Cara Asik Membuat Konten untuk Sosial Media Menggunakan Canva
Canva

Cara Asik Membuat Konten untuk Sosial Media Menggunakan Canva

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Dari mata turun ke hati. Seperti itulah kekuatan konten visual dalam menarik minat orang yang melihatnya. Desain konten visual yang menawan pada sosial media, website, blog akan meningkatkan personal atau product branding.

Di dunia ini, pengguna aktif media sosial hampir tiga juta orang. Mereka aktif di lini masa Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Google+, dan Pinterest. Anda dapat menarik perhatian dengan membuat grafis media sosial yang mengesankan. Efeknya adalah peningkatan pemasukan rupiah pada bisnis Anda.

Anda merasa tidak jago mendesain? Tak perlu khawatir lagi. Kini telah hadir aplikasi yang memudahkan semua orang dengan hasil desain yang keren, yaitu Canva. Aplikasi ini tengah naik daun karena fitur-fiturnya simpel untuk diikuti oleh pemula sekalipun.

Apa saja yang bisa dibuat dengan Canva? Anda bisa membuat logo, poster, infografis, newsletter, featured image blog, invoice, thumbnail Youtube, desain kemasan, dan konten media sosial. Mari kita pelajari tentang Canva dan bagaimana cara membuat desain konten visual untuk sosial media.

Membuat konten untuk sosial media menggunakan Canva

Apa Itu Canva?

Canva adalah platform desain grafis yang memberi ruang kreatifitas bagi pengguna untuk membuat desain poster, presentasi, dan konten visual lainnya. Aplikasi ini menyediakan beragam foto, template, font tulisan, dan berbagai ilustrasi lainnya untuk melengkapi desain Anda.

Pertama kali berdiri pada tahun 2012 di Australia oleh Melanie Perkins, Cliff Obrescht, dan Cameron Adams, Canva dapat digunakan melalui perangkat komputer melalui website atau aplikasi smartphone iPhone, iPad, atau Android.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini dari Play Store dan siapkan ruang kosong yang cukup. Terdapat dua pilihan gratis dan berbayar. Fitur yang terdapat pada versi gratis juga tetap menarik dan bisa dipadu-padankan menjadi hasil akhir yang ciamik.

Banyak konten visual untuk sosial media yang dapat Anda coba dengan Canva.

  • Kiriman Media Sosial: Anda dapat membuat kiriman untuk Facebook, Instagram, dan yang lainnya berupa quotes motivasi yang menginspirasi. Banyak foto mengagumkan yang bisa menjadi latar kiriman Anda.
  • Sampul Facebook, Youtube, Google+, Banner Twitter, dan Grafis Pinterest: Tampilan sampul media sosial bisnis Anda menjadi eye catching dengan Canva. Berbagai fitur dapat dikombinasikan menjadi awal yang baik saat konsumen melihatnya.

Penasaran apa saja fiturnya? Fitur yang tersedia antara lain adalah stok foto untuk background lebih dari satu juta, storage sebanyak 1 GB, text customization, ikon dan ilustrasi, serta video tutorial.

Bagaimana Cara Membuat Konten untuk Sosial Media Menggunakan Canva?

Membuat konten di Canva sangatlah mudah, bahkan dapat selesai hanya dalam 5 menit saja. Inilah urutannya:

1.Membuat Akun Canva

Untuk dapat mengoperasikan Canva, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah membuka situsnya, pilih menu “Sign Up”dan isi menggunakan alamat email. Anda dapat menyimak video demo dari Canva untuk dipelajari. Saat pengaturan profil, Anda bisa mengisi sesuai dengan keinginan, apakah privat atau publik, apakah ingin selalu membagikan hasil desain atau tidak.

2.Membuat Layout Awal

Setelah memiliki akun, Anda bisa memilih template sesuai kategori yang akan dibuat. Ukuran dimensi juga bisa diatur. Tekan tombol ”Create a Design” di sebelah kiri atas dan muncul berbagai pilihan kategori.

3.Memilih dan Mengedit Background

Selanjutnya memilih salah satu dari dua opsi menggunakan foto atau background. Tersedia beragam foto indah dengan posisi vertikal atau horizontal atau latar yang berupa gradien warna dan gambar yang lebih sederhana. Anda dapat mengedit foto atau latar dengan menekan menu ”Adjust” agar pas sesuai selera. Bermain lebih lama di sini dengan mencoba berbagai tampilan.

4.Menulis Teks

Jika sudah selesai dengan pengaturan background, Anda tinggal menambahkan tulisan. Berbagai ukuran, font, dan warna tulisan bisa dipindahkan dengan metode drag and drop.

5.Mengunduh dan Mengupload

Inilah tahap akhir pembuatan konten visual media sosial dengan Canva. Hasil kerja yang telah dibuat akan tersimpan otomatis. Pilih “Upload” jika Anda ingin membagikannya ke media lain. Dan pilih “Download” untuk menyimpan dalam berbagai pilihan file (PNG, JPG, PDF).

Sungguh sangat mudah, bukan? Membuat konten untuk sosial media menggunakan Canva akan meningkatkan daya jual sosial media Anda.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?