Membuat Artikel yang Dibaca oleh Banyak Orang, Simak Cara Riset Keyword Disini
Membuat Artikel Yang Dibaca Oleh Banyak Orang, simak cara riset keyword disini.

Membuat Artikel yang Dibaca oleh Banyak Orang, Simak Cara Riset Keyword Disini

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Hal pertama yang harus diketahui bagi orang yang ingin membuat blog adalah bagaimana cara riset keyword atau cara riset kata kunci. Jangan heran apabila Anda salah dalam menentukan cara riset keyword maka otomatis akan membuat blog menjadi sepi pengunjung.

Dengan memilih cara riset keyword yang tepat, blog yang Anda miliki tidak akan sepi pengunjung, karena keyword sendiri sangat berpengaruh terhadap performa website atau blog yang Anda miliki pada hasil pencarian. Oleh karenanya para pemilik website atau blog diwajibkan mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari oleh pengunjung pada mesin pencari supaya dapat menemukan keyword yang tepat dengan mengetahui bagaimana cara riset keyword itu sendiri.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara riset keyword, alangkah lebih baik Kita paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keyword. Untuk itu, simak pengertiannya di bawah ini!

Apa Itu Pengertian Keyword

Keyword merupakan kata kunci berupa kata-kata atau frasa yang sering digunakan oleh orang-orang pada mesin pencarian di Google. Seperti contohnya, Anda ingin liburan ke Padang, kemudian Anda melakukan pencarian pada Google dimana tempat wisata yang menarik yang tedapat di Padang.

Lalu Anda mengetikan tempat wisata menarik di Padang pada laman pencarian Google. Nah, frasa tempat wisata menarik di Padang inilah yang disebut sebagai keyword atau kata kunci. Pencarian keyword yang dilakukan akan direkam pada search engine Google.

Hal yang Harus Diperhatikan pada Cara Riset Keyword

Dalam melakukan riset keyword, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan cara riset keyword. Diantaranya:

1. Volume Pencarian

Volume pencarian atau biasa disebut sebagai search volume merupakan banyaknya jumlah kata kunci yang dicari dalam Google pada kurun waktu tertentu. Pada keyword tool dalam cara riset keyword biasanya akan menampilkan jumlah total pencarian di Google dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

2. Saran Kata Kunci

Ketika melakukan cara riset keyword pada keyword tool akan memberikan saran kata kunci berkaitan dengan kata kunci yang Kita butuhkan. Contohnya, Anda ingin mencari kata kunci resep rendang, maka keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti cara membuat resep rendang, resep rendang mudah, cara membuat resep rendang gratis.

Pada saran kata kunci ini, jenis long tail keyword akan lebih banyak ditemukan karena dengan menggunakan long tail keyword akan lebih banyak menarik pengunjung untuk singgah ke blog yang Kita miliki.

3. Tingkat Kesulitan Keyword

Semakin besar skala tingkat kesulitan dari keyword yang Kita miliki akan semakin besar kesempatan untuk meraih posisi pertama pada hasil pencarian.

4. SERP atau Search Engine Result Page

SERP ditujukan untuk menunjukkan halaman-halaman website yang menempati peringkat paling atas didalam hasil pencarian pada riset keyword. Hal tesebut berfungsi agar Kita dapat melihat dan mempelajari kualitas halaman-halaman website tersebut dalam menerapkan cara riset keyword.

Lantas, bagaimana cara riset keyword yang tepat? Anda bisa menerapkannya dengan beberapa langkah di bawah ini!

Cara Riset Keyword yang Tepat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meriset keyword pada artikel yang ingin Kita upload pada blog. Namun demikian, Sebenarnya banyak perusahaan penyedia layanan untuk riset keyword yang bisa Kita dapatkan secara gratis maupun berbayar. Berikut beberapa cara riset keyword dengan menggunakan bantuan keyword tool secara gratis, diantaranya:

1. Google Trends

Google trends merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk melakukan cara riset keyword pada blog yang Kita miliki. Kabar baiknya, layanan untuk cara riset keyword ini bisa diperoleh secara gratis bagi para pemilik website atau blog.Pada layanan ini Anda bisa mengatur wilayah yang ingin ditargetkan.

Ketika memasukan kata kunci seperti membuat rendang, layanan ini akan menampilkan pergerakan grafik keyword yang tadi Kita cari mulai dari satu jam hingga lima tahun terakhir sekalipun. Jadi karena hal itu Anda dapat menelusuri jejak popularitas suatu keyword dari waktu ke waktu apa naik ataukah turun.

2. Ubersuggest

Ubersuggest adalah suatu layanan keyword tool yang dimiliki oleh Neil Patel yaitu seorang digital marketer ternama. Layanan ini merupakan layanan gratis yang bisa anda gunakan tanpa perlu merogoh kocek sepersen pun.
Melakukan cara riset keyword pada Ubersugest tergolong mudah. Hal ini karena dengan hanya mengetik keyword apa yang sedang dibutuhkan serta wilayah yang ingin menjadi target layanan ini akan memberikan Anda informasi tentang seberapa besar volume pada pencarian keyword Anda.

Tidak hanya itu layanan ini juga akan menampilkan tingkat kesulitan pada keyword serta saran yang berkaitan dengan keyword agar bisa digunakan.

3. Google Related Search

Cara riset keyword selanjutnya yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Google yaitu Google Related Search. Cara riset keyword ini merupakan layanan yang paling mudah diakses karena tanpa disadari bagi orang awam pun sering menggunakan layanan ini.

Kenapa demikian? Layanan ini terdapat pada halaman Google itu sendiri, setiap kali Kita melakukan pencarian pada search engine Google pasti Kita sering ditampilkan beberapa saran kata kunci berupa long tail keyword yang diberikan oleh Google yang berkaitan dengan kata kunci yang Kita cari tersebut.

4. KWFinder

Keyword tool terakhir yang dapat dilakukan sebagai cara riset keyword adalah KWFinder. Layanan ini sama saja dengan Ubersuggest yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat kesulitan keyword, volume pencarian, dan SERP sebuah keyword.
Hanya saja layanan ini tidak sepenuhnya gratis karena apabila ingin melanjutkan pemakaian Anda diharuskan untuk mendaftar sebagai anggota dan membeli paket premiumnya.

Beberapa layanan cara riset keyword diatas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, karena ada yang bisa didapatkan secara gratis dan juga diharuskan mendaftar akun sebagai anggota.

Di sisi lain masih banyak situs cara riset keyword yang bisa didapatkan seperti Soovle, Answer the Public, Keyword Shitter, dan banyak lainnya. Demikian penjelasan mengenai cara riset keyword yang bisa digunakan. Temukan keyword yang tepat agar dapat menentukan kelangsungan website atau blog yang Anda miliki untuk kedepannya.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?