Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Manfaat Google Ads untuk Bisnis

Manfaat Google Ads untuk Bisnis yang Terarah Sampai Mencetak Gol

September 21, 2022
No comments
Share

Bisnis digital tidak pernah sepi meskipun terjadi gempuran inflasi. Apapun yang dijual atau tawarkan secara online, pasti akan selalu ada pembelinya. Peluangnya sangat besar jika meletakkan bisnis di dunia maya. Banyak brand bersaing di bisnis digital. Baik brand besar maupun brand kecil. Mereka memiliki kekuatan yang sama dengan tools pemasaran yang bisa mereka pilih sejak awal.

Sebagian besar sudah merasakan manfaat Google Ads untuk bisnis. Pengusaha hari ini tidak mungkin tidak menggunakan tools keren ini mengingat Google Ads adalah bagian dari mesin pencari raksasa yang selama ini kita pergunakan untuk menjelajahi apapun dan di manapun berada.

Mengapa Perlu Mengambil Manfaat Google Ads Untuk Bisnis?

Pemasangan iklan adalah kunci membuka peluang sebesar-besarnya untuk mendapatkan calon-calon pembeli potensial. Setiap bisnis pasti butuh iklan untuk melakukan promosi.

Namun, adakalanya pemasangan iklan ini terbentur di budget. Dana untuk memasang iklan besar sangatlah tinggi. Sementara, iklan besar itu memiliki daya untuk menarik pelanggan lebih banyak. Lalu, bagaimana jika dana yang ada cukup terbatas?

Baca Juga: Kapan Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Influencer Marketing?

Para pebisnis sekarang bisa memanfaatkan Google Ads untuk mempromosikan brand atau produk tertentu. Manfaat Google Ads untuk bisnis sangat banyak terlebih bisnis yang sedang Anda bangun di dunia maya seperti jual beli produk kecantikan, bisnis terjemahan bahasa, bisnis tutorial, dan masih banyak lagi.

Bahkan bisnis-bisnis pengiriman barang di dunia nyata juga bisa meningkat permintaannya dengan memanfaatkan penawaran di dunia maya. Lalu, mengapa kita perlu memanfaatkan Google Ads?

Jangkauan yang luas. Platform Google Ads memungkinkan Anda membeli slot iklan pada search engine Google. Kita semua tahu jika Google tidak pernah sepi pengunjung. Orang-orang mengunjungi Google setiap harinya. Dalam satu hari ada lebih dari 3,5 miliar pengunjung.

Jangkauan iklan Anda menjadi semakin luas. Selain itu, yang menggunakan Google Ads juga bisa membeli slot iklan pada properti Google lainnya seperti Youtube dan Gmail serta jaringan lain yang berhubungan langsung dengan Google.

Baca Juga: Cara agar Biaya Iklan Tak Sia-sia, Pakai Google Ads Marketing Plan

Mendatangkan traffic pengunjung dengan cepat. Google Ads biasanya akan tampil dengan sejumlah image atau gambar yang membuat iklan lebih menarik. Traffic pengunjung ke website akan melejit jumlahnya secara cepat.

Anda mungkin menggunakan SEO (search engine optimization) untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website Anda. Namun, cara SEO ini cukup lambat. Dengan menggunakan Google Ads, hasil dari SEO Anda juga ikut melesat cepat.

Keluarkan dana hanya saat ada yang klik iklan. Kunjungan ke website seringkali menjadi tujuan utama dari memasang iklan. Website yang ramai pengunjung memiliki potensi untuk naiknya permintaan.

Transaksi pun berjalan lancar. Dari sini para pengunjung mulai sadar dengan bisnis dan mulai melibatkan diri di dalamnya. Kunjungan ke website Anda terjadi karena ada iklan yang mereka klik. Setiap mereka klik, maka saat itu pula Anda baru membayar iklannya. Pembayaran Google Ads menggunakan metode PPC atau pay per click. Ini adalah saat dimana Anda membayar untuk setiap kunjungan bukan setiap penayangan.

