Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Cara Bayar Iklan TikTok

Pahami Bagaimana Cara Bayar Iklan TikTok, Jenis, dan Membuatnya

September 5, 2022
No comments
Share

TikTok tidak hanya media sosial joget saja. Tapi juga bisa digunakan sebagai media digital marketing. Selain banyak penggunanya, cara bayar iklan TikTok juga sangat mudah. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk meningkatkan penjualan dengan target market milenial.

Meski TikTok digunakan banyak kalangan, namun sebagian besar pengguna TikTok adalah gen Z. Dengan rentang usia antara 16 hingga 24 tahun yang memiliki bakat dan minat tentang kreatifitas.

Sama seperti Instagram dan Facebook, TikTok juga memiliki fitur Ads. Yaitu fitur iklan yang bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan berbagai jenis produk dan layanan pada audiens. Banyaknya pengguna aplikasi ini membuat TikTok layak digunakan sebagai media online yang potensial.

Jenis-jenis Iklan TikTok

Ada beberapa macam iklan yang disediakan oleh TikTok Ads. Dan cara bayar iklan TikTok sesuai dengan jenis iklan yang Anda gunakan.

Jenis Brand Takeover

Jenis iklan yang pertama adalah brand takeover, yaitu jenis iklan yang muncul pertama kali saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Berbentuk full screen dengan durasi yang cukup lama, antara 3 hingga 5 menit.

Baca Juga: Teruslah Membersamai Social Media Influencer Marketing Biar Fulus Jalan Mulus

Bagi pengguna yang tidak suka dengan tayangan iklan, waktu 3 hingga 5 menit itu sangat lama. Tapi mereka memiliki pilihan untuk skip iklan atau tidak melanjutkan melihat iklan hingga selesai.

Jika Anda ingin menggunakan iklan jenis brand takeover ini, cobalah untuk mengemas iklan dengan sebaik mungkin di detik pertama. Buatlah iklan yang menarik perhatian audiens hingga mereka bersedia menontonnya hingga akhir.

Tidak hanya memikat saja. Tapi juga dengan singkat dan tepat sasaran sejak di detik pertama.

Jenis Hashtag Challenge

Seperti namanya, iklan jenis hashtag challenge adalah iklan yang muncul pada halaman discovery. Bukan di halaman pertama. Iklan ini memiliki kekuatan pada hashtag. Sehingga ketika audiens mencari informasi dengan menggunakan hashtag, iklan ini akan muncul pertama kali.

Jenis Iklan In-Feed Video

Yang dinamakan dengan iklan In-Feed video adalah iklan yang muncul pada FYP pengguna setelah melakukan beberapa scroll. FYP atau for your page adalah halaman yang berisi beberapa video rekomendasi. Baik yang baru saja tayang, sedang menjadi trending, hingga video yang sedang viral.

Dengan menempatkan pada FYP, video iklan diharapkan mampu menarik perhatian pengguna. Karena iklan akan berbaur dengan banyak video pengguna TikTok lainnya.

Iklan Top View Ads

Jenis iklan top view Ads adalah iklan yang paling banyak dipilih oleh advertiser. Karena cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk. Karena dipasang pada feeds paling atas pengguna.

Selain penempatan pada lokasi yang strategis, iklan jenis ini juga memiliki durasi yang panjang. Hingga 60 detik. Sehingga memungkinkan advertiser melakukan kampanye iklan lebih bebas dan luas.

Iklan Branded Augmented

Bagi Anda yang suka membuat sticker atau filter, pilihan iklan branded augmented adalah pilihan yang paling tepat. Karena jika banyak pengguna yang menggunakan sticker atau filter dari brand Anda, maka brand awareness lebih mudah naik.

Agar kampanye iklan berhasil, Anda cukup membuat sticker atau filter yang menarik dan sesuai trend. Sesuaikan juga dengan target market yang Anda tuju.

Cara Agar Iklan TikTok Mudah diterima

Mengemas iklan dengan baik adalah cara yang bisa Anda lakukan agar iklan mudah diterima oleh user. Tidak hanya ditonton saja. Tapi juga menggerakkan user untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Seperti membeli produk, menggunakan layanan, mendownload e-book, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara mengemas iklan yang baik? Begini cara mudahnya:

Sampaikan Pesan Sesingkat Mungkin

Tujuan penggunaan membuka aplikasi TikTok adalah ingin mengunggah video atau menonton video orang lain. Bukan menonton iklan. Tapi jika mereka memutuskan untuk menonton iklan hingga selesai, maka bisa dipastikan iklan memang menarik dan layak untuk ditonton.

