan layanan. Karena selain berbiaya rendah, cara ini juga bisa memperluas target market.

Hampir semua perusahaan mengharuskan semua karyawan bagian marketing menguasai ilmu digital marketing. Agar bisa memberikan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis.

Lalu, apa saja tugas seorang digital marketer? Dan bagaimana cara mencari digital agency yang berkompeten? Akan dibahas selengkapnya pada artikel ini.

6 Tugas Marketing Digital

Secara garis besar, seorang digital marketer adalah membuat kampanye agar audiens menyadari adanya produk yang sedang dijual. Namun secara spesifik, tugas marketing digital adalah sebagi berikut.

Digital Strategy

Tugas utama seorang digital marketer adalah menjadi digital strategy, yaitu merumuskan marketing plan sesuai dengan tujuan perusahaan. Merumuskan misi sesuai dengan visi perusahaan.

Namun yang lebih penting dari semua itu adalah bagaimana memahami konsumen dan target market. Lalu merumuskan bagaimana cara menjangkau mereka sesuai dengan perilaku konsumen.

Langkah yang mereka lakukan adalah membuat iklan di berbagai platform internet marketing. Seperti website, social media, email marketing, dan lain sebagainya. Lalu mengevaluasi.

Apapun hasilnya bisa digunakan sebagai bahan laporan untuk Menejemen perusahaan. Jika hasilnya sesuai harapan, maka kampanye akan dilanjutkan. Jika tidak, akan diganti dengan cara yang lainnya.

Sebagai Content Writer

Selain sebagai digital analis, tugas marketing digital lainnya adalah sebagai content writer atau penulis konten. Kenapa harus bisa menulis? Karena konten yang sebenarnya adalah tulisan.

Konsep tulisan itu akan diubah dalam bentuk gambar, ilustrasi, dan video. Jadi seorang digital marketer harus bisa membuat tulisan yang relevan dengan produk. Baik untuk konten website maupun sosial media.

Tidak hanya tulisan review tentang produk. Tapi juga menulis copywriting yang menarik. Agar audiens tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Buatlah tulisan yang sesuai dengan citra perusahaan. Agar kampanye iklan lebih mudah diterima oleh audiens dan target market.

SEO Spesialis

Tugas SEO spesialis adalah bagaimana memasarkan produk dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian. Dengan menempatkan website marketing pada page one Google, situs akan lebih mudah ditemukan.

SEO spesialis akan merancang bagaimana cara menguasai halaman pertama sesuai dengan algoritma Google. Jika dalam setahun Google bisa merubah algoritma hingga 3.000 kali maka seorang SEO spesialis harus mampu mengikuti.

Pengetahuan algoritma harus terus di-update. Dengan cara ini pula seorang digital marketer bisa membuat sebuah produk atau jasa lebih unggul dibandingkan dengan produk pesaing.

Social Media Strategy

Tugas marketing digital selanjutnya adalah menjadi social media strategi. Tidak hanya sebagai pengguna social media saja. Tapi sebagai pengalaman social media dengan ruang lingkup yang lebih besar dan luas.

Termasuk juga social media yang dimiliki oleh pesaing. Apakah akan melakukan hal yang sama dengan pesaing atau tidak.

Seorang social media spesialis akan mengetahui siapa saja target market potensial. Dimana mereka lebih banyak berkumpul. Social media apa yang paling banyak digunakan. Apa hobi dan minat mereka.

Berapa usia dan apa jenis kelaminnya. Serta berbagai informasi lain terkait target market. Lalu, apa fungsinya? Membuat konten yang sesuai dengan target market.

Dengan konten yang sesuai, target market tidak hanya bisa dikonversi menjadi pembeli saja. Tapi juga bisa dijadikan pelanggan tetap yang selalu beli lagi dan lagi. Alias repeat order.

SEO spesialis juga yang akan memutuskan. Apakah perlu bekerja sama dengan influencer atau tidak. Agar kampanye iklan lebih mudah diterima oleh target market.

Paid Ads

Tidak hanya sebatas menjadi social media spesialis saja. Digital marketer juga harus tahu cara menyusun target iklan. Menghitung biaya pay per click dan membuat laporan hasil performa iklan.

Masih berkaitan dengan iklan. Paid Ads juga juga harus menyusun strategi iklan. Mulai dari Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.

Bagaimana membuat iklan dengan biaya sekecil-kecilnya dan konversi sebesar-besarnya.

Membuat Sales Funnel

Membuat sales funnel juga termasuk tugas marketing digital. Yang dimaksud dengan sales funnel adalah strategi tentang rencana penjualan yang akan dijalankan.

Mulai darimana target market mengenal produk, lalu melakukan riset lebih mendalam, hingga memutuskan untuk membeli. Karena dilakukan oleh seorang digital marketer maka sales funnel yang digunakan juga masih di internet.

4 Tips Mencari Digital Agency

Digital agency adalah perusahaan yang membantu pemasaran secara digital. Menjalankan semua tugas marketing digital.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa mereka, berikut beberapa tips sederhana memilih digital agency.

Tentukan Budget

Perusahaan digital agency yang profesional dan berpengalaman biasanya memberi tarif yang tinggi. Ini sebanding dengan kualitas hasilnya. Lebih bagus dengan konversi yang sesuai dengan ekspektasi.

Jika menginginkan menggunakan jasa digital agency seperti ini, Anda harus bersiap dengan budget yang tinggi. Jadi sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Semakin besar budget maka semakin baik hasilnya.

Lakukan Riset Online

Namanya juga digital agency. Pasti memiliki toko online untuk menjual jasanya. Baik website marketing maupun social media marketing.

Diantara mereka ada yang menerima semua klien dari berbagai industri. Tapi ada juga yang hanya fokus menangani satu bidang usaha saja.

Misalkan digital marketing yang hanya menangani usaha bengkel saja. Atau hanya menangani properti saja, produk herbal saja, dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah agar bisa memberikan servis terbaik untuk tugas marketing digital sesuai dengan pengalamannya. Karena fokus seperti inilah, tarif yang diberikan juga lebih mahal. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Lihat Portofolionya

Untuk memastikan apakah karya yang telah dihasilkan sesuai dengan harapan Anda atau tidak bisa dilihat dari portofolionya. Bagaimana hasil gambar dan video yang telah dibuat. Lihat juga bagaimana performa iklannya.

Selain itu, perusahaan mana saja yang menggunakan jasanya. Berapa lama digital agency tersebut berdiri. Jika memang terlihat meyakinkan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan jasanya beberapa bulan dulu.

Setelah terlihat hasilnya, Anda bisa memutuskan. Apakah akan terus menggunakan jasanya atau tidak.

Lihat Testimoni Pelanggan

Testimoni adalah bukti yang tidak bisa dibantah. Apakah digital agency tersebut berkompeten atau tidak. Jika memiliki testimoni positif yang banyak, tidak ada salahnya mencoba menggunakan.

Tapi jika lebih banyak testimoni negatif, sebaiknya cari digital agency yang baik. Agar biaya yang telah Anda keluarkan tidak sia-sia. Dan sales funnel yang telah dirancang juga bisa dilaksanakan dengan baik.

Itulah berbagai tugas marketing digital yang perlu Anda ketahui dan bagaimana cara mencari digital agency yang berkompeten. Menggunakan digital agency memang membutuhkan budget khusus, tapi hasilnya memang lebih baik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down