Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Cara Membuat Konten Reels Instagram

Fitur Lengkap dan Cara Membuat Konten Reels Instagram untuk Bisnis

August 4, 2022
No comments
Share

Reels Instagram merupakan fitur untuk membuat video pendek di Instagram. Cara membuat konten Reels Instagram cukup mudah. Namun membuatnya menjadi viral atau banyak penonton perlu kreativitas. Bagi bisnis, adanya Reels bisa menjadi media untuk menyebarkan konten marketing. Bisnis dapat memanfaatkan Reels untuk memasarkan brand usahanya.

6 Fitur Penting yang Terdapat dalam Reels Instagram

Sebelum membuat Reels ada baiknya untuk memahami apa saja fitur yang terdapat di dalamnya. Pilihan fitur ini bisa membantu agar video Reels tersebut bisa terlihat menarik. Bagi konten marketing, video yang menarik bisa menjangkau lebih banyak target audiens. Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam Reels Instagram.

  • Audio: pengguna bisa menambahkan lagu dari library musik Instagram. Selain itu bisa juga menggunakan audio asli saat merekam video. Jika menggunakan audio asli, nantinya video yang tersebut memiliki audio yang diatributkan sebagai milik pengguna. Pengguna lain bisa membuat Reels dengan audio dari Reels yang dipublish oleh akun publik.
  • AR Effect: membuat video Reels bisa dengan menambahkan efek yang tersedia di galeri. Efek tersebut berasal dari Instagram dan kreator yang telah disetujui. Pengguna bisa merekam beberapa klip dengan efek yang berbeda-beda.
  • Timer dan countdown: cara membuat konten Reels Instagram bisa dengan menyetel timer. Ini bisa berguna untuk perekaman video yang direkam sendiri atau hands-free. Saat menekan tombol rekam, maka akan terlihat countdown 3-2-1 sebelum perekaman dimulai. Waktunya sesuai dengan pilihan waktu yang dipilih.
  • Align: fitur ini bisa membantu agar transisi antar video bisa halus. Ini berguna untuk membuat video dari beberapa klip, misalnya video perubahan outfit atau menambahkan objek dalam video.
  • Speed: membuat video dalam Instagram bisa dengan mengatur kecepatannya. Fitur kecepatan ini bisa membantu untuk mencocokkan dengan audio atau membuat video slow motion.
  • Sharing Reels: video Reels yang telah dibuat dapat dibagikan pada follower dan bisa ditemukan pengguna lain lewat Explore. Jika memiliki akun publik maka bisa membagikan reel untuk Explore. Ini cocok untuk kebutuhan bisnis agar video tersebut bisa menjangkau lebih banyak orang. Video juga bisa untuk posting di Feed sehingga mudah ditemukan followers. Akun privat hanya bisa membagikan Reels pada Feed sehingga hanya terlihat oleh followers.

Konten Reels Instagram bisa menggunakan video yang telah ada di galeri atau merekam langsung. Saat membuat di aplikasi Instagram bisa juga menyimpannya di draft, menambah cover gambar, caption, tagar, dan tag teman. Setelah membagikan video maka ini akan muncul di tab Reels pada profil. Reels yang dibagikan ke Feed juga akan muncul di halaman utama profil.

Cara Membuat Konten Reels Instagram untuk Bisnis

Konten marketing menjadi bagian penting dari pemasaran digital. Reels untuk akun media sosial perusahaan bisa menggunakan konten marketing yang kreatif. Kreativitas dan memahami algoritma Instagram penting agar video pendek tersebut bisa menjangkau target audiens. Membuat konten Reels untuk marketing tidak jauh berbeda dengan konten Reels biasa. Hanya perlu menetapkan goal dan menambahkan sisi marketing di dalamnya.

Nah berikut cara membuat konten Reels Instagram.

Membuat Konsep Storyboard

Bisnis yang ingin membagikan konten marketingnya perlu membuat konsep lebih dulu. Ini penting agar video tersebut memiliki isi dan tujuan yang jelas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti topik yang sesuai, kohesif dengan postingan feed, dan apakah cocok dengan target audiens.

