Cara Efektif Membuat Artikel Menarik dan Bermanfaat
artikel menarik dan bermanfaat

Cara Efektif Membuat Artikel Menarik dan Bermanfaat

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Artikel menarik dan bermanfaat tentu disukai pembaca, juga mendatangkan keuntungan bagi media yang memublikasikannya. Lalu bagaimana sih membuat sebuah artikel yang sanggup memikat calon pembaca sejak melirik judulnya? Simak lebih lanjut yuk!

Menentukan Kata Kunci

Ketika akan memulai menulis artikel, tentu kita punya beberapa hal yang terlintas di benak mengenai apa yang ingin kita tuangkan dalam tulisan. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah artikel menarik dan bermanfaat adalah merumuskan topik-topik yang berseliweran di benak tadi menjadi sejumlah kata kunci.

Setelah mendapatkan kata-kata kunci unggulan, coba masukkan ke mesin pencarian Google. Lihat kata kunci mana yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Ini bisa menjadi acuan untuk menentukan kata kunci yang akan dipakai, dan bagaimana penerapannya di judul artikel nanti.

Kenapa kata kunci itu penting? Kata kunci merupakan inti dari apa yang akan dibahas pada artikel. Kata kunci menjaga tulisan kita tetap fokus, membuat pembaca mudah untuk menangkap gagasan utama dari tulisan tersebut. Lebih jauh, jika artikel dipublikasikan melalui media digital, kata kunci yang tepat akan membantu artikel terjaring di mesin pencarian.

Lakukan Riset 

Riset merupakan kegiatan penunjang yang tidak bisa diabaikan jika ingin menghasilkan artikel menarik dan bermanfaat. Seperti yang telah disampaikan di atas, saat menentukan kata kunci kita perlu melakukan riset. Untuk mencari tahu mengenai pokok bahasan yang tengah hangat diperbincangkan atau sesuatu yang banyak diminati, kita juga perlu riset.

Google merilis dalam “Year in Search Google 2019”, berdasarkan hasil penelusuran trending topic di Indonesia, pencarian mengenai dompet digital melonjak hingga tiga kali lipat. Topik terkait toko online dan perawatan wajah juga tidak kalah banyak dicari di mesin pencarian Google sepanjang 2019.

Jika ada informasi yang sedang dibutuhkan masyarakat namun belum banyak yang mengulasnya, ini menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk mengangkatnya sebagai topik artikel. Ketika penulis lain hanya membahas sekilas, dengan riset kita bisa membuat ulasan yang lengkap dan mendalam dari angle berbeda dan menjadi trendsetter.

Artikel berisi informasi yang berguna bagi masyarakat luas, apalagi dikemas dengan apik dan mudah dicerna, berpotensi besar untuk dicari dan disukai banyak pembaca. Lewat para pembaca ini, boleh jadi artikel tadi kemudian dibagikan ke calon pembaca lain, yang tentu saja sangat menguntungkan bagi media digital karena mendorong traffic.

Buat Kerangka Tulisan

Langkah selanjutnya untuk membuat artikel menarik dan bermanfaat ialah membuat kerangka tulisan. Semacam route map, runutan dari poin-poin yang ingin kita kembangkan. Semakin terperinci semakin baik sehingga adanya topik bahasan yang tumpang tindih dapat dihindari. Kerangka tulisan menjaga apa yang kita tulis tetap fokus, saling berkaitan antara satu paragraf ke paragraf lain.

Kerangka tulisan juga memudahkan kita untuk mengetahui data-data pendukung apa saja yang dibutuhkan, dan dapat menyisipkannya secara proporsional dalam tulisan.

Pilih Judul yang Menggelitik Rasa Ingin Tahu

Judul pada artikel, layaknya sampul buku, menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pembaca. Sebisa mungkin berikan judul yang mengandung kata kunci sekaligus menggelitik rasa ingin tahu pembaca, memunculkan urgensi untuk segera tahu keseluruhan isi artikel tersebut.

Setelah memasang judul yang menarik, bertanggung jawablah dengan isinya. Jangan sampai judul dan isi tidak sinkron.

Tulis dan Edit Kembali

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya tentu masuk ke proses penulisan artikel. Setelah artikel rampung, tidak perlu tergesa-gesa memublikasikannya. Cek kembali dengan teliti, jalinan katanya, kesesuaian diksi, kesinambungan antar paragraf, kaidah bahasa, tanda baca. Posisikan diri sebagai pembaca yang membaca karya kita. Apakah sudah cukup enak dibaca, cukup mudah dimengerti atau terasa jelimet.

Itu tadi cara efektif membuat artikel menarik dan bermanfaat. Kendati tampak mudah untuk dipraktikkan, bagi sebagian orang menulis bukanlah perkara mudah. Jika merasa kesulitan untuk membuat artikel yang baik, SAB Digital Agency menyediakan jasa penulisan artikel yang terjamin kualitasnya.

Bagi Anda pemilik website, keberadaan artikel selain menunjukkan eksistensi website juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan traffic. Selain itu, tampilan website Anda juga harus terlihat menarik. SAB Digital Agency siap membantu Anda dalam membuat tampilan yang menarik untuk website Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

 

 

 

Leave a Comment

Ready to start your project with us?