Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Influencer Marketing TikTok

Mau Kerja Sama Bareng Influencer Marketing TikTok? Cek Dulu Info Penting Ini

July 9, 2022
No comments
Share

Anda mungkin sekarang masih berkutat dengan eksperimen demi eksperimen dalam usaha pemasaran sosial di TikTok. Entah itu untuk mempromosikan sesuatu, berjualan produk, atau menawarkan jasa. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk menggandeng influencer marketing TikTok guna menjadikan semua eksperimen itu berhasil?

Orang-orang yang bergerak menjadi influencer marketing di TikTok sangat paham betul betapa platform yang digandrungi para milennials dan Gen Z ini bisa mendatangkan cuan bagi siapapun.

Apapun yang Anda iklankan akan membuat tertarik selama Anda memakai cara yang sesuai dengan para Gen Z dan milenial. Sebuah perusahaan riset, eMarketer, mengungkapkan hasil studi mereka yang menyatakan jika TikTok memiliki lebih banyak pengguna Gen Z di akhir tahun 2021 dan jumlah mereka akan terus meningkat hingga tahun 2023.

Mereka menguasai sekira 60 persen dari pengguna aktif TikTok. Sementara itu, ada sekira 40 persen pengguna TikTok aktif dari kalangan milenial. Pergerakan demi pergerakan yang dilakukan oleh para influencer marketing di TikTok akan banyak menyasar dua generasi ini. Siapapun Anda dan apapun konten yang Anda unggah, Anda akan selalu bisa menarik audiens.

Apa Itu Influencer Marketing TikTok?

Kita hidup di era digital dengan media sosial menjadi wadah yang sangat penting digunakan dalam pemasaran. Orang-orang dengan jumlah followers sangat banyak di media sosial selalu memiliki pengaruh kuat terhadap para pengikutnya. Apapun yang mereka lakukan akan diamati lalu ditiru oleh para pengikutnya. Tak heran jika dalam waktu singkat mereka bisa menjadi influencer dengan tingkat pengaruh tinggi.

Sebuah survei di MuseFind mengungkapkan jika konsumen lebih mempercayai para influencer dibandingkan endorsement atau iklan yang menggunakan selebriti. Sebanyak 92 persen konsumen yang aktif di media sosial ini sangat tertarik pada cara penyampaian, eksperimen, dan hasil yang influencer peroleh dari suatu produk atau jasa yang ia promosikan.

Influencer marketing TikTok bekerja layaknya influencer media sosial lain. Ini adalah sebuah produk semacam kampanye berbasis konten di TikTok. Orang-orang yang menjalankan teknik pemasaran digital ini tahu betul bagaimana membangun ikatan (engagement) dengan para pengikutnya. Tidak hany itu, juga membangun kepercayaan dengan jutaan followers-nya, menjadi trendsetter untuk menggunakan sebuah produk, meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya suatu brand.

Bahkan bisa untuk membangun parttnership, dan menentukan target audiens hingga suatu produk bisa melesat sukses dari sisi penjualan dan pengaruh pasar.

Keuntungan Menggunakan Influencer Marketing TikTok

Anda mungkin pengguna aktif TikTok yang lama melakukan eksperimen ini dan itu untuk bisa meningkatkan viewers dan angka penjualan produk Anda. Sudah berapa lama Anda melakukan eksperimen itu? Apakah satu atau dua bulan? Atau justru sudah satu atau dua tahun dan belum berhasil juga? Inilah saatnya Anda menggunakan influencer marketing Tiktok yang pasti akan memberikan Anda banyak keuntungan.

Menggunakan influencer marketing di TikTok kurang lebih sama dengan platform lainnya. Produk kampanye berbasis konten ini bisa mendatangkan keuntungan sebagai berikut.

Menentukan Target Viewers

Masing-masing platform memiliki influencer marketing yang berbeda. Target audience di Instagram, misalnya, orang-orang yang bekerja di balik influencer marketing Instagram akan lebih menargetkan para millennials dan travellers.

