Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Search Engine Marketing adalah

Search Engine Marketing adalah Media Promosi Digital Masa Kini Paling Efektif

August 18, 2022
No comments
Share

Bisnis digital selalu ramai dengan warna-warni kreativitasnya. Setinggi apapun kreativitas yang para pelaku bisnis digital gunakan akan selalu kalah bersaing dengan mereka yang menggunakan strategi marketing search engine. Website mereka akan selalu berada dalam posisi teratas di pencarian Google. Search engine marketing adalah media promosi digital masa kini yang ramai peminat.

Para penggunanya mengharapkan website mereka akan sampai pada posisi puncak. Setidaknya lima teratas sesaat setelah mesin pencarian Google bekerja untuk mencari kata kunci tertentu.

Posisi puncak membuat website Anda menjadi pilihan pertama bagi para pengunjung. Mungkin saat mengunjungi website Anda, para pengunjung potensial ini belum ingin membeli produk atau jasa Anda. Namun, siapa yang tahu jika mereka akan kembali lagi ke website Anda setelah mendapat sentuhan dari sistem kerja search engine marketing.

Search Engine Marketing adalah Promosi yang Tepat Waktu

Banyak masyarakat yang anti terhadap iklan. Apalagi jika mereka sedang asyik menonton video dari platform tertentu lalu tiba-tiba muncul video dengan muatan iklan beberapa detik. Seketika mood mereka menurun.

Baca Juga: Strategi Digital Campaign Sangat Penting, Ini 6 Alasannya

Pasalnya iklan tersebut seperti memaksa masuk ke dalam memori mereka di saat sedang seru-serunya nonton. Pendekatan search engine marketing adalah yang ternyaman bagi para pengunjung potensial.

Ketika iklan Anda sudah menggunakan search engine marketing (SEM) maka Anda akan dapat dengan mudah menjaring pengguna yang sesuai kata kunci tertentu. Kata kunci ini berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sistem kerja SEM mampu meningkatkan peluang para calon pelanggan mengunjungi website bisnis Anda saat mereka mencari informasi.

Misalnya, seorang calon pelanggan sedang mencari serum wajah dengan kandungan centella asiatica. Selanjutnya, sistem SEM akan memilih beberapa kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda yang juga bermuatan centella asiatica dan serum wajah. Search engine ini akan mengarahkan pelanggan ke hasil pencarian berbayar, yaitu melalui website.

Dalam momen membaca hasil pencarian tersebut, para pelanggan sadar jika mereka mengunjungi website Anda karena memang sedang mencari sesuatu. Mereka berkunjung atas kemauan sendiri sehingga informasi yang mereka saksikan di depan mata dapat masuk ke memori otak mereka dengan penerimaan yang sangat baik. Ini adalah media promosi yang tepat waktu, yaitu saat pelanggan mencari, maka saat itu pula mereka mendapatkannya.

Sistem Kerja Search Engine Marketing adalah Mendorong Traffic ke Website

Kunjungan website bisnis adalah kunci suksesnya strategi marketing yang dilakukan sejauh ini. Traffic yang jauh lebih banyak ke website adalah tujuan yang jelas dari penggunaan search engine marketing. Selain itu, SEM juga mampu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Membuat calon pelanggan baru atau leads. Mereka adalah para pelanggan potensial yang memiliki minat terhadap suatu konten, produk atau jasa. Minat mereka tumbuh entah karena karakteristik suatu produk atau cara pemasarannya. Leads yang potensial ini menjadikan bisnis Anda selangkah lebih maju dalam hal mencapai titik angka penjualan tertentu. Anda bisa mendapatkan leads dengan menyediakan berbagai jenis form pendaftaran di dalam website bisnis. Leads juga saling terkait dengan SEO. SEM membuat teknik SEO ini bekerja dengan sangat cepat dan efisien sehingga angka leads bisa naik dan brand awareness produk Anda juga makin tinggi.
  • Membuat produk Anda pada akhirnya masuk dalam troli belanja para leads sampai mereka membayarnya.
  • SEM dapat membuat traffic kompetitor Anda pindah ke website bisnis.

