Pengertian Google Ads dan Kegunaannya
Pengertian-Google-Ads-dan-Kegunaannya

Pengertian Google Ads dan Kegunaannya

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Google Adwords atau yang sering disingkat sebagai Google Ads merupakan salah satu platform yang dibuat oleh Google untuk perihal periklanan bagi semua bisnis di dunia internet. Dengan platform ini Anda bisa mengatur penempatan iklan pada mesin pencari Google sesuai yang diinginkan. Google Adwords memang sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan bisnis serta penjualan.

Google sendiri sudah memberikan fitur-fitur yang kompleks, yang mana melalui fitur-fitur yang ada, Anda bisa mengatur maupun merencanakan suatu strategi pemasaran bisnis online tersebut menjadi tidak terbatas. Dengan menggunakan Google Ads, iklan untuk bisnis Anda secara otomatis bisa muncul di halaman pertama pada pencarian Google. Dan inilah beberapa manfaat lainnya.

Beberapa Manfaat Google Ads untuk Anda

Inilah beberapa manfaat yang bisa di dapat jika menggunakan Google Ads:

1. Kemudahan Menargetkan Iklan

Hal ini dilakukan dengan menargetkan iklan Anda ke satu bidang, atau menargetkan ke para pengunjung yang memang hanya tertarik untuk mencari bisnis. Dengan kata lain mesin pencari akan menampilkannya jika saja kata kunci sesuai dengan kata kunci yang ada dalam bisnis Anda. Namun Google Ads menawarkan beberapa cara untuk menargetkan iklan pada setiap kliennya. Berikut adalah beberapa caranya:

a. Penargetan Berdasarkan Kata Kunci

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kata kunci merupakan salah satu cara untuk mengiklankan produk atau layanan Anda yang paling diminati. Sebab iklan hanya muncul jika terjadi kecocokan pencari dan pemasang keyword atau kata kunci di dua belah pihak.

b. Penargetan Berdasarkan Lokasi Iklan

Iklan hanya bisa ditampilkan sesuai zona lokasi yang sudah ditentukan.

c. Penargetan Berdasarkan Usia, Lokasi, dan Bahasa

Dengan ini Anda bisa menentukan mengenai usia, lokasi serta Bahasa yang cocok untuk para calon pelanggan Anda.

d. Penargetan Berdasarkan Hari dan Waktu

Penargetan ke empat bisa Anda seting berdasarkan hari dan waktu. Dengan kata lain iklan Anda dapat muncul di hari-hari dan waktu tertentu, sesuai yang Anda inginkan.

e. Penargetan Berdasarkan Perangkat

Iklan bisnis Anda bisa diatur untuk bisa muncul di semua jenis perangkat, dan sebaliknya bisa juga Anda seting untuk muncul di perangkat mana sesuai yang Anda tujukkan.

2. Memberikan Kendali Biaya

Google Ads juga memberikan suatu kendali kepada klien-kliennya mengenai suatu cara membelanjakan uang Anda. Disini Anda bisa menentukan berapa besar Anda bisa mengeluarkan biaya bisa per bulan, atau bahkan per hari, dan per iklan yang ditampilkan. Dengan konsekuensi bahwasanya Anda akan membayar ke pihak Google jika saja ada pengunjung yang mengklik iklan Anda.

3. Kemudahan Mengukur Kesuksesan Bisnis

Dengan platform Google Ads Anda bisa memantau bisnis. Entah dari siapa saja yang mengunjungi situs bisnis, atau bahkan setiap pengunjung yang mengklik iklan Anda dan melakukan sesuatu yang cukup menguntungkan untuk bisnis yang Anda jalani.

4. Kemudahan Mengelola Kampanye Bisnis Anda

Dengan Google Ads Anda juga bisa mendapatkan alat yang bisa Anda gunakan untuk memantau serta mengelola akun dengan sangat mudah. Bagaimana tidak? Bagi yang memiliki beberapa akun Google Adwords, Anda bisa melihat dan mengelolanya semua akun dengan mudah bahkan hanya di satu lokasi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Google Adwords. Namun masih ada beberapa keuntungan lainnya seperti berikut.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat:

1. Trafik lebih Cepat Naik

Google Ads memang menggunakan system PPC atau bisa diartikan sebagai “Pay per Click”. Untuk harga setiap klik per hari memang sudah kesepakatan di awal sebelum menyetujui platform iklan tersebut. Namun dengan menggunakan system iklan Google Adwords trafik bisnis Anda bisa sangat cepat naik. Sebab setiap keyword yang cocok akan ditampilkan di halaman paling depan yang mana laman depan merupakan salah satu laman yang paling dicari oleh para pengunjung.

2. Mendapatkan Pengunjung Sesuai Target

Dengan Google Ads, akan menampilkan iklan Anda sesuai dengan kata kunci sebidang dengan bisnis Anda. Maka pengunjung yang masuk ke dalam situs bisnis Anda hanyalah para pengunjung yang benar-benar mencari kebutuhan atau solusi yang sesuai dengan bisnis Anda tersebut. Lebih detailnya iklan tidak akan dimunculkan jika saja kata kunci tidak sesuai dengan kata kunci situs bisnis Anda.

3. Reputasi Website Meningkat

Sudah jelas jika memasang iklan lewat Google Ads akan menguntungkan bagi siapa saja kliennya. Mengenai optimasi SEO, melalui kata kunci memang sangatlah ampuh untuk meningkatkan kualitas situs. Namun apa jadinya jika ditambah dengan platform Google Adwords. Hal ini tidak akan mempengaruhi optimasi SEO Anda, malah dengan memasang Google Adwords optimasi SEO nantinya akan di Index oleh Google secara langsung. Yang mana bisa lebih menguntungkan untuk situs bisnis yang Anda jalani saat ini.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi dan keuntungan menggunakan Google Ads. Platform ini memang sangat menguntungkan bagi para pebisnis khususnya Anda yang masih membutuhkan banyak sekali pengenalan di dunia internet. Tentu dengan memilih Google Adwords merupakan salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan trafik sesuai target yang diinginkan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?