Sementara itu, influencer marketing TikTok akan lebih menargetkan Gen Z dan millennials. Ketika komunitas pembuat konten di dua target ini sudah terbangun, maka para pengguna akan bertahan di platform ini dan terus berkomitmen membuat konten yang semakin menarik dari waktu ke waktu.

Meningkatkan Kepercayaan Banyak Konsumen Terhadap Suatu Produk

Saat Anda menggunakan influencer marketing di TikTok, Anda harus siap jika produk Anda diserbu oleh para pengikut influencer yang sedang mempromosikan produk Anda.

Para influencer yang menggunakan produk Anda akan bercerita keunggulan-keunggulan produk Anda kepada para pengikutnya. Mereka akan menjadi trendsetter dan orang-orang mulai mengikutinya untuk menggunakan produk yang sama.

Konten Segar dan Menarik

Para influencer bekerja dengan kreativitas demi kreativitas agar konten yang mereka hasilkan selalu segar dan menarik. Keinginan para pengikut maupun audiens baru untuk mencoba produk yang disajikan secara unik itupun meningkat.

Lebih Murah Menggunakan Influencer Marketing TikTok

Dengan segudang keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan influencer marketing di TikTok Anda bisa menghemat budget untuk iklan besar. Bahkan ada sejumlah influencer yang tidak mematok tarif tertentu untuk melakukan promosi produk Anda.

Brand Awareness

Produk atau merk baru seringkali sulit mendapat perhatian para audiens. Namun, para influencer marketing di TikTok akan selalu bisa meningkatkan brand awareness dengan opini yang mereka lontarkan mengenai suatu merk. Konsumen jadi lebih mengenal brand atau produk tertentu dengan cara yang lebih menyenangkan dan mengena.

Strategi Marketing untuk Segala Bisnis

Anda tak perlu kecil hati jika bisnis Anda masih bertumbuh atau bisnis kecil. Kehadiran influencer marketing di TikTok bisa menjangkau semua generasi di platform ini. Terutama Gen Z dan millennials yang aktif di media sosial. Sebanyak 85 persen Gen Z menggunakan media sosial untuk mempelajari produk baru dari video-video pendek yang padat, jelas, dan atraktif.

Membangun Partnership

Setelah engagement dengan para konsumen terjalin erat karena ‘ulah’ influencer marketing di TikTok, maka Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya yang bisa mendatangkan keuntungan jauh lebih besar. Mungkin Anda akan melakukan bisnis jangka panjang dengan influencer marketing TikTok berupa joint ventures dan peluang lain di bisnis digital.

Bekerja Sama dengan Influencer Marketing TikTok

Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum bekerja bersama dengan para influencer marketing di TikTok. Mengingat mereka adalah para pekerja kreatif yang mungkin berbeda kebanyakan karyawan Anda.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut saat akan menuliskan brief untuk para influencer marketing di TikTok.

  • Influencer marketing di TikTok mampu menginterpretasikan suatu goal utama kliennya. Anda hanya perlu memberitahu soal tujuan utama Anda kepada mereka. Anda tak perlu menentukan tema untuk keseluruhan konten.
  • Informasikan harapan untuk konten yang akan dibagikan. Anda perlu menjelaskan singkat saja mengenai konten yang ingin dimiliki untuk promosi. Apakah itu satu video saja, video dengan sisipan drama, video tutorial dengan seorang influencer berbicara santai kepada audiens di depan kamera, atau video transformasi.
  • Resonansi adalah goal dari para influencer marketing TikTok ketika mereka mengunggah sebuah konten. Sebaiknya tidak membatasi seorang influencer terlalu banyak agar konten produk Anda bisa lancar beresonansi dengan para audiens.
  • Selalu meminta izin untuk membagikan ulang konten mereka. Anda perlu mengutarakan keinginan secara jelas tentang hak merek agar bisa menggunakan konten influencer marketing ini untuk pemasaran di platform lainnya. Hal kecil ini bisa membuat ikatan kerja sama semakin kuat. Anda tidak hanya saling percaya, tetapi juga saling menghargai satu sama lain.

Selamat melakukan promosi seru dengan para influencer marketing TikTok dan jadilah sukses lebih cepat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down