Kelebihan dan Kekurangan Customer Loyalty Program

Kelebihan dan Kekurangan Customer Loyalty Program

Pada zaman modern seperti sekarang, dunia perdagangan atau bisnis terus mengalami perkembangan. Bahkan, pada beberapa tahun belakangan ada sejumlah perkembangan pesat yang terjadi. Hal ini pun akan mendukung para pebisnis untuk mengembangkan usahanya.
Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam perkembangan dibidang bisnis ini misalnya saja seperti loyalty program. Hal yang satu ini akan sangat membantu, terlebih bagi Anda untuk membuat bisnis yang dijalani bisa semakin berkembang.

Customer Loyalty Program untuk Usaha Atau Bisnis

Di dalam dunia bisnis, ada banyak sekali hal penting yang ada baiknya untuk kita lakukan. Beberapa hal penting ini akan sangat menentukan bagaimana suatu usaha nantinya akan bisa bertahan. Salah satu diantaranya adalah fokus pertumbuhan suatu usaha. Hal yang satu ini bisa kita lihat dari sisi internalnya, yaitu dengan inovasi yang mengandalkan berbagai product testing.

Di samping dari segi intern, di depan konsumen, suatu usaha sangat perlu untuk menjaga keberlangsungannya. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya customer loyalty program. Adanya customer loyalty program bisa memberikan akses kepada pelanggan untuk mendapat voucher khusus, produk baru, atau bahkan produk gratis.

Adanya beberapa bentuk program seperti ini bertujuan untuk memberi reward kepada pelanggan setia. Dimulai dengan melakukan identifikasi kegiatan pembelian, karena pada umumnya pengguna akan mendaftarkan diri kepada suatu usaha, lalu diberi tanda pengenal unik seperti ID, lalu memakainya saat membeli produk tertentu.

Kehadiran sistem yang merupakan penerapan customer loyalty program seperti ini sudah banyak dilakukan. Selain itu, kita pun bisa menemukannya dengan cukup mudah. Dengan demikian, para pelanggan pun bisa mendapat keuntungan. Kita pun yang membuka usaha tertentu bisa mendapat pelanggan dalam jumlah banyak, begitu juga dengan produk yang cepat laku.

Pada umumnya, bentuk perwujudan customer loyalty program adalah dengan adanya loyalty card. Benda ini merupakan suatu alat promosi dalam bentuk kartu keanggotaan dan banyak digunakan para pelaku usaha demi menarik minat konsumen. Dengan begitu, mereka pun bisa datang kembali ke lokasi usaha tersebut.

Bentuk penawaran timbal balik yang diberikan kepada pelanggan biasanya seperti hadiah, potongan harga, atau kupon khusus. Hal seperti ini pun cukup banyak kita temui, sehingga sudah populer di kalangan masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Customer Loyalty Program

Seperti yang kita tahu, customer loyalty program adalah salah satu hal yang bisa kita manfaatkan di dalam dunia bisnis. Bagian seperti ini nantinya akan memberi timbal balik untuk kedua belah pihak, baik para pengusaha maupun pembeli. Timbal balik itu sendiri bisa dalam bentuk kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya seperti berikut:

  1. Kelebihan customer loyalty program

    Ada sejumlah kelebihan yang bisa dirasakan oleh pihak pengusaha dengan menerapkan customer loyalty program. Beberapa kelebihan tersebut antara lain seperti berikut ini:

    1. Memperkuat loyalitas dengan pelanggan

    2. Dengan adanya customer loyalty program yang diterapkan, maka hal seperti ini akan memberi berbagai macam kemudahan kepada pihak pelanggan. Hal seperti ini akan membuat pelanggan merasa bahwa Anda bisa bersikap loyal kepada mereka, asal penerapannya tepat sasaran dan mudah dilakukan oleh para pelanggan.

    3. Lebih mudah menginformasikan berbagai hal

    4. Anda bisa mendapat kemudahan untuk memberi informasi tentang adanya promo yang akan atau sedang dilaksanakan. Hal seperti ini bisa meningkatkan penjualan sekaligus membuat konsumen lebih mudah mendapat produk terbaru. Launching produk terbaru ini pun akan sangat membantu Anda dalam bidang promosi.

    5. Omzet dan jumlah pembeli meningkat

    6. Penerapan customer loyalty program yang tepat bisa membuat jumlah konsumen meningkat. Dengan demikian, omzet Anda pun bisa mengalami peningkatan, sehingga keuntungan yang Anda dapat pun semakin banyak. Hal ini tergantung pada seperti apa penerapan sistem dan pelayanan untuk para konsumen.

  2. Kekurangan customer loyalty program

    Ternyata, di baik berbagai macam kelebihan customer loyalty program yang kita terapkan, ada juga sejumlah kerugian yang bisa didapat. Ini dia beberapa diantaranya.

    1. Konsumen berpaling pada competitor

    2. Bila customer loyalty program yang Anda tawarkan tak menguntungkan pihak konsumen, maka hal ini tak menutup kemungkinan bagi mereka untuk berpaling pada kompetitor Anda. Dengan demikian, Anda harus memahami dan menerapkan trik yang tepat untuk mencegah hal tersebut.

    3. Membutuhkan biaya

    4. Adanya customer loyalty program secara tak langsung akan membutuhkan biaya tambahan. Hal ini sifatnya memang tak selalu permanen, namun bisa jadi diterapkan saat membuat member card atau sebagainya.

Berbagai macam hal tentang customer loyalty program sudah Anda tahu. Dengan begitu Anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan terlebih dulu sebelum menerapkan secara optimal untuk kepentingan bisnis. Jika Anda bisa melakukan hal ini dengan tepat, konsisten, dan inovatif, maka tak menutup kemungkinan hasilnya bisa sesuai keinginan.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email