Ingin iklan yang ditonton pengguna hingga selesai? Buatlah iklan sesingkat mungkin. Beri value pada tiap detik yang disajikan. Buat penonton penasaran hingga memutuskan untuk menontonnya hingga selesai. Dengan cara seperti ini, pengguna akan suka rela menonton iklan tanpa melakukan skip di awal.

Baca Juga: Simbiosis Mutualisme Lewat TikTok Affiliate Marketing

Gunakan Visual yang Menarik

Fokus utama penyajian iklan tidak hanya value saja. Karena value yang baik bisa diterima jika disajikan dengan tampilan visual yang menarik juga.

Gunakan video dengan resolusi yang tinggi. Terlihat jelas dan tidak terputus-putus. Sehingga pengguna merasa nyaman melihat iklan dan memutuskan untuk melihatnya hingga selesai.

Sesuaikan dengan Tren

Sudah disinggung di atas bahwa pengguna TikTok itu mayoritas geng Z. Alias milenial dengan usia 16 hingga 24 tahun. Usia yang paling banyak menyukai dunia kreatifitas. Selalu update dengan tren yang ada.

Maka dari itu, buatlah konten yang disesuaikan dengan tren. Untuk menemukan ide terbaik membuat konten, rajin-rajinlah mengupdate tren yang sekarang ada. Lalu aplikasikan dengan konten yang relevan dengan produk atau layanan.

Cara Bayar Iklan TikTok

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan dan bagaimana cara memasang iklan yang baik di TikTok, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara bayar iklan TikTok. Sama seperti platform digital lain, TikTok juga memiliki skema pembayaran yang berbeda.

Ada dua cara bayar iklan TikTok yang bisa Anda pilih. Yaitu metode pembayaran prabayar dan metode pembayaran otomatis.

Metode Pembayaran Prabayar

Cara bayar iklan TikTok yang pertama adalah dengan menggunakan cara prabayar. Anda menyediakan saldo dengan jumlah yang ditentukan oleh TikTok sesuai dengan paket yang Anda pilih.

Dengan pembayaran yang dilakukan di muka, advertiser tidak perlu repot-repot menghitung berapa lama iklan yang telah ditayangkan. Karena iklan secara otomatis akan berhenti jika saldo yang Anda berikan telah habis.

Kelebihan metode prabayar ini adalah tidak adanya tagihan terkait ikan TikTok yang telah Anda tayangkan. Advertiser bisa melakukan kampanye iklan sepanjang memiliki dana sebagai biaya iklan.

Metode Pembayaran Otomatis

Selain menggunakan metode prabayar, Anda juga bisa menggunakan cara bayar iklan TikTok secara otomatis. Dengan cara menggunakan sistem auto debet. Atau dengan menggunakan tagihan kartu kredit segera setelah iklan ditayangkan.

Baca Juga: Mudah Banget! Ternyata Begini Cara Bayar Iklan Tiktok!

Kelebihan iklan dengan cara ini adalah leluasa menggunakan layanan TikTok Ads. Sebesar apapun Anda membutuhkan iklan, pihak TikTok bisa melayani dengan maksimal.

Sayangnya cara pembayaran otomatis ini juga memiliki kelemahan. Yaitu memunculkan sikap konsumtif iklan. Tidak terkontrolnya kampanye ikan ini bisa menyebabkan biaya iklan lebih tinggi dibandingkan dengan konversi yang didapatkan.

Lalu mana yang lebih baik? Sistem prabayar atau bayar otomatis? Jawabannya adalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jika biaya iklan terbatas, sebaiknya pilih layanan prabayar. Jika budget biaya iklan tinggi, pembayaran otomatis lebih memberikan keuntungan.

Itulah penjelasan singkat terkait jenis iklan, bagaimana cara kampanye terbaik dan cara bayar iklan TikTok. Dari sini Anda bisa menganalisis lalu mengambil keputusan. Apakah TikTok layak digunakan untuk kampanye iklan produk atau tidak.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down