Canva

Mari Belajar Membuat Konten untuk Sosial Media Menggunakan Canva

Canva terus melakukan perubahan. Selalu berusaha update dengan situasi yang diperlukan di masa sekarang. Cara mengunduh aplikasi ini sangat mudah. Apabila dari Android bisa dengan buka aplikasi playstore ketik Canva dan silakan di download.

Bila masih ragu-ragu terkait aplikasi ini, bisa baca ulasan para pemakai aplikasi ini. Ada ulasan positif dan ada pula ulasan negatif. Dua hal tersebut bisa menjadi pertimbangan. Yang perlu diperhatikan, bila sudah yakin ingin mengunduh aplikasi ini, pastikan RAM di dalam handphone masih mencukupi. Proses mengunduh aplikasi Canva mudah dan cepat.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan pilihan desain cover buku. Melainkan ada desain undangan, kolase foto, menyediakan desain macam-macam kartu, desain resume, desain pengumuman, desain logo, kartu nama, label, selebaran, poster, cerita Instagram, status Whatsapp, Grafis Pinterest, penanda buku dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Banyaknya pilihan yang tersedia membuat aplikasi Canva banyak peminat dan langsung booming. Di aplikasi ini ada beberapa opsi yang berbayar adapula yang gratis. Canva termasuk pendatang baru.

Dia hadir di tahun 2017 pembuatnya adalah negara Australia. Di bulan Agustus tahun 2019 ini aplikasi Canva semakin banyak pilihan, template gratis yang disediakan semakin bervariasi.

Untuk pilihan desain cerita Instagram banyak tempalte gratis yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Sedangkan pada pilihan desain yang lain terdapat beberapa template baru yang muncul di sana.

Sebenarnya, apa itu aplikasi Canva?

Canva adalah aplikasi yang berkecimpung pada desain grafis yang tujuannya memudahkan bagi para pengguna untuk membuat konten media sosial yang kreatif secara online. Aplikasi ini bisa dinikmati bagi pengguna Android, iPhone, dan juga tersedia di web. Jadi, Canva sangat mudah diakses di segala media.

Banyak aplikasi desain yang menu pilihannya komplit tapi hanya bisa di download di laptop atau PC. Namun, di Canva memberikan kemudahan. Jadi, aplikasi ini adalah terobosan baru, di mana handpnone bisa digunakan untuk mendesain.

Pada tanggal 1 Januari 2012 menjadi sejarah lahirnya Canva. Melanie Perkins mendirikan aplikasi Canva dan juga Fusion Books. Keduanya didirikan di Australia. Di tahun pertama aplikasi ini langsung melejit dengan jumlah pengguna sebanyak 750.000. Lima tahun berjalan, tepatnya di tahun 2017 Canva meraup keuntungan yang lumayan besar, hingga dibuatlah data pembukuan laba.

Canva bisa diunduh secara gratis dari Play Store, dan ukurannya cukup ringan yaitu 24 MB. Maka, android dengan kapasitas RAM 1 GB bisa menampung aplikasi tersebut. Setelah diunduh, nantinya Anda akan menampilkan poster-poster terkait fitur-fitur aplikasi tersebut.
Selanjutnya, ada opsi untuk membuat akun. Setelah berhasil, lanjut ke login aplikasi. Nah, saatnya mulai berkreasi menentukan pilihan ingin membuat desain sesuai dengan kebutuhan. Di aplikasi Canva desain yang sudah ada masih bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Untuk berkreasi di aplikasi tersebut banyak tool yang mendukung.

Cara buat konten sosial media menggunakan Canva

Pada laman utama ada dua menu yang di letakkan di bagian bawah, yaitu Create a design dan Your Design. Create a design untuk memilih template yang tersedia. Sedangkan Your Design adalah menu untuk melihat desain yang telah dibuat sebelumnya.

Cara membuat konten

  1. Tentukan template, klik pada menu di layar, apakah akan membuat poster, sertifikat, Instagram story, dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya. Setelah menentukan apa yang akan dibuat, sesuaikan dan kreasikan dengan template yang tersedia. Awal pertama memakai aplikasi ini bisa coba-coba dulu sampai benar-benar memahami tool yang tersedia dalam aplikasi tersebut.
  2. Pilih font yang akan digunakan. Font bisa dirubah sesuai dengan kemauan. Ada ratusan pilihan font yang tersedia. Terkadang yang sudah tampil pada template tersebut, sudah cukup membuat cocok dan pada akhirnya tidak perlu memilih font yang lain. Namun, kembali ke penikmat bila ingin ingin berkreasi, silakan dicoba dengan memilih pilihan font yang tersedia. Bila ingin mencoba sesuatu yang berbeda, jangan ragu untuk mencoba memilih font-font yang lain. Karena memang pilihan fontnya sangat banyak. Berarti benar-benar memfasilitasi bagi pengguna untuk bebas berkreasi.
  3. Sesuaikan warna pada teks. Pilihan warna banyak. Jadi bisa berkreasi semaksimal mungkin. Di sinilah yang menuntut kreativitas bagi para pengguna untuk berimajinasi secara nyata.
  4. Format teks. Jadi, teks yang sudah diwarnai dan disesuaikan fontnya bisa dikreasikan lagi. Bisa dibuat bold, italic, atau dibuat capital. Ada juga pilihan perataan, rata kiri, rata kanan dan rata tengah. Selain itu, juga tersedia pilihan untuk mengatur jarak antar karakter dan baris (spacing).
  5. Atur background. Aplikasi ini mengijinkan bagi para penggunanya untuk mengganti latar belakang. Latar belakang atau background bisa diganti dengan foto dari galeri, gambar bawaan atau memilih warna solid sebagai background. Tersedia pula filter sebagai pemanis pada gambar.

Diatas adalah cara membuat konten menggunakan media Canva. Selamat mencoba.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email