Apakah Perbedaan WordPress Premium Template Dengan Yang Gratis?

WordPress premium template merupakan salah satu template yang ada pada blog dengan platform WordPress atau juga blogspot. Jika Anda ingin membuat blog, maka tentu saja Anda memerlukan template ini. Pastinya Anda juga ingin mendapatkan tampilan blog yang menarik, bagus, dan juga enak untuk dilihat bukan? Bukan hanya mempunyai tampilan yang bagus saja, melainkan segala fungsionalitasnya terpenuhi dan saat loading di blog Anda juga harus cepat.

Sebuah blog yang mempunyai kecepatan diatas 3 detik ketika loading, maka akan cepat ditinggal juga oleh pengguna. Tampilan template yang responsif juga harus dimiliki. Hal ini dikarenakan sekarang juga sudah masuk zaman mobilegeddon yang berawal dari adanya ponsel Android. Pengunjung blog sekarang ini juga mereka yang menggunakan ponsel, sehingga tampilan menarik dan enak untuk dilihat juga sangat penting.

 

WordPress Premium Template

 Ada banyak jenis template yang bisa Anda dapatkan untuk membuat tampilan blog Anda terlihat menarik, baik yang gratis maupun yang premium. Anda bisa mencari pada mesin pencarian WordPress premium template dan juga template gratis yang dibuat oleh desainer web terkenal diseluruh dunia. Template gratis juga tidak kalah menarik dibandingkan yang premium.

Namun di Indonesia sendiri penggunaan template gratis lebih banyak dicari daripada template premium. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang Indonesia lebih memilih kuantitas jika dibandingkan dengan kualitas. Selain itu juga mereka lebih memilih untuk membayar dengan harga murah namun dengan kualitas yang bagus. Menentukan memilih template premium atau gratis ini juga terserah kepada pengguna itu sendiri.

 

Perbedaan WordPress Premium Template dan Gratis

Untuk memberikan tampilan menarik pada blog Anda, Anda bisa menggunakan template yang bisa Anda dapatkan baik secara gratis atau yang premium (berbayar). Pemilihan template untuk blog Anda tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Tentu saja jika Anda ingin mendapatkan yang murah maka Anda bisa menggunakan template gratis untuk blog Anda.

Namun jika Anda ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih bagus lagi, maka Anda bisa memilih WordPress premium template yang tentu saja berbeda dengan yang gratis. Menggunakan template yang premium tentu saja lebih memberikan Anda banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat perbedaan WordPress premium template dengan template yang gatis berikut:

  • Clean Script atau Clean Code

Perbedaan satu ini memang merupakan perbedaan yang tidak terlihat antara template WordPress gratis dan dengan template yang premium. Tentu saja untuk para web developer akan mengetahui maksud dari clean template script atau clean code ini. Untuk template WordPress yang gratis pada umumnya akan dimasukkan kode-kode rahasia yang tidak Anda ketahui.

Kode-kode tersebut beberapa ada yang tidak berbahaya, namun beberapa diantaranya juga ada yang berbahaya. Template gratis ini juga membuat peringkat situs Anda semakin menurun. Sebelum Anda memilih menggunakan template WordPress yang gratis, akan lebih baik jika Anda melihat web desainer nya terlebih dahulu. Jangan hanya terpaku pada tampilan template yang menarik saja.

  • Template Update

Perbedaan WordPress premium template dengan template gratis yang paling terlihat ialah ketika update template. CMS WordPress sering melakukan update sehingga plugin dan juga template juga akan melakukan update. Berbeda dengan template gratis yang jarang melakukan update dan bahkan tidak melakukan update. Jika Anda menggunakan template premium maka tentu saja Anda akan mendapat pemberitahuan mengenai update paling baru.

  • Dukungan Pengguna

Disini dukungan yang dimakudkan ialah ketika mengalami error atau bug ketika template di install pada blog Anda atau pada saat penggunaan dan development. Sedangkan jika menggunakan template gratis biasanya tidak mempunyai dukungan untuk pengguna. Sehingga saat terjadi eror atau bug, maka Anda juga harus perbaiki sendiri. Berbeda dengan WordPress premium template yang akan membantu memperbaiki ketika terjadi error atau bug jika Anda melaporkan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Template Premium

Menggunakan template premium juga ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihan template premium ini salah satunya ialah Anda bisa menghapus credit link dari nama web desaigner template yang Anda gunakan, dan bisa Anda ganti sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Selain itu juga Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika ada update template yang terbaru.

Namun template yang premium juga mempunyai kekurangan, misalnya saja Anda harus mengeluarkan dana yang extra untuk mendapatkannya. Bahkan jika Anda ingin membeli template dari luar negeri, maka Anda harus membayar menggunakan PayPal misalnya. Tetapi Anda juga bisa menggunakan template yang premium dari Indonesia. Ada banyak template premium yang bagus yang bisa Anda dapatkan dan juga Anda tidak perlu menggunakan PayPal untuk pembayarannya.

Tiap layanan template yang premium tentu saja akan memberikan support dan juga design yang bagus untuk pengguna. Pasalnya tak sedikit orang yang punya design template yang juga tidak kalah menariknya. Untuk Anda pengguna blog maka akan lebih baik jika menggunakan template yang premium. Terutama jika Anda tidak ingin repot berhadapan dengan error atau bug, maka pilihan WordPress premium template sangat tepat untuk Anda.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email