Cara Menemukan Barang untuk Jualan Online yang Laris, Inilah Rahasianya
produk terlaris 2020

Cara Menemukan Barang untuk Jualan Online yang Laris, Inilah Rahasianya

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Berencana untuk berjualan online atau sudah terjun ke dalamnya, tetapi masih belum merasa berhasil? Mengetahui produk terlaris 2020 dapat menjadi solusi untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang banyak.

Namun, bagaimana cara menemukan barang untuk dijual secara online yang sekiranya laku dan laris di pasaran? Karena belum tentu barang yang laris dijual oleh orang lain, akan laku pula jika Anda yang menjualnya.

Berikut adalah tips mengenai cara menemukan barang yang laris untuk jualan online Anda. Mari disimak sampai habis!

1. Tentukan Produk yang Hendak Dijual

Bagi pemula, mungkin langkah pertama ini gampang-gampang susah untuk dilakukan. Anda akan mengalami kebimbangan dalam menentukan produk apa yang harus dijual dan laris di pasaran, apalagi dipasarkan secara daring.

Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan apa yang akan Anda jual. Beberapa kriterianya bisa disimak di bawah ini.

  1. Pilih barang dengan ukuran atau dimensi yang tidak terlalu besar. Usahakan berat barang kurang dari 3 kg. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman. Lagi pula, tak sedikit pembeli yang biasanya keberatan membayar ongkos kirim  yang terlalu mahal karena disebabkan oleh berat atau dimensi yang besar.
  2. Tentukanlah target pasar Anda. Setelahnya, spesifikasikan barang tersebut apakah cocok dengan target yang disasar atau tidak.

Misalnya jika ingin menjual produk fashion, tentukan produk tersebut sesuai untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Hal ini bertujuan untuk mengerucutkan target pasar.

Menjual produk yang kurang spesifik biasanya dapat mengurangi minat calon konsumen karena mereka akan mengalami kebingungan saat mencari barang yang diinginkan.

  1. Jangan menjual barang palsu atau KW. Sebenarnya sekarang ini sudah banyak penjual online yang sukses dengan berjualan barang tiruan. Akan tetapi jika Anda menginginkan bisnis online jangka panjang, ada baiknya untuk mempertimbangkannya lagi karena menjualnya bisa berisiko untuk kelangsungan bisnis Anda di masa depan.
  2. Usahakan menjual barang yang tidak dapat ditemukan dengan mudah, tetapi dibutuhkan banyak orang. Misalnya tidak dapat ditemukan di swalayan atau minimarket.

Biasanya yang tergolong ke dalam kriteria ini adalah barang-barang yang unik. Menawarkannya di toko online Anda bisa menarik minat pembeli dan menjadi ciri khas tersendiri.

2. Cari Peluang dengan Kata Kunci atau Keywords

Dalam berjualan online, tentunya Anda ingin barang yang dijual menempati posisi nomor satu atau posisi teratas dalam pencarian. Untuk mewujudkannya, Anda dapat mengoptimasi Google atau search engine lainnya.

Mencari kata kunci yang relevan dan sering dicari serta memiliki nilai saing yang rendah bisa menjadi jalan.

Untuk mengetahuinya, Anda memerlukan riset yang membutuhkan pemahaman yang kuat mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Jika sudah menemukan kata kunci produk sesuai kriteria yang diinginkan dari proses riset, Anda dapat mempertimbangkan menjual produk tersebut. Dengan nilai pencarian yang tinggi, peluang orang membutuhkan produk tersebut juga tinggi.

Lebih baik lagi jika kata kunci tersebut memiliki indeks persaingan yang rendah. Artinya, Anda menjual produk yang banyak dicari orang, tetapi tidak banyak dijual oleh penjual online lain.

3. Survei Produk yang Dapat Menjawab Kebutuhan Konsumen

Jika tak paham mengenai SEO, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa melakukan survei untuk mencari produk potensial yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Anda dapat mempelajari pola beli dari orang-orang di sekitar. Kira-kira barang apa saja yang mereka butuhkan dan memilih untuk membelinya secara daring.

Jika ingin menyasar target pembeli anak perempuan usia sekolah atau kuliah misalnya, produk kecantikan yang memiliki kisaran harga terjangkau bisa menjadi pilihan. Menjual barang tersebut kiranya cukup relevan untuk mereka karena harganya dapat disesuaikan dengan uang sakunya.

Merujuk ke poin sebelumnya, Anda bisa menjual produk kecantikan yang susah ditemukan di swalayan atau minimarket. Selain itu, Anda bisa mencari supplier yang menjualnya dengan harga lebih miring. Jadi, kalaupun produk tersebut rupanya dijual juga di swalayan dan minimarket, orang-orang lebih tertarik untuk membeli di toko online Anda karena harganya jauh lebih murah untuk produk yang sama.

Itulah tadi tiga kiat untuk menemukan barang yang laris dijual secara online. Jika menemukan kebingungan atau tidak tahu harus melangkah dari mana, Anda dapat menggunakan jasa SAB Digital Agency. Mereka bersedia membantu menentukan produk terlaris 2020 untuk dijual di toko online Anda. Nah, sudah siap mendulang banyak keuntungan mulai dari sekarang?

Leave a Comment

Ready to start your project with us?