Setelah menentukan topiknya, kemudian buat storyboard. Daftar bahan-bahan untuk konten video tersebut seperti teks dan visual apa yang ingin ditampilkan. Tulis atau gambar storyboard mengenai video yang akan dibuat. Storyboard yang seperti papan bercerita ini bisa memudahkan dalam proses pembuatan video.

Merekam Reels Instagram

Cara merekam Reels di Instagram bisa dengan beberapa cara. Reels dapat ditemukan di Reels tab, ada juga di halaman muka Instagram, serta di kamera Stories. Misalnya membuat dari halaman depan, klik pada ikon Reels. Kemudian akan muncul Reels milik orang lain.

Di bagian pojok kanan atas ada ikon kamera. Klik ikon kamera tersebut. Reels dapat direkam secara langsung untuk beberapa series klip, satu rekaman, atau upload dari galeri.

Jika ingin mengunggah dari penyimpanan bisa memilih ikon + (plus) di bagian bawah sebelah kiri. Jika ingin merekam langsung bisa menekan ikon bundar yang ada di tengah layar.

Menambahkan Audio

Selain menggunakan video asli dari hasil rekaman, bisa juga menambahkan audio berupa musik. Klik pada ikon musik, lalu cari lagu yang sudah tersedia di library musik Instagram. Video Reels bisa menggunakan bagian tertentu saja dari lagu yang telah dipilih. Ini bisa disesuaikan dengan durasi dari video tersebut.

Menambahkan Efek dan Teks

Membuat Reels di Instagram bisa dengan menambahkan efek dan teks. Ada banyak efek menarik dan ada juga pilihan efek yang sedang tren. Jika video memiliki efek, maka bisa dijelajah dengan menampilkan video lain yang juga menggunakan efek tersebut.

Selain itu, bisa meneruskan dengan cuplikan, di sini ada beberapa tools untuk mengedit. Tools tersebut bisa untuk menambah teks, menggambar, stiker, AR efek, filter, audio, dan lain-lain.

Membagikan Konten Reels

Setelah selesai dengan proses pengeditan video selanjutnya bisa dibagikan atau Share. Ada beberapa pilihan membagikan video Reels, seperti membagi ke Feed, tag People, sampai Recommend on Facebook. Instagram saat ini berafiliasi dengan Facebook sehingga bisa menampilkan Reels di sana.

Di bagian ini, perlu juga menuliskan keterangan atau caption. Tulis keterangan yang menarik dan tambahkan tagar yang sesuai. Video pendek tersebut bisa langsung dibagikan atau disimpan sebagai draft.

Cara membuat konten Reels Instagram untuk bisnis perlu memperhitungkan masalah target audiens. Konten Reels untuk bisnis perlu membuat audiens merasa tertarik. Selain itu penting juga untuk menyediakan nilai tertentu sehingga bisa bermanfaat bagi audiens. Video marketing juga bisa dengan mengikuti tren yang populer di kalangan target audiens. Sekalipun mengikuti tren namun perlu memperhatikan kreativitas dan kualitas konten tersebut.

Pebisnis bisa menggunakan Instagram sebagai channel untuk konten marketingnya. Selain Reels, Instagram juga memiliki fitur lain seperti Feed dan Stories yang juga bisa untuk marketing produk. Akun media sosial untuk bisnis sebaiknya memiliki ciri khas tersendiri atau branding. Ini juga berlaku saat membuat video Reels sehingga bisnis mudah dikenali.

Setelah membagikan konten marketing seperti video Reels, perusahaan perlu untuk melakukan analisa. Ini diperlukan untuk mengetahui apakah konten tersebut berdampak positif bagi bisnis. Analisa pencapaian dari konten tersebut apakah sudah sesuai dengan yang telah ditargetkan.

Pembuatan konten Reels di Instagram sendiri bisa dilakukan oleh tim marketing perusahaan. Perlu tim marketing yang memahami masalah digital marketing. Selain tim internal, perusahaan bisa bekerja sama dengan profesional untuk konten marketingnya. Profesional digital marketing sudah memahami cara membuat konten Reels Instagram yang berkualitas dan mampu menjangkau banyak orang.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down