Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Jangan Salah Strategi, Pelajari 5 Cara Mengoptimalkan Email Marketing

Jangan Salah Strategi, Pelajari 5 Cara Mengoptimalkan Email Marketing

January 13, 2023
No comments
Share

Jika Anda ingin bisnis online Anda berkembang, maka email marketing adalah salah satu strategi yang perlu dipertimbangkan. Tidak hanya murah, tetapi email marketing juga memiliki tingkat konversi yang tinggi jika dilakukan dengan benar.

Namun, untuk mencapai tujuan ini, Anda perlu mengoptimalkan email marketing secara SEO friendly agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Berikut adalah beberapa tip yang dapat membantu Anda mengoptimalkan email marketing dan meningkatkan konversi.

Pentingnya Email Marketing untuk Pemasaran Bisnis

Jangan Salah Strategi, Pelajari 5 Cara Mengoptimalkan Email Marketing
Ilustrasi Gmail

Menilik hasil survei data dari HubSpot dan invesp, 85,4% pemasar digital memanfaatkan otomatisasi sebagai bagian dari strategi email marketing mereka. Oleh karena itu, jika Anda tidak memanfaatkan pemasaran email otomatis, pesaing Anda mungkin akan melakukannya. 

Strategi pemasaran dengan email marketing memberikan peluang bagi Anda untuk meningkatkan konversi penjualan–bahkan hingga sebesar 14%. Hal ini adalah cara untuk mengirimkan penawaran unik kepada pelanggan–seperti mengirimkan informasi penjualan produk, konten edukasi penting yang gratis, dan pembaruan layanan–dengan informasi yang tidak dapat diperoleh pembaca Anda di tempat lain.

Selain itu, Anda akan menjadi lebih mudah menjangkau kedekatan hubungan dengan customer. Sajikan artikel mini yang merujuk pada kampanye digital atau informasi produk bisnis Anda. Perlu diperhatikan, jangan terus-menerus mengirimkan pesan berjualan karena akan membuat mereka beranggapan pesan Anda tergolong spam. Sebelum melangkah lebih jauh, pahami juga apa itu email marketing..

Cara Mengoptimalkan Email Marketing yang Bisa Memikat Customer

Jangan Salah Strategi, Pelajari 5 Cara Mengoptimalkan Email Marketing
Ilustrasi brainstorming

Subjek yang memikat

Email marketing merupakan saluran pemasaran digital yang berbeda dari yang lainnya. Jika media pemasaran digital sejenis unggahan media sosial, iklan berbayar, atau artikel di blog langsung terpampang isi kontennya, email marketing akan muncul notifikasi terlebih dahulu dan yang terpampang adalah bagian Subjek pesannya.

Sebuah data penelitian dari Stanford Graduate School of Business memaparkan, email yang menyertakan nama penerima pesan di baris Subjek meningkatkan potensi diklik sebesar 20% sekaligus mengurangi berhenti berlangganan sebesar 17%. Belum lagi jika meningkatkan kemungkinan transaksi sebesar 6x lipat.

Tiga hal yang harus diperhatikan saat membuat Subjek yaitu harus menarik, tidak terlalu panjang, dan bersifat FOMO (Fear of Missing Out) atau copywriting yang memacu penerima pesan untuk segera mengklik lalu membukanya. Pancing emosi si penerima pesan, tetapi jangan sampai terkesan umpan klik (clickbait).

Personalisasikan isi pesan

Cara efektif untuk mengoptimalkan email marketing yaitu memberikan personalisasi kedekatan dengan para subscribers. Berupayalah untuk tidak merasa asing dengan penerima pesan. Buat seolah-olah Anda menyampaikan pesan tersebut tertuju hanya untuk satu orang. Jika Anda mengetahui nama atau data tertentu berdasarkan dari hasil riset, sesuaikan dengan hal-hal itu.

Pada beberapa situasi dan kondisi, customer akan merasa diperhatikan, terapresiasi, dan merasa tiada ada jarak pemisah dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggaet sisi emosional customer dari situ.

Tampilan konten email

Copy + desain = kombinasi terbaik! Selain Anda harus menyelaraskan informasi pesan yang Anda kirim, cobalah untuk mendesain tampilan isi konten. Bayangkan jika Anda menerima email marketing yang penuh dengan tulisan saja atau desain yang acak-acakan perpaduan komponennya. Terkesan membosankan, bukan? Lantas, bagaimana mengoptimalkan email marketing?

Maka dari itu, cobalah menata segala elemen dan komponen secara lebih rapi kemudian copywriting diaplikasikan ke dalam banner atau papan desain. Pastinya akan tampak lebih menarik dan orang tidak hanya akan membaca pesannya, sekaligus juga mencoba-coba klik tombol CTA yang Anda sediakan di dalam pesan.

Baca Juga: 7 Kekurangan dan Kelebihan Infografis dalam Visualisasi Data

Intensitas pengiriman

Frekuensi pengiriman email marketing janganlah terlalu sering, pada awal permulaan, cobalah untuk mengirimkan 1–2 kali dalam satu minggu. Lakukan dalam satu bulan penuh, jadi total keseluruhan pesan yang Anda kirimkan dalam satu bulan yaitu maksimal 8 pesan. 

Selanjutnya, analisislah performa email marketing Anda dengan menggunakan acuan CTR (Click-Through Rate), CTOR (Click-to-Open Rate), dan Open Rate. Jika performanya baik atau meningkat, tambah pengiriman pesan menjadi 3 kali dalam satu minggu atau total keseluruhan dalam satu bulan yaitu 12 pesan. Tentunya, bobot atau kualitas informasinya harus lebih menarik agar mereka tidak jenuh.

Waktu pengiriman 

Kapan waktu terbaik untuk melakukan blast email marketing? Jawabannya tergantung dari objektivitas temuan data masing-masing industri atau bisnis.

Namun, berdasarkan laporan analisis Moosend, hari Kamis dapat berpotensi meraih open rate yang tinggi, hari Selasa merupakan hari terbaik kedua setelah hari Kamis, hari Sabtu merupakan hari yang berpotensi mendapatkan open rate yang rendah, dan jam 08.00–09.00 merupakan jam terbaik untuk blasting email marketing.

Dengan adanya acuan tersebut, mengoptimalkan email marketing campaign yang tadinya Anda anggap buram kini menjadi lebih tercerahkan. Namun, Anda tidak perlu benar-benar ajek mengikuti aturan data di atas. Sesuaikan saja dengan industri bisnis dan jenis email marketing yang akan dikirimkan.

Misalkan Anda ingin mengirimkan informasi bertema “berangkat liburan dengan bujet hemat”, berarti lebih cocok dikirimkan pada hari Jumat atau Sabtu yang menjelang masa akhir pekan.

Seperti itulah cara mengoptimalkan email marketing untuk keperluan bisnis pemasaran Anda. Semoga informasi di atas dapat menjadi sesuatu yang bermakna untuk lebih menambah keilmuan Anda bersama dengan tim dalam mengoptimalisasi aset digital marketing. Kini saatnya Anda membuktinya cara email marketing bekerja untuk bisnis Anda.

SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.

Selain itu, kami sudah menjadi bagian dari Google Partner, jadi kredibilitas dan cara kerja kami seluruhnya akan kami dedikasikan yang terbaik untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down