Kelebihan Search Engine Marketing adalah Periset Terandal

Strategi dasar search engine marketing adalah riset dan pengelompokkan kata kunci. Anda mungkin pernah menggunakan teknik SEO (search engine optimization), bukan? SEO adalah salah satu bagian dari SEM dimana teknik ini membuat hasil pencarian organik menjadi optimal sehingga website Anda berada pada posisi teratas pada laman search engine. Beda SEO dengan SEM sukup signifikan. SEM melakukan pemasaran dengan cara meningkatkan traffic ke website melalui iklan dan hasil pencarian organik.

Riset keywords pada SEM akan sangat penting dalam kaitannya dengan iklan yang akan tayang. Algoritma SEM cukup rumit sehingga hasil akhirnya akan benar-benar relevan dengan kata kunci yang sedang Anda cari. Dengan kemampuan risetnya yang tinggi, para pelaku bisnis pun tak ragu lagi menggunakan layanan search engine marketing untuk bisnis digitalnya.

Berikut cara mudah menggunakan layanan search engine marketing.

  • Lakukan pendaftaran pada penyedia layanan SEM.
  • Selanjutnya, Anda bisa menentukan detil iklan seperti kata kunci, lokasi, dan lain-lain.
  • Tahap selanjutnya, search engine akan melakukan proses bidding antara para pemilik iklan yang menggunakan kata kunci sama.
  • Pemenang bidding akan bisa melihat namanya pada halaman hasil search engine.
  • Selanjutnya Anda akan mendapat laporan kinerja iklan. Setelah itu Anda bisa lanjut membayar sesuai dengan jumlah klik yang Anda peroleh dari iklan tersebut.

Search Engine Marketing adalah Strategi yang Sesuai Budget Anda

Beberapa pengguna SEM sering mengeluhkan betapa borosnya biaya yang harus mereka bayar per klik di iklannya. Namun, jika Anda menghentikan iklannya sekarang, maka Anda harus siap untuk hilangnya brand Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengelola keuangan Anda dengan baik selama Anda masih membutuhkan iklan dengan strategi SEM ini. Jika perlu, Anda bisa menyewa jasa akuntan untuk membantu Anda mengelola biaya untuk iklan tersebut.

Meskipun banyak pengguna SEM yang mengeluhkan kebocoran budget akibat pay per click di iklan, namun masih banyak yang mempercayakan SEM sebagai media promosi yang dapat mengontrol budget iklan mereka. Selain itu, strategi SEM ini lebih murah daripada iklan yang harus mereka pasang di televisi, radio, majalah, dan koran. Kemudian, target leads-nya juga jauh lebih jelas daripada menggunakan iklan tradisional.

Kelebihan lainnya yang berhubungan dengan budget dari strategi search engine marketing adalah Anda dapat mengetahui posisi terbaik untuk sebagian besar anggaran yang Anda punya supaya penjualan meningkat. Penjualan meningkat juga karena traffic dalam website yang membawa para pelanggan baru potensial.

Baca Juga: 6 Ide Digital Campaign Ini Bisa Anda Tiru untuk Membantu Bisnis Melesat

Para pelanggan baru ini pada akhirnya melakukan transaksi pembelian karena menemukan aneka manfaat dari produk yang Anda jual. Aneka manfaat itu Anda sajikan dalam teks iklan yang jelas, terarah, dan langsung ke targetnya.

Misalnya, Anda membuat produk pencerah wajah untuk anak-anak remaja yang sedang mengalami transisi dari masa kanak-kanak. Ini merupakan suatu tantangan tersendiri. Anak-anak remaja ini merupakan Gen Z yang saat ini menjadi target market untuk banyak produk kosmetik. Mereka juga tak ragu untuk mengeluarkan uang demi menjaga penampilannya selalu paripurna.

Dalam iklan produk tersebut, Anda dapat menggunakan teknik SEM yang straight to the point menyasar ke anak-anak remaja usia 15 sampai 19 atau 20 tahunan. Para orang dewasa juga bisa masuk menjadi target Anda saat mereka mencari produk pencerah wajah untuk keponakan atau adik mereka.

Menggunakan atau tidak menggunakan search engine marketing adalah kuasa Anda sendiri. Jika Anda sulit untuk mempromosikan produk berkualitas Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan SEM dengan budget yang dapat Anda kontrol sendiri. Salam sukses selalu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down