Menjangkau target yang tepat. Dengan menggunakan Google Ads Anda bisa menjangkau target yang tepat untuk produk Anda berdasarkan target keywords dan demografi (minat online, usia, jenis kelamin, dan perilaku pengguna). Semakin mengerucut target, maka produk Anda akan sampai di tangan yang tepat. Pelanggan potensial nantinya yang akan mengiklankan produk atau brand Anda di lingkungannya.

Baca Juga: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena

Promosi berulang untuk pelanggan potensial. Karena target semakin mengerucut, maka pelanggan yang mengunjungi website Anda adalah pelanggan potensial. Mereka belum tentu akan membeli produk. Namun, Google Ads memiliki fitur pemasaran ulang yang membuat pengunjung potensial tadi bisa kembali ke website Anda untuk melakukan pembelian.

Manfaat Google Ada untuk bisnis Anda yang paling penting adalah pengontrolan anggaran. Anggaran untuk iklan biasanya selalu terbatas karena pemilik usaha sudah keluarkan dana besar-besaran dalam proses produksi dan distribusi. Keuntungan menggunakan Google Ads adalah iklan ini tak memiliki batas biaya minimum. Usaha kecil sekalipun bisa menggunakan dananya yang minimalis untuk beriklan di sini. Anda bisa beriklan apapun dalam batas budget Anda.

Poin-poin Penting dalam Menggunakan Manfaat Google Ads untuk Bisnis

Banyak pelaku bisnis saat ini menggunakan Google Ads untuk mempromosikan brand dan produknya. Apapun jenis usahanya dan bagaimanapun targetnya. Jika saat ini Anda baru mulai melakukan promosi dengan Google Ads, maka Anda hanya akan masuk dalam circle persaingan bersama mereka yang memiliki bisnis serupa untuk gol yang sama.

Untuk itu, Anda sekarang tidak cukup hanya tahu tentang Google Ads, namun Anda harus bisa menggunakannya secara lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pelanggan Setia? Berikut Ini Cara Menentukan Target Audiens!

Poin-poin penting menggunakan Google Ads untuk bisnis digital yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

  • Tujuan harus ditentukan terlebih dulu sebelum penentuan keywords. Setiap iklan yang Anda lihat di dunia maya ounya tujuannya masing-masing. Misalnya, Anda ingin meningkatkan penjualan di bulan-bulan berikutnya, maka harus menemukan copy writing yang tepat. Gunakan copy writing yang mengandung soft selling agar para pengunjung website tak merasa masuk dalam ‘jebakan’.
  • Selalu riset kata kunci yang tepat. Anda mungkin sudah enggan melakukan riset manual untuk kata kunci ini. Yang bisa dilakukan adalah mencari keywords yang tepat dengan menggunakan tools riset kata kunci yang tersedia. Anda bahkan bisa melihat keywords yang kompetitor gunakan.
  • Gunakan teks untuk iklan yang menarik minat pembeli dan Google. Lakukan riset keywords dengan menyisipkannya pada headline, meta description, dan lain-lain. Selain itu, juga perlu melihat teknik SEO copywriting dalam penulisan teks iklan agar ramah untuk Google. Sebaiknya tidak menuliskan informasi mengenai seian banyak fitur produk. Pilihlah untuk menuliskan manfaat fitur tersebut dalam penggunaan produk tersebut.
  • Perhatikan landing page. Clickbait bertebaran dimana-mana dan ini sangat mengganggu para pengguna internet sampai mereka tak betah berada dalam sebuah website. Pastikan judul dan meta description iklan Anda sesuai dengan landing page yang tepat. Saat pengunjung klik iklan, maka mereka hanya akan melihat landing page yang sesuai dengan iklan yang mereka lihat sebelumnya.
  • Gunakan desain iklan yang pas untuk desktop dan mobile phone. Kalimat yang terlalu panjang akan mengalami pemangkasan saat pengunjung mengakses iklan tersebut melalui ponsel mereka.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dalam Promosi Bisnis Digital?

Anda perlu mengambil manfaat Google Ads untuk bisnis dewasa ini agar tujuan bisnis Anda menemukan golnya di tengah persaingan ketat. Tak perlu ragu untuk mencoba jika ini momen pertama Anda karena semua yang ada di Google Ads cukup bisa membantu mengundang banyak pengunjung ke website, memilih pelanggan potensial, hingga meningkatkan penjualan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down